KONSEP RAS UNGGUL

Those who cannot learn from history are doomed to repeat it.
George Santayana

Tulisan ini terinspirasi oleh film “300” yang saya lihat sekitar setahun yang lalu di Ciwalk, Bandung. Tadinya ragu mau posting yang kayak gini, namun atas nama amar ma’ruf nahi munkar saya posting juga. Selamat membaca.

Konsep Ras Unggul

Photobucket

Konsep “Ras Unggul” sudah ada pada bangsa-bangsa penyembah berhala atau bangsa-bangsa pagan, sejak berabad-abad yang lalu. Contoh bangsa-bangsa tersebut diantaranya, bangsa Mesir Kuno, Babilonia, Persia-Media, Kartago/Carthage, Sparta, Romawi, bangsa-bangsa barbar Eropa seperti bangsa Hun, Visigoth, Goth dan bangsa Viking di Eropa Utara, bangsa Indian Aztec dan Inca di Amerika Selatan, bangsa Tartar dan Mongolia di Asia Tengah dan sebagainya, termasuk bangsa Arab Jahiliyah sebelum datangnya Islam. Konsep ini menyatakan bahwa bangsa yang berasal dari ras tersebut adalah bangsa yang lebih unggul dari bangsa-bangsa lain, sehingga merasa berhak melakukan penjajahan dan penindasan. Keunggulan itu, menurut kepercayaan mereka, adalah karena mereka lebih berhasil dalam perjuangan mempertahankan hidup daripada bangsa-bangsa yang lain. Kepercayaan seperti ini menimbulkan rasa saling curiga dan tingkat kepercayaan yang rendah. Permusuhan dan pertempuran dapat terjadi setiap saat.

Photobucket

Al Qur’an dalam Surat Toha ayat 24 menegaskan bahwa orang-orang yang berpaling dari peringatan Alloh SWT, seperti bangsa-bangsa pagan tersebut, akan berada dalam kehidupan yang sempit di dunia ini. Kehidupan yang sempit bukan berarti tidak memiliki kekayaan karena banyak dari bangsa-bangsa tersebut bisa membangun bangunan-bangunan besar dan kota-kota yang megah serta mengumpulkan harta benda berharga yang luar biasa banyaknya. Namun, karena paradigma ras unggul tadi menimbulkan sikap sombong dan permusuhan, muncul rasa tidak suka pada bangsa-bangsa lain. Dengan demikian, bangsa tersebut memiliki banyak musuh. Rasa aman dan keberkahan telah diangkat oleh Alloh SWT dari kehidupan mereka sehingga mereka selalu dirundung ketakutan akan diserang oleh musuh-musuh mereka dan mereka seakan-akan hidup di atas bom waktu yang bisa meledak setiap saat.

Dari manakah sesungguhnya konsep Ras Unggul ini muncul? Siapakah yang pertama kali memproklamirkan diri sebagai makhluk yang berasal dari Ras Unggul? Pada saat penciptaan manusia, Alloh SWT memerintahkan para malaikat dan jin bersujud kepada Nabi Adam AS, manusia pertama yang diciptakan olehNya. Semuanya bersujud kecuali Iblis, dia membangkang terhadap perintah tersebut karena merasa dirinya lebih tinggi derajatnya sebab diciptakan dari api sedangkan Nabi Adam dari tanah. Dengan demikian, jelaslah bagi kita bahwa Iblislah yang pertama kali menggagas konsep paganisme dan ras unggul ini.

Berkembangnya ajaran agama Kristen di Eropa ternyata tidak bisa menghapus seluruh ajaran-ajaran paganisme, termasuk konsep Ras Unggul. Ketika kekuasaan Gereja mulai melemah, ajaran-ajaran pagan, yang sesungguhnya masih ada di bawah tanah, mulai muncul kembali. Ajaran-ajaran tersebut muncul dalam bentuk humanisme, materialisme, naturalisme dan sekularisme. Mulai muncul orang-orang berpaham atheis-materialistik, terutama para filosof/ahli filsafat yang tidak percaya adanya Tuhan. Teori-teori yang bersifat materialistik, yang menyatakan bahwa alam semesta ada dengan sendirinya dan tidak ada yang menciptakan serta akan tetap ada selama-lamanya, mulai terbentuk. Kepercayaan pada Ras Unggul, yang merupakan ciri utama paganisme penyembah berhala juga ikut muncul kembali, bagaikan hantu yang bangkit dari dalam kubur. Charles Darwin, memberi sub-judul bukunya “The Origin of Species”, dengan kata-kata sebagai berikut ”Survival to the fittest by means of natural selection or preservation of favoured races in struggle for life”, Nietsche menggagas konsep Ubermensch atau Manusia Super yang mirip dengan Konsep Ras Unggul bangsa pagan. Konsep-konsep Pagan gaya baru ini membuahkan hasilnya pada abad ke 20 dalam bentuk Perang Dunia Pertama dan Perang Dunia Kedua.

Hitler menggunakan konsep-konsep dan ajaran-ajaran tersebut untuk membangkitkan mitos Ras Arya (Aryan Master Race) pada bangsa Jerman yang pada saat itu sangat menderita karena kekalahan pada perang dunia I, sementara Mussolini membangkitkan nostalgia Romawi Kuno pada bangsa Italia. Orang-orang yang tidak mendapat cukup pendidikan di Jerman dan Italia, karena negaranya hancur akibat perang, termakan hasutan kedua diktator tersebut. Hasilnya adalah peristiwa-peristiwa yang mengerikan yang mengubah Eropa dan seluruh dunia menjadi lautan darah pada masa Perang Dunia II.

Keunggulan sesungguhnya bukan ditentukan oleh ras, suku bangsa, warna kulit dan lain sebagainya. Di dunia ini, orang-orang yang berprestasi ada yang berasal dari macam-macam keturunan, ras, suku bangsa, warna kulit dsb. Apapun keturunan, warna kulit atau rasnya, apabila dia punya kemauan kuat untuk menjadi manusia unggul dan berprestasi, maka dia bisa mewujudkan impian tersebut.

Islam memang mewajibkan para penganutnya membangun kekuatan. Namun, kekuatan yang dibangun tersebut bukan merupakan suatu tujuan atau digunakan sekehendak hawa nafsu. Kekuatan itu harus dianggap sebagai amanah dan digunakan sebagai sarana membangun dunia ini menjadi tempat yang diridhoi dan diberkahi oleh Alloh SWT. Kekuatan itu harus dipakai membela sesama manusia yang terzalimi atau mencegah kezaliman terjadi, bukan untuk berbuat kezaliman.

Referensi:

Buku dan VCD

  1. Harun Yahya; Menyingkap Tabir Fasisme, Dzikra
  2. Harun Yahya; Ancaman Global Freemasonry, Dzikra
  3. Harun Yahya; di balik Dua Perang Dunia (VCD); GlobalMedia
  4. Harun Yahya; Bencana Kemanusiaan akibat Darwinisme (Buku + VCD); Global Media

Websites:

  1. Fasisme: Ideologi Berdarah Darwinisme
  2. Situs Harun Yahya
  3. Situs Harun Yahya TV
  4. Situs Islamic Research Foundation
  5. Situsnya Pakdenono”

Film diambil dari Situs ini

Iklan

Posted on April 24, 2008, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 33 Komentar.

  1. tfs loh.. baca sejarah hebat2 nih ya..

  2. WADUH ..SAYA KIRA TADI JUDUL BLOGNYA ” KONSEP RAS “T”UNGGUL ” HAHAHA KALO KETAMBAHAN “T” HARUS BAYAR ROYALTI KESAYA LHO ( HAHAHAHA) BAGUS BGT BLOGNYA CUMAAANN ….GAMBARNYA BISA DI SCREW AGAK KECILAN AJA ,BIAR NGGAK KABUR ..GITCU ( KRITIK MEMBANGUN LO YA )

  3. @Mas Tunggul (benar gak?) Terima kasih, gambarnya jadi gak seram ya, he he he@Mbak Tintin, semoga bermanfaat ya mbak, bagi sesama penggemar sejarah

  4. hebat uy… pake gambar lagi… heuheu…konsep ras unggul adalah tiupan konspirasi purba alias konspirasi zionis-freemason-kabbalah-dkk utk menyesatkan manusia…. Charles Darwin adalah dedengkotnya di zaman modern spt yg ditulis dalam artikel ininice posting!

  5. aneshusen said: hebat uy… pake gambar lagi… heuheu…konsep ras unggul adalah tiupan konspirasi purba alias konspirasi zionis-freemason-kabbalah-dkk utk menyesatkan manusia…. Charles Darwin adalah dedengkotnya di zaman modern spt yg ditulis dalam artikel ininice posting!

    Makasih mas, maaf gambarnya kurang jelas. Supaya yang belum paham bisa mengerti dasar2-nya terlebih dahulu. semoga bermanfaat.

  6. nice posting…. TFS yah…memang disetiap diri manusia ada Ke-EGO-an yang tergantung manusia itu sendiri membawa dirinya ke arah mana. Sejarah membuktikan bahwa suatu Ideologi berdiri dengan berbagai pengorbanan. termasuk ribuan nyawa manusia.

  7. crazyaboutcats said: nice posting…. TFS yah…memang disetiap diri manusia ada Ke-EGO-an yang tergantung manusia itu sendiri membawa dirinya ke arah mana. Sejarah membuktikan bahwa suatu Ideologi berdiri dengan berbagai pengorbanan. termasuk ribuan nyawa manusia.

    Sama-sama mbak, semoga bermanfaat ya

  8. Kekuatan itu harus dipakai membela sesama manusia yang terzalimi atau mencegah kezaliman terjadi, bukan untuk berbuat kezaliman.AKU SETUJU PERNYATAAN YANG INI…..!!!!!!

  9. aqlasiput said: Kekuatan itu harus dipakai membela sesama manusia yang terzalimi atau mencegah kezaliman terjadi, bukan untuk berbuat kezaliman.AKU SETUJU PERNYATAAN YANG INI…..!!!!!!

    Sama mbak, semoga bermanfaat ya

  10. om, ada penjelasan ga soal mitos Ras Arya itu??berhubung namanya sama, tapi ane Arya dari sejarah Jawa, bukan dari konsepnya si kumis Charlie Chaplin itu..whuakakakakak..

  11. aryacalm said: om, ada penjelasan ga soal mitos Ras Arya itu??berhubung namanya sama, tapi ane Arya dari sejarah Jawa, bukan dari konsepnya si kumis Charlie Chaplin itu..whuakakakakak..

    Insya Alloh nanti saya muat, sekarang lagi mencari informasi yang memadai dulu ya.

  12. aryacalm said: om, ada penjelasan ga soal mitos Ras Arya itu??berhubung namanya sama, tapi ane Arya dari sejarah Jawa, bukan dari konsepnya si kumis Charlie Chaplin itu..whuakakakakak..

    iya yah, kenapa Hitler mengklaim bahwa bangsanya lebih bagus dari bangsa lain? argumen apa yang dia punya?

  13. puputpuspitasari said: good posting 🙂

    Thank you, semoga bermanfaat ya 🙂

  14. makasih infonya Bos….tadinya saya kira nama anda mirip dengan salah seorang MPers agnostik yang sering berdebat dengan saya tentang masalah evolusi. Ternyata nama ini diambil dari salah satu produk HPA yah hehehe

  15. anotherorion said: makasih infonya Bos….tadinya saya kira nama anda mirip dengan salah seorang MPers agnostik yang sering berdebat dengan saya tentang masalah evolusi. Ternyata nama ini diambil dari salah satu produk HPA yah hehehe

    iya mas, he he he. dulu saya sempat jualan produk itu, sekarang off dulu. btw, kayaknya saya tahu deh yang mas suka ajak debat, tetapi gak berani bilang, takut salah .. 😀

  16. terbangkelangit said: iya yah, kenapa Hitler mengklaim bahwa bangsanya lebih bagus dari bangsa lain? argumen apa yang dia punya?

    Argumen rasisme dari jaman dulu mas, dia mewarisi ajaran para penyembah berhala yang selalu menganggap dirinya lebih dari bangsa-bangsa lain

  17. kopiradix said: iya mas, he he he. dulu saya sempat jualan produk itu, sekarang off dulu. btw, kayaknya saya tahu deh yang mas suka ajak debat, tetapi gak berani bilang, takut salah .. 😀

    hahaha ia puyeng juga ngomong sama orang satu itu muter2 terus klo dikejar….malah kayak main komidi putar

  18. anotherorion said: hahaha ia puyeng juga ngomong sama orang satu itu muter2 terus klo dikejar….malah kayak main komidi putar

    he he he, bikin puyeng yah :D. semoga ada manfaatnya

  19. Kebetulan saya pernah baca juga tulisan Mas Nahar ini, bisa buat tambahan referensi juga. Thx bgt sebelumnya…

  20. luqmanhakim said: Kebetulan saya pernah baca juga tulisan Mas Nahar ini, bisa buat tambahan referensi juga. Thx bgt sebelumnya…

    Terima kasih jugaiya mas, semoga bermanfaat ya

  21. Kalau Harun Yahya aku suka baca tuh versi Inggrisnya

  22. bambangpriantono said: Kalau Harun Yahya aku suka baca tuh versi Inggrisnya

    kalau saya dua2nya, kadang yang Inggris kadang yang Indonesia

  23. Ya..tapi entah aku lebih suka versi Inggrisnya

  24. bambangpriantono said: Ya..tapi entah aku lebih suka versi Inggrisnya

    mungkin faktor terjemahan yang kurang baik mas

  25. Itupun tergantung kebiasaan juga. Aku lebih terbiasa membaca buku2 dia dalam bahasa linggis daripada bahasa indonesia yang kadang terjemahannya suka rancu.Mendinglah daripada yang pake google translator..hahahakkk

  26. bambangpriantono said: Itupun tergantung kebiasaan juga. Aku lebih terbiasa membaca buku2 dia dalam bahasa linggis daripada bahasa indonesia yang kadang terjemahannya suka rancu.Mendinglah daripada yang pake google translator..hahahakkk

    segala sesuatu memang tergantung kebiasaan cak, kebetulan dompetnya dulu baru mampu beli yg bahasa Indonesia .. sebagian malah bacanya di toko buku .. :DGoogle translate sih sekedar bantu cari arti kata, kalau dipake terjemahan langsung bisa berabe 😀

  27. kopiradix said: segala sesuatu memang tergantung kebiasaan cak, kebetulan dompetnya dulu baru mampu beli yg bahasa Indonesia .. sebagian malah bacanya di toko buku .. :DGoogle translate sih sekedar bantu cari arti kata, kalau dipake terjemahan langsung bisa berabe 😀

    Aku gak beli bukunya, karena ada e-book yg gratis disitusnya, jadi aku sedot saja dan baca di lappie.

  28. bambangpriantono said: Aku gak beli bukunya, karena ada e-book yg gratis disitusnya, jadi aku sedot saja dan baca di lappie.

    sama dong, ada beberapa yang udah saya donlot juga .. dulu pernah beli satu yang impor berhubung waktu itu belum internet minded dan gak tahu ttg ebook

  29. bambangpriantono said: Dan sekali lagi memang gratis

    yup bener banget, kalau film2nya suka nonton cak?

  30. kopiradix said: yup bener banget, kalau film2nya suka nonton cak?

    Suka juga.. tapi malah x beli

  31. bambangpriantono said: Suka juga.. tapi malah x beli

    he he he, kan bisa donlot juga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klinik Quantum Touch Indonesia

Terapi Pengobatan Alternatif Quantum Touch

Pelita Dzatiyah

IQRA, Membuka Cakrawala Membangun Peradaban

Zen Flash

The journey of a 1000 miles begins with a single step

Love Books A Lot Indonesia

Read A Lot, Share A Lot.

Iyut Syfa

Your Coffeemate | A Little Wanderer

Yanuardi Syukur

Dimanapun Kamu Ditanam, Berkembanglah!

Bimosaurus

I'm My Own Enemy..

Firsty Chrysant

The Blue Chrysant Park ~ 파란 크리산 공원

Rek ayo Rek

Evia Koos

duaBadai

The alter ego of Disgiovery.com

E.L.O.K.46

Cogito Ergo Sum

faziazen

a Journal of MomPreneur

SR For SalmanRafan

cintai takdirmu~

Rumah Mbakje

mengeja kata membaca makna

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

misbakhuddinmuhammad

Just another WordPress.com site

lijiun

Smile Always

Inilah Dunia Mita

menikmati detik demi detik hidup nie, karena terlalu indah jika hidup nie terlewatkan begitu saja

Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Sarah's World

Come, sit down here, and please enjoy my treats.

F I T T O Reflexology

100% Pijat Keluarga Sehat TERPERCAYA

Terapi Yumeiho Original Jepang

Dahsyatnya Terapi Yumeiho Untuk Mengatasi Sakit Tulang Pinggul

INSPIRASI DANU

sebuah ruang untuk saling berbagi inspirasi dan motivasi

Nataya Rizani

Memberi itu Menambah Rezeki

santipanon

Flowers are yellow, some are orange, and others are vermillion, serenepeacefulcalm

Blog Tausiyah275

Mari Berlomba-lomba Bermanfaat Bagi Orang Lain :-)

Sofistika Carevy

Another Carevy Karya

Berbagi itu Indah

Kesehatan dan pendidikan untuk kaum dhuafa dan yatim piatu

Keluarga Kecil Zawawi

Luthfi - Cindy - Aisyah

~Cruising through my Life~

journey since 1989...

hujantanpapetir

"Menulis adalah proses mengonversi perjalanan menjadi pengalaman."

Blog Prita

Campuran kenangan, buah pikir, dan hari-hari

mybeautterfly

My metamorphosis in heading back to Allah...

The hary.j.mansur Blog

My Life Documentation

Me and My Life

a dreamer, writer wanna be, and general practitioner

DUST

LEARN IN THE DESERT

Febriyan Lukito

sharing, caring and enriching life

Pray for Nasywa

Blog dukungan untuk kesembuhan Nasywa

Arip Blog

Harimau berburu, burung terbang, dan protagonis kita ini terus menggerutu

Membaca Rindu

sebab menulis adalah kata kerja

waiting room

: dari senyap ruang tunggu, tempat aku menemukan-Mu

ANOTHER DAY

THE FICTION STORY

SAVING MY MEMORIES

another home of my mind

fluoresensi

Keinginan itu pasti terwujud, entah 1 tahun, 2 tahun hingga puluhan tahun kemudian. Bersabarlah #cumanmasalahwaktu

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Majelis Ta'lim Basaudan

Tempat belajar Ilmu Agama Islam & Bahasa Arab

dewidyazhary

a silly-couple yarn

%d blogger menyukai ini: