Menanggapi kasus Ahmadiyah dan aliran2 sesat lainnya (teman2 non Muslim dianjurkan membaca) ^_^

Co-pas dari MP Tetangga:

Diakui atau tidak, permasalahan aliran sesat (Lia Eden, Ahmad Moshadeq, Ahmadiyah dll) merupakan masalah yang seringkali mendapat tanggapan pro kontra dalam masyarakat.

Menurut hemat saya, menanggapi permasalahan aliran sesat yang meresahkan ini, perlu adanya “duduk bersama” antara umat Islam, non Islam dan pemerintah. Hal ini penting agar kita terjebak dalam dua kutub polaritas yang saling bertentangan. Ada yang pro mereka, dan ada yang anti mereka.

Sebelum kita masuk ke wilayah pro kontra, ada baiknya kita berpikir kritis juga dan mencari tahu, kenapa aliran-aliran itu meresahkan umat Islam. Sebuah aliran di dalam Islam dikatakan
sesat bila aliran tersebut menyimpang dari garis-garis pokok pondasi dasar agama Islam, bisa penyimpangan aqidah ketauhidan, penyimpangan fiqh, dan sebagainya. Tentunya, di dalam agama lain (Kristen, Katolik, dll juga demikian, bukan?).

Contoh penyimpangan aqidah ketauhidan adalah, bila aliran itu meyakini ada rasul ato nabi baru setelah Nabi Muhammad, tidak bertuhankan Allah, mempunyai kitab lain selain Al Quran, mengaku Tuhan, mengaku Nabi, dan lain sebagainya.

Contoh penyimpangan fiqh menurut saya adalah sholat dua bahasa ustadz Roy di Lawang, sholat jamaah beberapa tahun lalu di Amerika yang diimami perempuan, padahal makmumnya ada laki-lakinya.

Sikap kritis ini perlu kita kembangkan, baik Muslim dan non Muslim sebelum kita mengatakan pro atau kontra terhadap masalah ini. Satu hal yang perlu kita ingat adalah, kebebasan agama bukan berarti penodaan terhadap sebuah keyakinan. Ini yang saya sorot atas sikap beberapa pemimpin umat agama lain beberapa waktu lalu yang mengadakan
pembelaan terhadap aliran-aliran sesat dalam islam tersebut atas nama kebebasan beribadah.

Teman-teman non Muslim pun harus jujur bersikap bagaimana jika hal itu menimpa pada keyakinan Anda, seperti misalnya bagi teman-teman Kristiani ada segolongan aliran dalam Kristiani tidak meyakini Trinitas, padahal Trinitas adalah keyakinan mendasar Ketuhanan
dalam Kristiani (Correct Me If I Wrong).

Bila sudah ada kesepahaman dari Anda semua (Muslim maupun non Muslim), maka Anda akan paham kenapa umat Islam resah melihat keberadaan mereka.

Terakhir adalah bagaimana menyikapi permasalahan ini?
Kita semua pasti sepakat, cara-cara anarkis tidaklah dibenarkan di dalam mencari solusi dari permasalahan ini. Cara-cara sebagian organisasi Islam yang merusak aset dan menimbulkan sakit fisik para pengikut aliran sesat itu, dari segi manapun menurut saya tidaklah dibenarkan.

Satu pesan saya untuk teman-teman Muslim:
Bersabarlah, percayalah pada Allah dan pemerintah kita, dan jangan anarkis, karena dengan anarkis, misi umat menghapus aliran sesat malah akan gagal dan menjadi blunder bagi umat Islam.

Wallahu a’lam bisshawab

Sumber: http://anadhar.multiply.com/journal/item/127/Menanggapi_kasus_Ahmadiyah_dan_aliran2_sesat_lainnya_teman2_non_Muslim_dianjurkan_membaca…?replies_read=3

Iklan

Posted on April 24, 2008, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 17 Komentar.

  1. Semoga yg tersesat cepat mendapatkan hidayah.Amin.

  2. indahmasruroh said: Semoga yg tersesat cepat mendapatkan hidayah.Amin.

    Insya Alloh mbak, amin

  3. Kita do’ain juga,,semuga Alloh mengampuni orang yang sesat,dan kembali sadar,,amin

  4. solekha said: Kita do’ain juga,,semuga Alloh mengampuni orang yang sesat,dan kembali sadar,,amin

    Ya mbak, semoga Alloh mengampuni dan memberi hidayah pada mereka

  5. Aamiinnn….semoga Allah memberi hidayah…

  6. susahnya … eksistensi aliran sesat kadang dibela dengan alasan kebebasan beragama dan berkeyakinan … cappeee deh,

  7. lakumdinukumwaliyahdin.. (bener ga tulisannya? kalu salah koreksi ya) sebener saya tak mo ribet peduli sama aliran2 agama yang menjamur belakangan ini.. hak asasi kita kalu kita mau beragama apapun juga.. saya sebagai muslim, setidaknya saya melakukan ajaran agama yang sebener2nya dari orangtua, dari rukun islam dan rukun imam yang saya anut.. ga peduli deh orang lain mo bikin aliran muslim yang “melenceng” seperti belakangan ini, itu kan urusan mereka sama tuhan mereka nanti.. setidaknya kalu adik saya yang kena kejadian seperti itu, ya tinggal saya bilang kalu itu sesat menurut yang saya anut, kalu dia tidak terima ya susah silahkan, tanggung jawab dia sendiri kan? hak dia melakukan ajaran menurut dia benar.. toh nanti di akhirat mana yang bener dan salah kita tahu sendiri.. jadi saya suka bingung melihat orang ribut2 protes sana sini, padahal diri sendiri tidak melakoni “seperti muslim yang baik”.. tidak mencontoh gitu..

  8. Itu di satu sisi; ada orang-orang yang memang gak faham (masyarakat awam), bahwa ada Islam yang sesat dan harus ditumpas. Bukankah saat Rasulullah masih hidup, aliran sesat juga diperangi. Tapi, jangan lupa teman.., disisi lain; ada sekelompok orang/atau organisasi yang memang sengaja menciptakan aliran Islam sesat / memanfaatkan aliran sesat yang sudah ada, untuk meraup keuntungan, untuk menyebar fitnah pada Islam, untuk menggerogoti Islam dari dalam. Mereka tahu mana ‘Islam yang benar’, tapi kesombongan telah membuat mereka ‘membangkang’. Apakah orang-orang sepert ini perlu di ‘dudukkan’ bersama?. Saya kira itu cuma buang-buang waktu.

  9. Mba Titin yang baik, maaf ya..saya mau menanggapi. Lakum diinukum waliyadiin (QS. Al-Kafirun: 6) itu ditujukan untuk non muslim (kristen, hindu, budha, dll). Ayat itu turun, ketika Rasulullah, di datangi kafir Quraisy yang bermaksud melakukan negosiasi masalah penyembahan. Kafir Quraisy beberapa kali menawarkan jabatan, kekayaan yang berlimpah agar Rasulullah menghentikan dakwahnya, tapi berkali-kali itu juga Rasulullah menolak. Lalu, mereka pun menawarkan; pergantian persembahan, yaitu kadang Rasulullah menyembah tuhan mereka dan terkadang mereka menyembah Tuhan Muhammad. Maka turunlah ayat itu.Dalam kasus ini, ayat itu tidak bisa digunakan; karena ini aliran kepercayaan yang masih menggunakan ‘label Islam’. Disebut aliran sesat, karena ada satu atau beberapa ajarannya yang menyimpang dari pokok ajaran Islam. Maka tugas lembaga berwenang lah yang memutuskan, suatu aliran itu sesat atau tidak (contoh : MUI, bukan Komnasham). Kenapa aliran sesat harus di tumpas?, karena aliran sesat menodai Islam, menodai ajaran yang sudah disempurnakan oleh Allah, Tuhan kita.Terimakasih. Wallahu’alam.

  10. @ mbak Lena, sama mbak, kita semua sebetulnya udah cape, tapi gimana, apa boleh buat@mbak Aisyah, terima kasih tambahannya, kalo enggak keberatan, saya pingin pakai buat bahan posting baru@mbak Tintin, Insya Alloh kita semua termasuk muslim yang baik, namun kalau tidak peduli, maka kebaikan kita sebagai muslim bisa berkurang.tambahan, bisa dilihat di sinihttp://kopiradix.multiply.com/journal/item/9/Pengalaman_dengan_Aliran_Sesathttp://kopiradix.multiply.com/journal/item/10/Kategori_Aliran_Sesat

  11. kopiradix said: @mbak Aisyah, terima kasih tambahannya, kalo enggak keberatan, saya pingin pakai buat bahan posting baru

    Waaahhh..gak papa mas nahar. Saya juga rencananya mau bikin tulisan tentang itu. Habis gemes banget sama aliran sesat. Nah, rencana ini saya serahkan ke mas nahar aja:D. Saya bantuin kasih referensi deh. Referensi berkualitas, valid:D. Insya Allah.

  12. aisyahmuchtar said: Waaahhh..gak papa mas nahar. Saya juga rencananya mau bikin tulisan tentang itu. Habis gemes banget sama aliran sesat. Nah, rencana ini saya serahkan ke mas nahar aja:D. Saya bantuin kasih referensi deh. Referensi berkualitas, valid:D. Insya Allah.

    Justru saya mbak yang berterima kasih, insya Alloh saya posting deh

  13. memang secara aqidah islam, berfaham sesudah Nabi Muhammad SAW, ada nabi lagi atau mengakui ada nabi baru seperti Ahmadiyyah adalah dengan sendirinya sudah keluar dari Islam. Sudah keluar dengan sendirinya. Karena Al-Qur’an sebagai sumber ajaran islam mengatakan bahwa Muhammad adalah khotamun nabiyyin = penutup para nabi. Nabi Muhammad SAW sendiri bersabda..” ..la nabiyya ba’da = tak ada nabi lagi sesudah ku”. Makanya disarankan agar membentuk agama baru saja.Tapi kalau sadar akan kekeliruannya ya gapapa taubat kembali pada Islam. Gitu aja sih. aku juga gak setuju anarkis. Wong orang ahmadiyah juga manusia ciptaan Alloh. Secara pendidikan ya agar di umat Islam

  14. herbudiarto said: memang secara aqidah islam, berfaham sesudah Nabi Muhammad SAW, ada nabi lagi atau mengakui ada nabi baru seperti Ahmadiyyah adalah dengan sendirinya sudah keluar dari Islam. Sudah keluar dengan sendirinya. Karena Al-Qur’an sebagai sumber ajaran islam mengatakan bahwa Muhammad adalah khotamun nabiyyin = penutup para nabi. Nabi Muhammad SAW sendiri bersabda..” ..la nabiyya ba’da = tak ada nabi lagi sesudah ku”. Makanya disarankan agar membentuk agama baru saja.Tapi kalau sadar akan kekeliruannya ya gapapa taubat kembali pada Islam. Gitu aja sih. aku juga gak setuju anarkis. Wong orang ahmadiyah juga manusia ciptaan Alloh. Secara pendidikan ya agar di umat Islam

    Betul pak, anarkisme memang dilarang dalam Islam. Namun, mereka juga harus tahu diri dan tidak terus-menerus memprovokasi ummat Islam. Kalau bikin agama baru, kayaknya mereka takut gak laku deh, he he he

  15. Kalo dengan Syiah gimana mas??

  16. ucupadi said: Kalo dengan Syiah gimana mas??

    Setahu saya, Syiah ada hubungannya dengan tokoh kaum munafik yang bernama Abdullah bin Saba’. Dia mengangungkan Ali Bin Abi Thalib dan mencela para shahabat yang lain. Syiah bisa jadi antitesis dari Kaum Khawarij, orang-orang yang sangat anti terhadap Ali Bin Abi Thalib. Akar aqidah kaum Syiah berakar jauh di Dinasti Sasanid Persia. Lebih lengkapnya mas Ucup bisa baca buku2 terbitan LPPI (Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Islam) tulisan Ustadz Amin Djamaluddin dan Hartono Ahmad Jaiz. Walaupun demikian, kita tetap bisa meneladani kesederhanaan dan keberanian Presiden Iran Mr. Mahmoud Ahmadinejad tanpa harus menjadi Syiah.

  17. Wah antum nggak ngerti syi’ah sebaiknya tidak usah mengomentari syi’ah. Jika ingin tahu yang anti syiah baca http://www.hakekat.com yang penuh kebohongan. Kebohongannya diungkap di http://satriasyiah.wordpress.com. Setelah baca keduanya antum bolehlah berkomentar tentang syi’ah.wass. wr. wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klinik Quantum Touch Indonesia

Terapi Pengobatan Alternatif Quantum Touch

Pelita Dzatiyah

IQRA, Membuka Cakrawala Membangun Peradaban

Zen Flash

The journey of a 1000 miles begins with a single step

Love Books A Lot Indonesia

Read A Lot, Share A Lot.

Iyut Syfa

Your Coffeemate

Yanuardi Syukur

Dimanapun Kamu Ditanam, Berkembanglah!

Bimosaurus

I'm My Own Enemy..

Firsty Chrysant

The Blue Chrysant Park ~ 파란 크리산 공원

Rek ayo Rek

Evia Koos

duaBadai

The alter ego of Disgiovery.com

E.L.O.K.46

Cogito Ergo Sum

faziazen

a Journal of MomPreneur

SR For SalmanRafan

cintai takdirmu~

Rumah Mbakje

mengeja kata membaca makna

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

misbakhuddinmuhammad

Just another WordPress.com site

lijiun

Smile Always

Inilah Dunia Mita

menikmati detik demi detik hidup nie, karena terlalu indah jika hidup nie terlewatkan begitu saja

Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Sarah's World

Come, sit down here, and please enjoy my treats.

F I T T O Reflexology

100% Pijat Keluarga Sehat TERPERCAYA

Terapi Yumeiho Original Jepang

Dahsyatnya Terapi Yumeiho Untuk Mengatasi Sakit Tulang Pinggul

INSPIRASI DANU

sebuah ruang untuk saling berbagi inspirasi dan motivasi

Nataya Rizani

Memberi itu Menambah Rezeki

santipanon

Flowers are yellow, some are orange, and others are vermillion, serenepeacefulcalm

Blog Tausiyah275

Mari Berlomba-lomba Bermanfaat Bagi Orang Lain :-)

Sofistika Carevy

Another Carevy Karya

Berbagi itu Indah

Kesehatan dan pendidikan untuk kaum dhuafa dan yatim piatu

Keluarga Kecil Zawawi

Luthfi - Cindy - Aisyah

~Cruising through my Life~

journey since 1989...

hujantanpapetir

"Menulis adalah proses mengonversi perjalanan menjadi pengalaman."

Blog Prita

Campuran kenangan, buah pikir, dan hari-hari

mybeautterfly

My metamorphosis in heading back to Allah...

The hary.j.mansur Blog

My Life Documentation

Me and My Life

a dreamer, writer wanna be, and general practitioner

DUST

LEARN IN THE DESERT

Febriyan Lukito

sharing, caring and enriching life

Pray for Nasywa

Blog dukungan untuk kesembuhan Nasywa

Arip Blog

Harimau pergi berburu, burung harus terbang, dan protagonis kita ini terus menggerutu

waiting room

: dari senyap ruang tunggu, tempat aku menemukan-Mu

ANOTHER DAY

THE FICTION STORY

SAVING MY MEMORIES

another home of my mind

fluoresensi

Keinginan itu pasti terwujud, entah 1 tahun, 2 tahun hingga puluhan tahun kemudian. Bersabarlah #cumanmasalahwaktu

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Majelis Ta'lim Basaudan

Tempat belajar Ilmu Agama Islam & Bahasa Arab

dewidyazhary

a silly-couple yarn

%d blogger menyukai ini: