5 Tips dari Bapak Supardi Lee

Photobucket5 tips dari Bapak Supardi Lee dalam menyambut tahun baru, ditranskrip dari acara Mutiara Pagi: The Power of Life tanggal 10 Januari 2008/1 Muharram 1429 H. Tips ini berdasarkan prinsip-prinsip berlalu lintas.

  1. PATUHI RAMBU:dalam berlalu lintas,saat berada di jalan, kita harus mematuhi rambu-rambu yang ada. seperti di mana walaupun kita berniat melakukan sesuatu yang baik, apabila kita melanggar rambu yang ada, tidak akan baik hasilnya. Rambu-rambu yang ada dalam hidup sebenarnya bertujuan untuk mempermudah kehidupan kita, bukan untuk menghambat atau mempersulit kehidupan kita. Bayangkan bila di jalan tidak ada rambu lalu lintas, kesemrawutan adalah hasilnya dan tidak akan ada orang yang bisa selamat di jalan tersebut. Demikian pula dengan seluruh area dalam kehidupan kita yang lain. Dengan adanya peraturan tersebut, hidup manusia akan teratur. Saat kita melanggar rambu, seperti korupsi, kita telah membuat kerusakan yang besar. Jika kita patuh pada rambu-rambu yang berupa Syariat dan Sunnatullah, kita akan jadi orang yang disiplin. Contoh Rambu Syariat: Sholat wajib lima waktu yang telah ditentukan waktunya, sholat sunnah, puasa wajib dan sunnah dsb. Kita juga harus membuat rambu-rambu pribadi untuk diri kita sendiri dengan merujuk pada rambu-rambu yang utama sebagai komitmen bagi kita. Misalnya, saya ingin bangun pagi jam 4, menghentikan kebiasaan buruk, dan sebagainya agar hidup kita jadi lebih baik dan terus meningkat kualitasnya
  2. TINGKATKAN KECEPATAN:Kita bila berkendaraan punya batas kecepatan maksimal, namun banyak yang memilih untuk berkendaraan dengan lambat agar aman. Namun, sekarang kita harus memacu kendaraan kita dengan cepata tetapi tetap aman dan nyaman. Banyak orangyang memilih untuk hidup biasa-biasa saja dan membiarkan kelemahan orang lain dan keadaan lingkungan untuk menghambat kecepatan kita. Dalam hidup kita harus bisa cepat menjalani kehidupan tanpa mencelakakan diri sendiri dan orang lain dalam segala area kehidupan kita seperti pendidikan, karier, dan sebagainya.Meningkatkan kecepatan kita menjalani kehidupan memang mengandung resiko yang besar, namun apa bila kita berlambat-lambat justru memiliki resiko yang lebih besar, yaitu pudarnya kepercayaan orang lain dan tersaingi oleh para pesaing kita.Menurut Prof. Edison, ahli Bioenergi, Brazil sudah siap dengan bio-energi sehingga mereka tidak terpengaruh oleh kenaikan harga minyak dunia. Kita ternyata telah kalah oleh Brazil, Vietnam, Thailand dan lain-lain.
  3. SILAHKAN MENAMBAH (KUALITAS ATAU KUANTITAS) KENDARAAN ANDA:Kendaraan lama tentu saja performanya telah menurun, sehingga tidak dapat dipacu secara maksimal. Kita harus meng-upgrade atau mengganti kendaraan dengan yang lebih baik. Artinya, kita harus meraih kualitas hidup yang lebih baik. apabila kita bisa mendapat pekerjaan baru atau pekerjaan tambahan yang bisa membuat kita lebih nyaman dan kualitas kehidupan kita meningkat, lakukanlah.seekor Monyet ingin makan kacang, sehigga dia masukkan tangannya ke kendi dan tidak bisa keluar. Banyak orang seperti ini, tidak mau melepaskan kacang-kacang tersebut padahal dimakan juga tidak bisa, tidak mau atau tidak berani bertindak untuk mengadakan perubahan. Hidup adalah pilihan, maka pilihlah yang terbaik.
  4. UBAHLAH LAMPU MERAH JADI LAMPU HIJAU:Apabila kita berada di lampu merah (masalah), kita harus aktif. Apabila tidak, maka akan ada inefisiensi, sebentar-sebentar berhenti, padahal waktu berjalan terus.Banyak orang membiarkan lampu merah (orang lain, keadaan lingkungan, diri sendiri) menghambat perjalanan hidupnya.Kita akan dikalahkan dengan orang yang memiliki kecepatan lebih rendah namun terus berjalan. buatlah hidup jadi mudah dan berprasangkabaiklah kepada kehidupan dan Yang Maha Memiliki Kehidupan. Pilihlah menjadi orang yang luar biasa, dipermudah oleh 4JJI sWT dalam kehidupan ini. ada 10 persen orang di dunia yang menguasai 80 uang di dunia ini, jadilah salah satu dari mereka.Keyakinan tersebut harus ditopang dengan kompetensi dan karakter yang memadai agar kita tidak hanya jadi pengkhayal saja. Kita harus mengambil resiko dengan bertindak untuk mewujudkan impian kita. jangan Hanya berpuas diri karena kita akan terhenti padahal kita berhak mendapat yang lebih baik. Dengan cara-cara yang lebih baik, Insya 4JJI lampu merah berubah jadi lampu hijau.
  5. BILA TERJEBAK MACET, BERDOALAH SUPAYA JADI ORANG YANG KUAT: Apabila kita terjebak macet (mendapat masalah) kita justru harus minta dikuatkan agar kita jadi orang yang sabar, selalu bersyukur, ikhlas dan sebagainya. Banyak orang berdoa agar tidak dapat masalah, padahal masalah adalah bagian dari kehidupan. Makin kuat seseorang, makin berat masalahnya, masalah seorang Presiden tentu lebih berat dari ketua RT, misalnya. Kita justru harus belajar dari masalah agar kita bisa menjadi orang yang lebih baik.

Semoga bermanfaat, acara The Power of Life adalah hasil kerjasama Radio Trijaya 104,6 FM dengan Institut Kemandirian, suatu lembaga jejaring Dompet Dhuafa Republika yang mengajarkan ketrampilan Wirausaha dan Teknis secara gratis. Alamat Institut Kemandirian:Kompleks PT Panasonic/Yayasan Matsushita Gobel, Gedung Techno School Lt. 3, Jl. Raya Bogor, Km 29, Jakarta Timur. Telp: 021-88710408, 91261823

Iklan

Posted on Januari 22, 2008, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. kopiradix said: BILA TERJEBAK MACET, BERDOALAH SUPAYA JADI ORANG YANG KUAT: Apabila kita terjebak macet (mendapat masalah) kita justru harus minta dikuatkan agar kita jadi orang yang sabar, selalu bersyukur, ikhlas dan sebagainya. Banyak orang berdoa agar tidak dapat masalah, padahal masalah adalah bagian dari kehidupan. Makin kuat seseorang, makin berat masalahnya

    SETUJU Mas! Masalah adalah bagian paling ampuh dalam proses bersyukur! Kalau tidak ada masalah, kita nga kan bisa blajar untuk bersyukur! Semakin berat masalah, semakin besar pula taraf syukur yang harus kita ucap.(*maaf bukannya sok bijak, tapi emang kenyataan dr pngalaman). Tfs ya Mas articel-nya! Bermanfaat bgt!!!!!!!

  2. Sama-sama, semoga kita semua bisa mengamalkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klinik Quantum Touch Indonesia

Terapi Pengobatan Alternatif Quantum Touch

Pelita Dzatiyah

IQRA, Membuka Cakrawala Membangun Peradaban

Zen Flash

The journey of a 1000 miles begins with a single step

Love Books A Lot Indonesia

Read A Lot, Share A Lot.

Iyut Syfa

Your Coffeemate | A Little Wanderer

Yanuardi Syukur

Dimanapun Kamu Ditanam, Berkembanglah!

Bimosaurus

I'm My Own Enemy..

Firsty Chrysant

The Blue Chrysant Park ~ 파란 크리산 공원

Rek ayo Rek

Evia Koos

duaBadai

The alter ego of Disgiovery.com

E.L.O.K.46

Cogito Ergo Sum

faziazen

a Journal of MomPreneur

SR For SalmanRafan

cintai takdirmu~

Rumah Mbakje

mengeja kata membaca makna

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

misbakhuddinmuhammad

Just another WordPress.com site

lijiun

Smile Always

Inilah Dunia Mita

menikmati detik demi detik hidup nie, karena terlalu indah jika hidup nie terlewatkan begitu saja

Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Sarah's World

Come, sit down here, and please enjoy my treats.

F I T T O Reflexology

100% Pijat Keluarga Sehat TERPERCAYA

Terapi Yumeiho Original Jepang

Dahsyatnya Terapi Yumeiho Untuk Mengatasi Sakit Tulang Pinggul

INSPIRASI DANU

sebuah ruang untuk saling berbagi inspirasi dan motivasi

Nataya Rizani

Memberi itu Menambah Rezeki

santipanon

Flowers are yellow, some are orange, and others are vermillion, serenepeacefulcalm

Blog Tausiyah275

Mari Berlomba-lomba Bermanfaat Bagi Orang Lain :-)

Sofistika Carevy

Another Carevy Karya

Berbagi itu Indah

Kesehatan dan pendidikan untuk kaum dhuafa dan yatim piatu

Keluarga Kecil Zawawi

Luthfi - Cindy - Aisyah

~Cruising through my Life~

journey since 1989...

hujantanpapetir

"Menulis adalah proses mengonversi perjalanan menjadi pengalaman."

Blog Prita

Campuran kenangan, buah pikir, dan hari-hari

mybeautterfly

My metamorphosis in heading back to Allah...

The hary.j.mansur Blog

My Life Documentation

Me and My Life

a dreamer, writer wanna be, and general practitioner

DUST

LEARN IN THE DESERT

Febriyan Lukito

sharing, caring and enriching life

Pray for Nasywa

Blog dukungan untuk kesembuhan Nasywa

Arip Yeuh!

Harimau berburu, burung terbang, dan protagonis kita ini terus menggerutu

Membaca Rindu

sebab menulis adalah kata kerja

waiting room

: dari senyap ruang tunggu, tempat aku menemukan-Mu

ANOTHER DAY

THE FICTION STORY

SAVING MY MEMORIES

another home of my mind

fluoresensi

Keinginan itu pasti terwujud, entah 1 tahun, 2 tahun hingga puluhan tahun kemudian. Bersabarlah #cumanmasalahwaktu

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Majelis Ta'lim Basaudan

Tempat belajar Ilmu Agama Islam & Bahasa Arab

dewidyazhary

a silly-couple yarn

%d blogger menyukai ini: