Ayat-Ayat Cinta versus Fitna

AYAT-AYAT CINTA VS FITNA

Mengetahui kelemahan dan kekuatan diri sendiri serta mengetahui kelemahan dan kekuatan lawan, 100 kali bertempur 100 kali menang – Sun Tzu

Sabtu siang saya pergi ke tempat Pijat Refleksi karena badan rasanya tidak enak. Maklum saja, malamnya bergadang semalaman, nge-MP dan nonton Youtube (film tentang Prince Kassad dan teman-temaanya), sesekali googling mencari data-data tentang sungai-sungai yang ada di sekitar pinggiran Jakarta sambil terus disiksa rasa penasaran (silakan lihat jurnal ini) tentang foto-foto tempat yang indah, yang dirahasiakan lokasinya itu.

Tempat pijatnya ada di daerah Sumur Batu, jadi saya lewat Jalan Diponegoro ke arah Salemba. Begitu saya lewat depan Bioskop Megaria, ternyata film Ayat Ayat Cinta masih ditayangkan. Padahal kalo tidak salah sudah hampir satu bulan semenjak pemutaran perdana film tersebut. Apakah hal ini ada hubungannya dengan peluncuran Fitna, film kontroversial yang dibuat londo katro tidak bertanggung jawab itu?

Memang, kita akui banyak yang kecewa dengan versi film dari Ayat-Ayat Cinta, tidak seperti yang di Novel. namun, dibandingkan film-film kita yang lain , yang hanya memasang setan-setan berpangkat kopral ke bawah (untuk pangkat para setan, silahkan lihat jurnal ini) tentu masih lebih baik.

Di luar pro dan kontra yang meliputi film AAC, ada baiknya kita melihat hal berikut ini. Kita tentu masih ingat (bagi yang sudah nonton atau baca bukunya) adegan saat Fahri membela Aisha dari orang-orang (yang dianggap) fundamentalis di kereta. Akhlaq Fahri membuat kagum perempuan Non Muslim orang Amerika yang neneknya ditolong Aisha, sehingga di akhir-akhir cerita si Amerika tersebut masuk Islam (versi buku, filmnya belum nonton, he he he).

Terus hubungannya apa dengan filmnya si Londo tadi? Ada kemungkinan bahwa fenomena film Ayat-Ayat Cinta ini menyebar ke seluruh dunia sehingga membuat orang penasaran. Pada waktu masih berupa novel, segmen buku lumayan terbatas walaupun tetap jadi bestseller. Segmen pemasaran novel ini tentu saja kaum muslimin, terutama kalangan ikhwah (saya sendiri tidak tahu apakah kalangan salafi, hizbut tahrir dan yang lainnya turut membaca novel ini).

Sehingga, kalangan pembenci Islam belum menganggap fenomena sastra dan novel-novel Islami sebagai ancaman terhadap hegemoni mereka. Namun, begitu dibuat film, ternyata penonton film tersebut ada berjuta-juta sehingga masa tayangnya di bioskop lumayan lama. Bahkan banyak rekan2 yang bercerita di situs MP mereka bahwa mereka berkali-kali kehabisan tiket! contohnya yang ini Wow

Tentu, tidak perlu menggunakan jasa intel atau agen rahasia untuk memperkirakan dampak yang ditimbulkan film-film seperti ini beberapa belas atau puluh tahun ke depan. Keteladanan Fahri bukan tidak mungkin memberi inspirasi bagi para orang tua muslim untuk mendidik anak mereka berakhlaq baik dan mulia kepada sesama manusia, bahkan non muslim sekalipun, dengan tetap menjaga identitas dan prinsip-prinsip ajaran Islam (ditunjukkan dengan penolakan Fahri untuk berjabat tangan kepada perempuan Amerika tersebut dengan tetap menjaga sopan santun). Bila hal ini berhasil, bukan tidak mungkin akan muncul generasi Islam baru yang berakhlak mulia dan berbudi luhur dengan tetap menjaga identitas dan prinsip-prinsip ajaran agama mereka. Yang mampu menampilkan keindahan dan keluhuran Islam yang selama tertutup kebodohan dan kemadegan ummat Islam itu sendiri.

Maka, bisa jadi karena fenomena AAC tersebut, para pembenci Islam itu mengeluarkan dan menyebarkan film propaganda kontroversial tersebut.

Walhasil, dalam menghadapi badai fitnah yang lebih dahsyat dari Tsunami yang dulu melanda Aceh dan sekitarnya, kita perlu meneladani akhlaq Fahri dan Aisyah, jangan hanya terhibur dengan film dan bukunya sematas.

Semoga bermanfaat

Iklan

Posted on Maret 29, 2008, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 18 Komentar.

  1. pertamax……perlu diusulkan film AAC dibikin versi bahasa inggrisnya…

  2. munama said: pertamax……perlu diusulkan film AAC dibikin versi bahasa inggrisnya…

    Setuju, eh memangnya subtitle aja enggak cukup ya?

  3. Laaa bahasan tentang fitna nya mana??? mau doong, secara nonton utube ga selesai…beuraaaat pc nya…

  4. ummif2 said: Laaa bahasan tentang fitna nya mana??? mau doong, secara nonton utube ga selesai…beuraaaat pc nya…

    Saya kira udah tahu, ternyata belum, part 2 nanti di upload deh mbak, habis sudah keburu ngantuk karena malamnya hampir enggak tidur karena penasaran (lihat jurnal sebelumnya)

  5. ummif2 said: secara nonton utube ga selesai…beuraaaat pc nya…

    File filmnya keberatan dosa, PC-nya enggak kuat, he he he

  6. sebelum dibuat versi inggrisnya, dibenahi dulu film itu (mungkin gak ya?).adegan fahri dan maria berduaan di kost-annya (gak ada di novel dan masak sih mahasiswa alazhar masukin cewek ke kost-annya?) dan adegan mereka berduaan di pinggir sungai nil serta adegan temen fahri minum pake tangan kiri alangkah baiknya dihapuskan karena akan membawa dampak negatif terhadap islam. dan juga adegan-adegan lainnya yang tidak mencerminkan ajaran islam.informasikanlah islam itu dengan sebenar-benarnya.

  7. elazhar said: sebelum dibuat versi inggrisnya, dibenahi dulu film itu (mungkin gak ya?).adegan fahri dan maria berduaan di kost-annya (gak ada di novel dan masak sih mahasiswa alazhar masukin cewek ke kost-annya?) dan adegan mereka berduaan di pinggir sungai nil serta adegan temen fahri minum pake tangan kiri alangkah baiknya dihapuskan karena akan membawa dampak negatif terhadap islam. dan juga adegan-adegan lainnya yang tidak mencerminkan ajaran islam.informasikanlah islam itu dengan sebenar-benarnya.

    Masukan yang berharga mas, saya setuju. Film ini kan kelihatannya sesuatu yang relatif baru, sehingga masih ada kekurangan di sana sini, belum lagi masalah kepentingan para kapitalis, termasuk Punjabi dkk. Perlu diingat bahwa perjuangan menegakkan Islam sering kali serba salah, bersikap toleran dan santun malah diremehkan, bersikap tegas dan keras malah ditakuti dan dianggap teroris, seperti film Fitna si londo katro keturunan VOC itu. Karena itulah kita setiap kali sholat selalu meminta ditunjukkan jalan yang lurus, tersebut dalam Al Fatihahterima kasih komentarnya

  8. Rekan-rekan sekalian, untuk tambahan informasi silahkan berkunjung ke sinihttp://daudrasyid.com/index.php?option=com_content&task=view&id=50&Itemid=9

  9. bram saidALLAH SWT akan menjaga agama Islam yang di ridhoi-Nya.

  10. Betul Mas, hanya saja kita tidak selalu mengetahui rencana-Nya karena keterbatasan kita sebagai manusia

  11. Thanks for Share mas…. Mas Nahar juga mirip Fahri kok….tinggal cari Aisyah dan Marianya… 🙂

  12. dwahyono said: Thanks for Share mas…. Mas Nahar juga mirip Fahri kok….tinggal cari Aisyah dan Marianya… 🙂

    Makasih mas, he he he. Jurnal sebelumnya lebih lucu loh

  13. zahrra said: aetuju

    Terima kasih mbak Aisyah, eh, mbak Santi, he he he

  14. Terima kasih buat sharing Ayat-ayat cinta… 😉

  15. novrianti said: Terima kasih buat sharing Ayat-ayat cinta… 😉

    Sama-sama mbak, penggemar AAC pada ngumpul tuh, he he he

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klinik Quantum Touch Indonesia

Terapi Pengobatan Alternatif Quantum Touch

Pelita Dzatiyah

IQRA, Membuka Cakrawala Membangun Peradaban

Zen Flash

The journey of a 1000 miles begins with a single step

Love Books A Lot Indonesia

Read A Lot, Share A Lot.

Iyut Syfa

Your Coffeemate | A Little Wanderer

Yanuardi Syukur

Dimanapun Kamu Ditanam, Berkembanglah!

Bimosaurus

I'm My Own Enemy..

Firsty Chrysant

The Blue Chrysant Park ~ 파란 크리산 공원

Rek ayo Rek

Evia Koos

duaBadai

The alter ego of Disgiovery.com

E.L.O.K.46

Cogito Ergo Sum

faziazen

a Journal of MomPreneur

SR For SalmanRafan

cintai takdirmu~

Rumah Mbakje

mengeja kata membaca makna

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

misbakhuddinmuhammad

Just another WordPress.com site

lijiun

Smile Always

Inilah Dunia Mita

menikmati detik demi detik hidup nie, karena terlalu indah jika hidup nie terlewatkan begitu saja

Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Sarah's World

Come, sit down here, and please enjoy my treats.

F I T T O Reflexology

100% Pijat Keluarga Sehat TERPERCAYA

Terapi Yumeiho Original Jepang

Dahsyatnya Terapi Yumeiho Untuk Mengatasi Sakit Tulang Pinggul

INSPIRASI DANU

sebuah ruang untuk saling berbagi inspirasi dan motivasi

Nataya Rizani

Memberi itu Menambah Rezeki

santipanon

Flowers are yellow, some are orange, and others are vermillion, serenepeacefulcalm

Blog Tausiyah275

Mari Berlomba-lomba Bermanfaat Bagi Orang Lain :-)

Sofistika Carevy

Another Carevy Karya

Berbagi itu Indah

Kesehatan dan pendidikan untuk kaum dhuafa dan yatim piatu

Keluarga Kecil Zawawi

Luthfi - Cindy - Aisyah

~Cruising through my Life~

journey since 1989...

hujantanpapetir

"Menulis adalah proses mengonversi perjalanan menjadi pengalaman."

Blog Prita

Campuran kenangan, buah pikir, dan hari-hari

mybeautterfly

My metamorphosis in heading back to Allah...

The hary.j.mansur Blog

My Life Documentation

Me and My Life

a dreamer, writer wanna be, and general practitioner

DUST

LEARN IN THE DESERT

Febriyan Lukito

sharing, caring and enriching life

Pray for Nasywa

Blog dukungan untuk kesembuhan Nasywa

Arip Blog

Harimau berburu, burung terbang, dan protagonis kita ini terus menggerutu

Membaca Rindu

sebab menulis adalah kata kerja

waiting room

: dari senyap ruang tunggu, tempat aku menemukan-Mu

ANOTHER DAY

THE FICTION STORY

SAVING MY MEMORIES

another home of my mind

fluoresensi

Keinginan itu pasti terwujud, entah 1 tahun, 2 tahun hingga puluhan tahun kemudian. Bersabarlah #cumanmasalahwaktu

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Majelis Ta'lim Basaudan

Tempat belajar Ilmu Agama Islam & Bahasa Arab

dewidyazhary

a silly-couple yarn

%d blogger menyukai ini: