Manajemen Chatting

Untitled

Pada suatu hari seorang Raja memanggil anaknya, Sang Pangeran. Sang raja ingin menguji sang Pangeran untuk memastikan apa kah anaknya pantas menggantikannya memimpin kerajaan. Sang Raja meminta sang pangeran membuatkan masakan yang paling enak untuk diberikan kepadanya saat makan siang. Sang Pangeran dengan patuh membuat masakan tersebut, yaitu Sop lidah sapi yang diberi berbagai macam bumbu yang diracik sedemikian rupa sehingga menjadi sop lidah paling lezat yang pernah ada di kerajaan tersebut. Sang Raja memuji masakan anaknya dengan pujian yang luar biasa.

Keesokan harinya, Sang Raja kembali meminta sang pengeran membuatkan masakan baginya. namun, kali ini, dia meminta anaknya membuat makanan paling tidak enak yang bisa dibuat oleh sang pengeran. Sang pengeran kembali mengolah Lidah sapi namun kali ini dia memberi bumbu asal-asalan. Garam, merica dan sebagainya dia tuang tanpa perhitungan sama sekali. Saat sang raja mencicipi makanan tersebut, beliau hampir muntah karena rasa dan aroma dari sop lidah tadi. “Nak, masakan apa ini?” Tanya sang Raja. Sang Pengeran menjawab “Sama dangan yang kemarin Ayahanda, Sop Lidah”. “Nak, apa yang kau pelajari dari dua masakan ini, yang hari ini dan kemarin?”

Masakan hari ini dan kemarin bahan utamanya sama, yaitu lidah, yang berbeda adalah cara menggunakannya, demikian pula lidah kita:

  1. Lidah bisa kita untuk membangkitkan semangat, menghibur jiwa yang lelah, meluruskan kesalahan, menyampaikan hikmah dan sebagainya.
  2. Lidah dapat pula dipergunakan untuk hal-hal yang negatif seperti memfitnah, mencaci maki, menghina, melecehkan dan meremehkan orang lain dan lain sebagainya.
  3. Lidah dapat juga dipergunakan untuk hal-hal yang netral namun tidak bermanfaat seperti berbincang-bincang tentang hal-hal yang sudah diketahui oleh orang-orang yang sedang berbicara hanya karena mereka senang melakukannya.
  4. Lidah juga dapat dipergunakan untuk membanggakan diri secara berlebihan sehingga terkadang entah sadar atau tidak ditambah-tambahi berbagai hal yang tidak perlu atau bahkan kebohongan.
  5. Lidah seperti teko yang akan menyalurkan isinya. Apabila isinya air yang menyegarkan maka air tersebutlah yang akan keluar. Namun apabila isinya racun yang mematikan, maka racun itulah yang akan keluar.

Sang Raja mengagguk-angguk dengan puas, “Tidak sia-sia aku selama ini mendidikmu” katanya.

Hubungan cerita di atas dengan topik kita adalah adanya persamaan pada masalah lidah. Lidah ini sangat ringan, namun sedikit sekali orang yang bisa mengaturnya. Lidah adalah perpanjangan dari Qolbu atau Hati kita. Apa yang ada di dalam Hati kita itu cepat atau lambat akan keluar pada lidah kita.

Chatting adalah salah satu jenis perpanjangan lidah kita, karena itu tidak ada salahnya kita berhati-hati dalam melakukan dua kegiatan tersebut.

Maka chatting juga perlu manejemen, misalnya:

  1. Chating sering kali terlalu pribadi, sehingga terkadang salah satu atau kedua pihak merasa tidak nyaman, apalagi bila obrolan tersebut menjurus ke masalah yang enggak-enggak.
  2. Terkadang ada yang bingung mau ngomong apa, maka lebih baik mempersiapkan dulu materi obrolan, jangan sampai ngalor ngidul gak karuan
  3. Hati-hati, sebagaimana spam tidak sama dalam pikiran setiap orang, demikian pula chatting.
  4. Lebih baik punya teman chatting sedikit tetapi chatting -nya berkualitas daripada banyak tapi centang perenang bagai buih di lautan. Kualitas chatting ditentukan oleh kelancaran komunikasi kedua belah pihak. Kelancaran komunikasi ditentukan antara lain oleh kesamaan minat, hobby, kepentingan dan sebagainya. Tidak nyambung kan apabila yang satu hobby kajian teori Konspirasi yang lain suka masak, he he he. Orang-orang yang chatting harus punya minat yang sama, sehingga lebih baik kenali diri sendiri terlebih dahulu.
  5. Jangan samapai kita sendiri lupa waktu gara-gara keasyikan chatting dan harus ingat pula bahwa lawan bicara kita juga punya bermacam-macam kepentingan. Kan kita semua sama-sama manusia.
  6. Jika orang yang kita undang chatting tidak merespon dengan baik, maka lebih baik tidak usah diajak chatting, bisa jadi dia punya minat, hobby atau ketertarikan yang berbeda dengan kita. Memaksakan chattng dengan orang-orang yang punya minat yang jauh berbeda hanya akan buang-buang waktu saja.

Semoga bermanfaat

Iklan

Posted on April 23, 2008, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 23 Komentar.

  1. postingya bagus bngt nih, TFS

  2. munama said: postingya bagus bngt nih, TFS

    Semoga bermanfaat mas, soalnya baru kenal ama yang namanya chatting via YM

  3. ehhmmmm bagus bagus…..

  4. burdah25 said: ehhmmmm bagus bagus…..

    Semoga bermanfaat ya mas, terima kasih komentarnya

  5. chatting sama suami sendiri ga apa2 kan mas..hihihibtw..nice article..TFS ya..semoga buat pelajaran bg kita semua.

  6. indahmasruroh said: chatting sama suami sendiri ga apa2 kan mas..hihihibtw..nice article..TFS ya..semoga buat pelajaran bg kita semua.

    Itu sih wajib mbak, kalo enggak malah gawat, he he he, semoga bermanfaat ya

  7. iya mas..malah gawat nanti ..hihihAmin Allahuma amin.

  8. indahmasruroh said: iya mas..malah gawat nanti ..hihihAmin Allahuma amin.

    Amiin,

  9. Iyalah…. kalo chat dg byk org dan dlm wkt yg bersamaan malah jd bingung n gak fokus… 😀

  10. oaseditamanhati said: Iyalah…. kalo chat dg byk org dan dlm wkt yg bersamaan malah jd bingung n gak fokus… 😀

    Benar banget, saya pernah mengalami, jadi bingung sendiri, karena itu saya tulis artikel ini, makasih mbak

  11. Kapal yang besar hanya di kendalikan dengan kemudi yang kecil,begitu juga lidah adalah anggota tubuh yang kecil dapat mengendalikan segalanya.postingnya keren

  12. gustipatti said: Kapal yang besar hanya di kendalikan dengan kemudi yang kecil,begitu juga lidah adalah anggota tubuh yang kecil dapat mengendalikan segalanya.postingnya keren

    Betul sekali mas, reply-nya juga keren, he he he

  13. hewhehe..semua ada seninya…termasuk chatting…

  14. Postingan yang bagus dan sangat bermanfaat…Yap raja dalam diri adalah Qalbu, lidah hanyalah prajurit…dan tahukah temans Allah MAha Sempurna telah buat lidah sedemikin rupa elastis dan tak bertulang tapi Allah ciptakan sekelilingnya dua rahang yang kokoh dan langit mulut yang kuat bisa menghimpitnya lalu dipagari dengan gigi yang kuat serta dilapisi lagi dengan dua bibir yang bisa menutup rapat Subhanallah begitu sempurnanya penjagaan silidah ini . Karenanya marilah kita gunakan otak dan hati untuk ikut menjaganya juga agar fungsi yang diberikan Allah lebih sempurna (fungsi penciptaan sejatinya untuk kebaikan,maslahat, dan manfaat)….maaf nih ikutan…TFS ya…

  15. @ucupadi = betul sekali semua ada seninya@sitimardiyah = sama-sama mbak, reply-nya juga bermanfaat, TFR ya

  16. matur thankyu :)keren deh cerita pembukanya ^^lama lama bosen juga chattingapalagi chatting yang gak manfaat

  17. annilasyiva said: matur thankyu :)keren deh cerita pembukanya ^^lama lama bosen juga chattingapalagi chatting yang gak manfaat

    Sama-sama mbak, semoga bermanfaat

  18. makasih…artikelnya, aku copy paste yah..buat dibagi-bagi ke temen-temen kerjaku, biar ngga keasyikan chatting, lupa sama tanggung jawab

  19. tehferry said: makasih…artikelnya, aku copy paste yah..buat dibagi-bagi ke temen-temen kerjaku, biar ngga keasyikan chatting, lupa sama tanggung jawab

    Silahkan, dengan senang hati, semoga bermanfaat

  20. aslmkm.bang keren postingannya….hiks…saya sering tuh jengkel kalo di YM..apalagi MIRCsuka jengkel ma obrolan yang gak penting itu…apalagi kalo sudah ke arah situ…hihih…saya biasanya suka cari yang cewek juga..tapi gak tahu kenapa biarpun saya sudah cari topik san-sini tuh lawan chat yang cwek kayak nanggapinnya biasa2 saja. jadi kesannya kita gak lagi ngobrol,hiks….jadinya selama ini teman chatnya CWO…gak tahu knp mereka lebih hidup pembicaraannya….yahh…dosa lagi dah…heheh…hiks

  21. aqlasiput said: aslmkm.bang keren postingannya….hiks…saya sering tuh jengkel kalo di YM..apalagi MIRCsuka jengkel ma obrolan yang gak penting itu…apalagi kalo sudah ke arah situ…hihih…saya biasanya suka cari yang cewek juga..tapi gak tahu kenapa biarpun saya sudah cari topik san-sini tuh lawan chat yang cwek kayak nanggapinnya biasa2 saja. jadi kesannya kita gak lagi ngobrol,hiks….jadinya selama ini teman chatnya CWO…gak tahu knp mereka lebih hidup pembicaraannya….yahh…dosa lagi dah…heheh…hiks

    Ya sudah mbak, mendingan nge-MP aja, kan juga bisa chatting via reply. Saya sekarang juga jarang chatting koq, he he he

  22. wah bagus nih tulisannya, klo dikembangkan bisa jadi buku

  23. udoyamin said: wah bagus nih tulisannya, klo dikembangkan bisa jadi buku

    Terima kasih pak, sekalian kalau boleh saya minta bantuan diajari menulis buku. Sudah lama pingin nulis buku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klinik Quantum Touch Indonesia

Terapi Pengobatan Alternatif Quantum Touch

Pelita Dzatiyah

IQRA, Membuka Cakrawala Membangun Peradaban

Zen Flash

The journey of a 1000 miles begins with a single step

Love Books A Lot Indonesia

Read A Lot, Share A Lot.

Iyut Syfa

Your Coffeemate | A Little Wanderer

Yanuardi Syukur

Dimanapun Kamu Ditanam, Berkembanglah!

Bimosaurus

I'm My Own Enemy..

Firsty Chrysant

The Blue Chrysant Park ~ 파란 크리산 공원

Rek ayo Rek

Evia Koos

duaBadai

The alter ego of Disgiovery.com

E.L.O.K.46

Cogito Ergo Sum

faziazen

a Journal of MomPreneur

SR For SalmanRafan

cintai takdirmu~

Rumah Mbakje

mengeja kata membaca makna

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

misbakhuddinmuhammad

Just another WordPress.com site

lijiun

Smile Always

Inilah Dunia Mita

menikmati detik demi detik hidup nie, karena terlalu indah jika hidup nie terlewatkan begitu saja

Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Sarah's World

Come, sit down here, and please enjoy my treats.

F I T T O Reflexology

100% Pijat Keluarga Sehat TERPERCAYA

Terapi Yumeiho Original Jepang

Dahsyatnya Terapi Yumeiho Untuk Mengatasi Sakit Tulang Pinggul

INSPIRASI DANU

sebuah ruang untuk saling berbagi inspirasi dan motivasi

Nataya Rizani

Memberi itu Menambah Rezeki

santipanon

Flowers are yellow, some are orange, and others are vermillion, serenepeacefulcalm

Blog Tausiyah275

Mari Berlomba-lomba Bermanfaat Bagi Orang Lain :-)

Sofistika Carevy

Another Carevy Karya

Berbagi itu Indah

Kesehatan dan pendidikan untuk kaum dhuafa dan yatim piatu

Keluarga Kecil Zawawi

Luthfi - Cindy - Aisyah

~Cruising through my Life~

journey since 1989...

hujantanpapetir

"Menulis adalah proses mengonversi perjalanan menjadi pengalaman."

Blog Prita

Campuran kenangan, buah pikir, dan hari-hari

mybeautterfly

My metamorphosis in heading back to Allah...

The hary.j.mansur Blog

My Life Documentation

Me and My Life

a dreamer, writer wanna be, and general practitioner

DUST

LEARN IN THE DESERT

Febriyan Lukito

sharing, caring and enriching life

Pray for Nasywa

Blog dukungan untuk kesembuhan Nasywa

Arip Blog

Harimau berburu, burung terbang, dan protagonis kita ini terus menggerutu

Membaca Rindu

sebab menulis adalah kata kerja

waiting room

: dari senyap ruang tunggu, tempat aku menemukan-Mu

ANOTHER DAY

THE FICTION STORY

SAVING MY MEMORIES

another home of my mind

fluoresensi

Keinginan itu pasti terwujud, entah 1 tahun, 2 tahun hingga puluhan tahun kemudian. Bersabarlah #cumanmasalahwaktu

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Majelis Ta'lim Basaudan

Tempat belajar Ilmu Agama Islam & Bahasa Arab

dewidyazhary

a silly-couple yarn

%d blogger menyukai ini: