Hati – hati terhadap pemutusan hubungan diplomatik

Penyebaran dan penayangan filem FITNA di internet menyebabkan reaksi keras dari umat Islam di seluruh dunia. Suatu reaksi yang sudah bisa diperkirakan sebelumnya.

Namun, ternyata ada juga orang-orang yang menuntut pemutusan hubungan diplomatik dengan Belanda. Sebagai suatu reaksi atas penghinaan dan pelecehan terhadap agama yang mereka yakini, kita bisa memahami. Namun, apabila pemutusan itu benar-benar dilakukan, maka yang harus kita pertimbangkan adalah kaum muslimin yang ada di negara tersebut. Dukungan terhadap mereka akan terputus dan bantuan sulit diberikan sehingga mereka merasa sendiri di tengah masyarakat yang terpengaruh propaganda murahan tersebut. Bukan tidak mungkin mereka merasa dikhianati saudara-saudara sesama muslim sehingga meninggalkan keyakinan agama mereka alias murtad. Kalau begitu, siapa yang salah?

Kalau saya tidak salah, Rasulullah pernah berpesan agar kita tidak membantu setan menyesatkan saudara-saudara kita. Itu artinya kita harus berhati-hati dalam bertindak agar tidak menghasilkan akibat yang lebih jelek dari pelecehan dan penghinaan itu sendiri.

Sudah waktunya kita semua sebagai ummat Islam di negeri berpenduduk muslim terbanyak di dunia menyikapi pelecehan dan penghinaan yang tidak akan pernah berhenti sampai hari kiamat ini dengan sikap lebih proporsional berbekal ilmu dan amal sholeh. Tidak terlalu keras dan emosional tetapi juga tidak hanya dengan diam dan adem ayem, sehingga termasuk sikap dayyuts (tidak punya rasa cemburu dan solidaritas) sehingga kita jadi termasuk orang-orang yang tidak pantas menghirup aroma Syurga, padahal aroma tersebut bisa dirasakan dari jarak 500 tahun perjalanan (kalau saya tidak salah haditsnya seperti itu). Nauzubillah

Semoga bermanfaat

Iklan

Posted on Maret 31, 2008, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 16 Komentar.

  1. setuju….kekerasan malah akan membuat mereka yakin kalo Islam lekat dengan kekerasan. PERTAMAXXX

  2. munama said: setuju….kekerasan malah akan membuat mereka yakin kalo Islam lekat dengan kekerasan. PERTAMAXXX

    Setuju, semoga Alloh SWT menunjukkan kepada kita semua jalan yang lurus

  3. wi2kegypt said: Setuju!!!!!!!!!!!!!

    Alhamdulillah

  4. Dunia ini luas mas..buat ber hijrah..dahulu waktu nabi disuruh hijrah ke madinah padahal resikonya bukan main. harus meninggalkan harta, saudara, bahkan nyawa. Karena ini sudah masalah dien kalau bukan masalah dien mungkin masih dipertimbangkan lagi.

  5. sal3ho said: Dunia ini luas mas..buat ber hijrah..dahulu waktu nabi disuruh hijrah ke madinah padahal resikonya bukan main. harus meninggalkan harta, saudara, bahkan nyawa. Karena ini sudah masalah dien kalau bukan masalah dien mungkin masih dipertimbangkan lagi.

    Kayaknya saya harus belajar lagi lebih banyak, makasih mas

  6. betul dehmelakukan apapun harus pakai ilmu 🙂

  7. @semuanya: ayo kita sama-sama belajar lagi, biar enggak salah

  8. ga usah pusingin soal hubungan diplomatik….meeeennn…Allah SWT menciptakan bumi yang lumayan luas ini buat orang Muslim, mo di mana aja tinggal ya silakan. Yang bikin kita terkotak-kotak dalam negara kan manusia juga, padahal seorang Muslim itu punya unlimited access…mo di mana aja, ke mana aja, bebas, lha wong ini buminya Allah dan kita ini hamba Allah, jadi boleh ke mana aja 🙂 Buat yang menghujat Al Islam, tinggal tunggu waktu yah….tunggu waktu ajah….lu liat nanti siapa yang akan enak-enakan di Akhirat….lu liat nanti…..karna setiap Muslim itu hidup mulia atau mati syahid, tinggal pilih mana…hehehe…

  9. punyairul said: ga usah pusingin soal hubungan diplomatik….meeeennn…Allah SWT menciptakan bumi yang lumayan luas ini buat orang Muslim, mo di mana aja tinggal ya silakan. Yang bikin kita terkotak-kotak dalam negara kan manusia juga, padahal seorang Muslim itu punya unlimited access…mo di mana aja, ke mana aja, bebas, lha wong ini buminya Allah dan kita ini hamba Allah, jadi boleh ke mana aja 🙂 Buat yang menghujat Al Islam, tinggal tunggu waktu yah….tunggu waktu ajah….lu liat nanti siapa yang akan enak-enakan di Akhirat….lu liat nanti…..karna setiap Muslim itu hidup mulia atau mati syahid, tinggal pilih mana…hehehe…

    Betul mas, yang kotak-kotakin negara kan manusia, cuma cara menghadapinya itu yang musti pake strategi dan ilmu pengetahuan

  10. hehe..baca dan kaji Al Quran plus shirah… 😉

  11. Iya benar, mas mampir ke situs yang ini donkhttp://ammakazi.wordpress.com/

  12. Kalau dipikir-pikir memang sengaja ya si VOC ini buat film begini agar memancing reaksi keras dari ummat Islam, akibatnya mereka yang anti Islam semakin yakin (dengan taqlid mereka tentunya) bahwa ternyata Islam tuh keras…Naudzubillah! Semoga kita tidak semakin terpancing..Tapi membela agama Allah atas penghinaan ini wajib, perlu strategi dan perencanaan yang matang supaya efek baliknya kennaaa!! Tapi gimana cara efektifnya yaa?!..

  13. sitimardiyah said: Kalau dipikir-pikir memang sengaja ya si VOC ini buat film begini agar memancing reaksi keras dari ummat Islam, akibatnya mereka yang anti Islam semakin yakin (dengan taqlid mereka tentunya) bahwa ternyata Islam tuh keras…Naudzubillah! Semoga kita tidak semakin terpancing..Tapi membela agama Allah atas penghinaan ini wajib, perlu strategi dan perencanaan yang matang supaya efek baliknya kennaaa!! Tapi gimana cara efektifnya yaa?!..

    Membela tentu saja wajib, tentunya dengan amal sholeh dan keteladanan tanpa kehilangan ketegasan, kira-kira gitu mbak. Soalnya kalo asal keras aja, bisa jadi itu yang mereka inginkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klinik Quantum Touch Indonesia

Terapi Pengobatan Alternatif Quantum Touch

Pelita Dzatiyah

IQRA, Membuka Cakrawala Membangun Peradaban

Zen Flash

The journey of a 1000 miles begins with a single step

Love Books A Lot Indonesia

Read A Lot, Share A Lot.

Iyut Syfa

Your Coffeemate | A Little Wanderer

Yanuardi Syukur

Dimanapun Kamu Ditanam, Berkembanglah!

Bimosaurus

I'm My Own Enemy..

Firsty Chrysant

The Blue Chrysant Park ~ 파란 크리산 공원

Rek ayo Rek

Evia Koos

duaBadai

The alter ego of Disgiovery.com

E.L.O.K.46

Cogito Ergo Sum

faziazen

a Journal of MomPreneur

SR For SalmanRafan

cintai takdirmu~

Rumah Mbakje

mengeja kata membaca makna

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

misbakhuddinmuhammad

Just another WordPress.com site

lijiun

Smile Always

Inilah Dunia Mita

menikmati detik demi detik hidup nie, karena terlalu indah jika hidup nie terlewatkan begitu saja

Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Sarah's World

Come, sit down here, and please enjoy my treats.

F I T T O Reflexology

100% Pijat Keluarga Sehat TERPERCAYA

Terapi Yumeiho Original Jepang

Dahsyatnya Terapi Yumeiho Untuk Mengatasi Sakit Tulang Pinggul

INSPIRASI DANU

sebuah ruang untuk saling berbagi inspirasi dan motivasi

Nataya Rizani

Memberi itu Menambah Rezeki

santipanon

Flowers are yellow, some are orange, and others are vermillion, serenepeacefulcalm

Blog Tausiyah275

Mari Berlomba-lomba Bermanfaat Bagi Orang Lain :-)

Sofistika Carevy

Another Carevy Karya

Berbagi itu Indah

Kesehatan dan pendidikan untuk kaum dhuafa dan yatim piatu

Keluarga Kecil Zawawi

Luthfi - Cindy - Aisyah

~Cruising through my Life~

journey since 1989...

hujantanpapetir

"Menulis adalah proses mengonversi perjalanan menjadi pengalaman."

Blog Prita

Campuran kenangan, buah pikir, dan hari-hari

mybeautterfly

My metamorphosis in heading back to Allah...

The hary.j.mansur Blog

My Life Documentation

Me and My Life

a dreamer, writer wanna be, and general practitioner

DUST

LEARN IN THE DESERT

Febriyan Lukito

sharing, caring and enriching life

Pray for Nasywa

Blog dukungan untuk kesembuhan Nasywa

Arip Yeuh!

Harimau berburu, burung terbang, dan protagonis kita ini terus menggerutu

Membaca Rindu

sebab menulis adalah kata kerja

waiting room

: dari senyap ruang tunggu, tempat aku menemukan-Mu

ANOTHER DAY

THE FICTION STORY

SAVING MY MEMORIES

another home of my mind

fluoresensi

Keinginan itu pasti terwujud, entah 1 tahun, 2 tahun hingga puluhan tahun kemudian. Bersabarlah #cumanmasalahwaktu

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Majelis Ta'lim Basaudan

Tempat belajar Ilmu Agama Islam & Bahasa Arab

dewidyazhary

a silly-couple yarn

%d blogger menyukai ini: