Reprogramming Your Subconsious

Reprogramming your subconsious

Narasumber: Ibu Nikmah Nursyam

Kita memiliki pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Pikiran bawah sadar seperti superkomputer, berperan lebih dari 85% terhadap kesuksesan kita. Melalui pikiran bawah sadar tersebut, kita bisa dapat kemudahan untuk memperoleh apa yang kita inginkan, termasuk kesuksesan. Saat ini kita mungkin masih minim dalam memanfaatkan bawah sadar atau terlanjur memiliki setting sangat negatif. Orang tua, teman, lingkungan dan sebagainya mungkin terlanjur dan tanpa sadar memberi input-input yang kurang mendukung pemerograman bawah sadar kita. Bila seperti itu, kita perlu memprogram ulang pikiran bawah sadar kita agar jadi bisa kita manfaatkan untuk membantu kita sukses. Hal ini memang perlu perjuangan lebih keras dan lebih berat, namun hal tersebut bisa dilakukan.

Contohnya adalah apabila ada orang sedang belajar mengemudikan mobil atau motor. Mula-mula dia menggunakan pikiran sadar. Orang seperti ini biasanya khawatir, lihat spion melulu, tegang dan sebagainya. Namun, apabila pikiran bawah sadarnya sudah terprogram dengan baik, maka dia akan bisa mengemudikan kendaraan dengan baik. Demikian pula kegiatan kita sehari – hari, sebagian besar dilakukan oleh pikiran bawah sadar kita. Apabila pikiran bawah sadar kita dahulu kita program atau terprogram dari luar (orang tua, teman, pimpinan dll) dengan program-program yang tidak mendukung kesuksesan, keinginan kita, dan kebahagiaan kita. Saat ini akan mendukung kita mencapai apapun yang kita inginkan di masa depan.

Ada beberapa point yang pelru kita perhatikan:

  1. Program yang dimasukkan program-program positif yang kita inginkan. Hindarilah memasukkan program-program negatif ke dalam pikiran bawah sadar kita. pikiran bawah sadar kita sulit menerima kalimat-kalimat yang mengandung kata-kata engatif seperti tidak, jangan dan sebagainya. Terkadang orang tua melarang anak-anaknya dengan menggunakan kata-kata negatif seperti “jangan nangis, jangan nakal” dan sebagainya namun yang diterima oleh pikiran bawah sadar sang anak adalah nakal, nangis dan hal-hal yang justru ingin dilarang itu tadi. Jika kita ingin memprogram atau memprogram ulang pikiran bawah sadar kita, pergunakanlah kata-kata positif. Termasuk sat kita berinteraksi dengan orang lain. Mulai sekarang, biasakan untuk berkata-kata yang positif. Awalilah dengan pujian yang wajar dan sikap yang baik.
  2. Lakukan pemerograman simbolik, visualisasi atau imajinasi. Seringkali tidak yakin, tidak pede tidak berharga. program dengan imajinasi. Kita membuat apa yang kita inginkan ke depan sudah jadi kenyataan dalam pikiran kita. Saya adalah orang yang sangat perecaya diri utk sampaikan sesuatu dengan sangat baikbuat seperti film2 tentang diri kita
  3. Lakukan pemerograman ulang tersebut dalam kondisi relaks, santai dan dalam keadaan gelombang alpha gelombang. Gelombang alpha adalah gelombang otak dimana pikiran sadar dan pikiran bawah sadar bertemu. Saat itulah kita paling mudah melakukan pemerograman ulang pikiran bawah sadar kita. Dalam keadaan tengang atau sibuk, sulit bagi kita untuk melakukan hal tersebut. Waktu yang tepat antara lain adalah pada pagi hari setelah bangun tidur atau pada saat kita akan tidur. Caranya: Pertama, biasakan diri untuk menguasai nafas perut. Saat kita menghirup udara, perut menggembung dan saat kita enghembuskan udara, perut mengempis. Dengan cara demikian, kita bisa lebih banyak hirup udara sehingga kita bisa lebih relaks. Lakukan nafas perut tersebut sampai kita santai sesantainya, bisa sandaran di kursi atau tiduran di tempat yang nyaman. Apabila kita ingin memprogram ulang pikiran bawah sadar maka harus masuk pintu bawah sadar dengan belajar nafas perut dan nafas panjang. Nafas panjang seperti ini juga bisa diterapkan sebelum bertemu orang atau berada dalam situasi yang membuat kita grogi, tidak nyaman dan sebagainya.
  4. Melakukan berulang-ulang agar jadi kebiasaan. Bila suatu hal telah menjadi kebiasan bagi kita, kita akan otomatis melakukannya. Pemerograman ulang pikiran bawah sadar berarti memulai melakukan kebiasaan baru. Sesungguhnya yang harus kita lakukan adalah memprogram pikiran bawah sadar sebaik-baiknya lalu jangan pikirkan karena Insya Alloh dia pasti akan bekerja sendiri. Misalnya, kita mau kaya kaya raya dan memiliki penghasilan 500 juta per bulan. Kita lakukan pemerograman dengan kondisi sangat relaks secara berulang-ulang, maka pikiran bawah sadar memiliki cara-cara sendiri bagaimana caranya dia yang akan memberitahukan bertemu orang ini itu dan sebagainya seperti mustahil namun itulah adanya.

Ada seorang anak kecil yang pincang. Teman-temannya banyak yang mengejek sehingga orang tua dan guru-guru kesal pada teman2 si pincang ini, tetapi anak itu biasa-biasa saja. Dia tetap santai, relaks seakan-akan tidak terjadi apa-apa. Pada saaat dia ditanya, jawabnya saya tidak membiarkan kata-kata negatif masuk ke dalam hati saya, saya tidak izinkan semua itu masuk bawah sadar saya.

Pemerograman ulang pikiran bawah sadar hasilnya memang tidak bisa dipaksakan. Lakukan saja yang terbaik, sehingga dalam diri kita muncul hal-hal yang positif dan kebiasaan-kebiasaan baik yang pada akhirnya berimbas perubahan-perubahan yang luar biasa dalam diri kita. Bukankah dalam Hadist Qudsi Alloh SWT memberitahukan kita bahwa Dia akan berbuat sebagaimana prasangka hamba-hambaNya?

Perubahan yang indah dimulai dari yang kecil-kecil. Bagaimanapun keadaan diri, keluarga, lingkungan atau negara kita, apabila kita tetap melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik, maka kita sesungguhnya adalah pahlawan. Kita adalah Pahlawan yang luar biasa saat kita sadar bahwa anda harus berubah dan memprogram ulang apa yang ada dalam pikiran bawah sadar kita. KIta tidak menuntut orang lain berubah, kitalah pionir perubahan tersebut.

Semoga bermanfaat, acara The Power of Life adalah hasil kerjasama Radio Trijaya 104,6 FM dengan Institut Kemandirian, suatu lembaga jejaring Dompet Dhuafa Republika yang mengajarkan ketrampilan Wirausaha dan Teknis secara gratis. Alamat Institut Kemandirian:Kompleks PT Panasonic/Yayasan Matsushita Gobel, Gedung Techno School Lt. 3, Jl. Raya Bogor, Km 29, Jakarta Timur. Telp: 021-88710408, 91261823

Iklan

Posted on Februari 22, 2008, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 9 Komentar.

  1. Jazakallah Mas..atas sharingnyahmm…kudu belajar programing diri neh…terus kudu update terus patch keimanannyabiar gak mudah kena trojan nafsu yang gak bisa dibasmi pake antivirus “semangat doang !”.harus banyak2 download neh dari AlQuran biar hatinya selalu Online dengan Allah !hehehhehehe……….

  2. achfan said: Jazakallah Mas..atas sharingnyahmm…kudu belajar programing diri neh…terus kudu update terus patch keimanannyabiar gak mudah kena trojan nafsu yang gak bisa dibasmi pake antivirus “semangat doang !”.harus banyak2 download neh dari AlQuran biar hatinya selalu Online dengan Allah !hehehhehehe……….

    Alhamdulilah bermanfaat, setuju mas

  3. Thxs sharingnya, bang…Nice info neh..

  4. visie said: Thxs sharingnya, bang…Nice info neh..

    Sama-sama mbak, itu dari kuliah subuh, jadi bukan asli dari saya, he he he

  5. Terima kasih artikel yang bagus banget… saya jadi ikutan menghirup yeeee hehhehehehehheSemoga sehat yang bermanfaat dan quality life meningkat… salam

  6. dalyerni said: Terima kasih artikel yang bagus banget… saya jadi ikutan menghirup yeeee hehhehehehehheSemoga sehat yang bermanfaat dan quality life meningkat… salam

    Sama-sama mbak, kalau bisa sekalian kunjungi blog narasumbernya ya:http://nieksukses.blogspot.com/

  7. TFS Mas… penting banget nih… :))

  8. Terima kasih, semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klinik Quantum Touch Indonesia

Terapi Pengobatan Alternatif Quantum Touch

Pelita Dzatiyah

IQRA, Membuka Cakrawala Membangun Peradaban

Zen Flash

The journey of a 1000 miles begins with a single step

Love Books A Lot Indonesia

Read A Lot, Share A Lot.

Iyut Syfa

Your Coffeemate | A Little Wanderer

Yanuardi Syukur

Dimanapun Kamu Ditanam, Berkembanglah!

Bimosaurus

I'm My Own Enemy..

Firsty Chrysant

The Blue Chrysant Park ~ 파란 크리산 공원

Rek ayo Rek

Evia Koos

duaBadai

The alter ego of Disgiovery.com

E.L.O.K.46

Cogito Ergo Sum

faziazen

a Journal of MomPreneur

SR For SalmanRafan

cintai takdirmu~

Rumah Mbakje

mengeja kata membaca makna

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

misbakhuddinmuhammad

Just another WordPress.com site

lijiun

Smile Always

Inilah Dunia Mita

menikmati detik demi detik hidup nie, karena terlalu indah jika hidup nie terlewatkan begitu saja

Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Sarah's World

Come, sit down here, and please enjoy my treats.

F I T T O Reflexology

100% Pijat Keluarga Sehat TERPERCAYA

Terapi Yumeiho Original Jepang

Dahsyatnya Terapi Yumeiho Untuk Mengatasi Sakit Tulang Pinggul

INSPIRASI DANU

sebuah ruang untuk saling berbagi inspirasi dan motivasi

Nataya Rizani

Memberi itu Menambah Rezeki

santipanon

Flowers are yellow, some are orange, and others are vermillion, serenepeacefulcalm

Blog Tausiyah275

Mari Berlomba-lomba Bermanfaat Bagi Orang Lain :-)

Sofistika Carevy

Another Carevy Karya

Berbagi itu Indah

Kesehatan dan pendidikan untuk kaum dhuafa dan yatim piatu

Keluarga Kecil Zawawi

Luthfi - Cindy - Aisyah

~Cruising through my Life~

journey since 1989...

hujantanpapetir

"Menulis adalah proses mengonversi perjalanan menjadi pengalaman."

Blog Prita

Campuran kenangan, buah pikir, dan hari-hari

mybeautterfly

My metamorphosis in heading back to Allah...

The hary.j.mansur Blog

My Life Documentation

Me and My Life

a dreamer, writer wanna be, and general practitioner

DUST

LEARN IN THE DESERT

Febriyan Lukito

sharing, caring and enriching life

Pray for Nasywa

Blog dukungan untuk kesembuhan Nasywa

Arip Blog

Harimau berburu, burung terbang, dan protagonis kita ini terus menggerutu

Membaca Rindu

sebab menulis adalah kata kerja

waiting room

: dari senyap ruang tunggu, tempat aku menemukan-Mu

ANOTHER DAY

THE FICTION STORY

SAVING MY MEMORIES

another home of my mind

fluoresensi

Keinginan itu pasti terwujud, entah 1 tahun, 2 tahun hingga puluhan tahun kemudian. Bersabarlah #cumanmasalahwaktu

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Majelis Ta'lim Basaudan

Tempat belajar Ilmu Agama Islam & Bahasa Arab

dewidyazhary

a silly-couple yarn

%d blogger menyukai ini: