[TRANSKRIP] Mengubah Nasib

“Sometimes I would come back from a run, and my artificial leg would have a puddle of blood from my stump. I wouldn’t go to sick bay. In that year, if I had gone to sick bay, they would have written me up. I didn’t go to sick bay. I’d go somewhere and hide and soak my leg in a bucket of hot water with salt in it–an old remedy. Then I’d get up the next morning and run.” – Carl Brashear

Banyak orang ingin mengubah nasib. Selama ini bekerja karyawan, naik bis berdesakan, berangkat pagi2 sekali untuk berangkat kerja begitu setiap hari. mereka berubah, ingin punya kendaraan sendiri, minimal sepeda motor.

Kalau seseorang ingin mengubah nasibnya, maka dia harus mengadakan perubahan pada tindakan. Salah satu cara mulai punya usaha sendiri, gak punya modal, 10 juta siapa yang mau ngasih?? ada beberapa jenis usaha tidak perlu modal besar 100 sampai 500 ribu, jualan asuransi atau MLM atau jualan kecil-kecilan. Namun, tentu saja setelah ikut, yang bersangkutan harus bekerja kerja keras. Banyak yang bilang tidak cocok tidak bakat dll. Kalau begitu, anda cocok dengan pekerjaan sehari-hari dengan naik bis dari jam 8 sampai jam 5 sore, ubah tindakan sudah jinak, hanya ingin yang biasa dia lakukan walaupun ujungnya tidak nyaman

Namun, orang-orang yang berani “take action” atau mengambil tindakan berpotensi menjadi orang-orang yang liar, liar yang baik tentu saja.

Analoginya, di sebuah mobil ada dua sumber listrik yaitu aki dan dinamo. Siaran radio, program televisi, motivator, buku-buku motivasi, teroris adalah aki.

Untuk menghidupkan mesin mobil, perlu sumber energi dari aki. Namun, setelah mesin hidup, tugas aki selesai dan diteruskan oleh dinamo untuk menyimpan energi. Kalaupun anda sudah termotivasi, sumber energi utama diri anda berasal dari diri anda sendiri. jadilah dinamo untuk diri anda sendiri, jangan tergantung pada aki.

Jadi, jangan berharap bahwa begitu anda selesai mendengarkan siaran radio, mendengarkan motivator, membaca buku motivasi dsb, anda akan termotivasi dan bersemangat. Bila anda hanya bersemangat dan termotivasi saat mendengarkan hal-hal tersebut, Anda telah meletakkan tanggung jawab memberi semangat dan motivasi diri pada orang lain.

Jangan sampai anda harus tergantung motivator dll. Andalah yang harus menjadi sumber energi utma diri anda sendiri.

Mungkin ada yang bertanya, kita sebagai manusia tentu saja tidak akan bisa lepas dari godaan syetan. Walaupun derajat kita jauh dari nabi, kalau kita tahu godaan syetan, bisa kita tolak. Kalau buruk, apsti kerjaan setan walaupun hasilnya enak, contoh korupsi, zina dll. Makin lama godaan setan makin kreatif. kalau ktia tidak bisa kreatif dalam melayani kreatifitas setan, maka kita bisa jadi setan. Analoginya begini, polisi menemukan ilmu maling, maling menemukan ilmu baru. Polisi perlu belajar ilmu maling bukan tuk jadi maling tetapi agar tidak kecolongan. dunia kejahatan terus berkembang, kita harus belajar agar tidak kecolongan.

Joki yang jadi juara adalah joki yang mengenali kudanya. Orang yang sukses adalah orang yang mengenali dirinya sendiri, apa potensinya apa kelemahannya dan mampu mengenalikan dirinya berharap kebaikan godaan syetan utk boruk, kita bisa lawan itu. seseroang yang mampu lawan HN itulah orang yang akan asukses dalam hdiup. Seringkali Hawa Nafsu mengalahkan segalanya, saat berhadapan dengan orang yang menyebalkan, kita langsung marah padahal dia cuma nge-test.

Kemampuan manusia tidak statis seperti mur dengan baut. Kemampuan manusia lebih mriip karet gelang, yang bisa trus meregang. tentu saja aapbila karet gelang ditarik dengan cepat, maka dia putus. Tetapi jika ditarik sedikit demi sdikit bisa bertambah. Anda bisa berubah, jangan mau dicap sebagai melankolis dll. Kita bisa berubah dan bertumbuh, bisa berkembang. Jangan sampai anda mau dipenjara/terpenjara oleh macam-macam cap, seperti melankolis, sanguin, kinestetik dll.

Dalam hidup, ada aturan-aturan yang harus kita patuhi tetapi ada juga yang harus kita “langgar”. Contohnya ada dalam sebuah film bagus, berjudul Men of Honor.

Men of Honor bercerita tentang seorang berkulit hitam yang bercita-cita jadi penyelam di AL AS. Sejak kecil, dia hanya tahu bahwa dia besar utk jadi penyelam, padahal ketika itu, rasisme masih sangat kental di dalam AL AS. Dalam AL AS, utk orang kulit hitam hanya ada 3 profesi, tukang parkir, tukang masak, atau dipecat.

Dia menunjukkan bahwa dia memiliki kemampuan berenang yang lebih tinggi dibandingkan teman-temannya yang berkulit putih. Aturan yang ada “orang kulit hitam tidak boleh jadi penyelam” pelan-pelan berubah. Dia terima hukumannya, yaitu penjara. Namun, akhirnya, dia diminta menjadi penyelam di AL AS. Sebelum meninggal dunia, dia sudah menjadi penyelam utama di AL AS.

Banyak orang yang bekerja di tempat yang tidak sesuai dengan dirinya termasuk hati nuraninya. Mereka takut apabila dipecat, mereka tidak akan mendapat nafkah untuk keluarganya. Padahal, dipecat tidak buat kita mati, banyak bidang lain yang bisa dipakai untuk membuat prestasi. Jangan sampai kita menjadi manusia “Jinak” yaitu manusia yang sudah melepaskan taggung jawab pribadi pada orang lain. Tanggung jawab tersebut antara lain, pengembangan diri, kesempatan menambah energi kebaikan atau energi positif dalam bentuk amal sholeh dan lain sebagainya. Mari kita ambil kembali tanggung jawab pribadi itu dan jangan sampai kita menjadi manusia yang terlalu “Jinak”.

Semoga bermanfaat

Acara The Power of Life adalah hasil kerjasama Radio Trijaya 104,6 FM dengan Institut Kemandirian, suatu lembaga jejaring Dompet Dhuafa Republika yang mengajarkan ketrampilan Wirausaha dan Teknis secara gratis. Alamat Institut Kemandirian: Kompleks PT Panasonic/Yayasan Matsushita Gobel, Gedung Techno School Lt. 3, Jl. Raya Bogor, Km 29, Jakarta Timur. Telp: 021-88710408, 91261823

Iklan

Posted on Agustus 25, 2008, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. menarik sekali tulisannya pak, tapi tidak cukup hanya sebatas termotivasi yah…:)TFS

  2. bundaafkar said: menarik sekali tulisannya pak, tapi tidak cukup hanya sebatas termotivasi yah…:)TFS

    Sebenarnya ini bukan asli tulisan saya bunda, he he he, ini transkrip kuliah subuh. Motivasi dari luar ibarat aki untuk men-start mobil/kendaraan. sesudah itu itu, kita harus terus bisa memotivasi diri sendiri. TFR ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klinik Quantum Touch Indonesia

Terapi Pengobatan Alternatif Quantum Touch

Pelita Dzatiyah

IQRA, Membuka Cakrawala Membangun Peradaban

Zen Flash

The journey of a 1000 miles begins with a single step

Love Books A Lot Indonesia

Read A Lot, Share A Lot.

Iyut Syfa

Your Coffeemate | A Little Wanderer

Yanuardi Syukur

Dimanapun Kamu Ditanam, Berkembanglah!

Bimosaurus

I'm My Own Enemy..

Firsty Chrysant

The Blue Chrysant Park ~ 파란 크리산 공원

Rek ayo Rek

Evia Koos

duaBadai

The alter ego of Disgiovery.com

E.L.O.K.46

Cogito Ergo Sum

faziazen

a Journal of MomPreneur

SR For SalmanRafan

cintai takdirmu~

Rumah Mbakje

mengeja kata membaca makna

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

misbakhuddinmuhammad

Just another WordPress.com site

lijiun

Smile Always

Inilah Dunia Mita

menikmati detik demi detik hidup nie, karena terlalu indah jika hidup nie terlewatkan begitu saja

Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Sarah's World

Come, sit down here, and please enjoy my treats.

F I T T O Reflexology

100% Pijat Keluarga Sehat TERPERCAYA

Terapi Yumeiho Original Jepang

Dahsyatnya Terapi Yumeiho Untuk Mengatasi Sakit Tulang Pinggul

INSPIRASI DANU

sebuah ruang untuk saling berbagi inspirasi dan motivasi

Nataya Rizani

Memberi itu Menambah Rezeki

santipanon

Flowers are yellow, some are orange, and others are vermillion, serenepeacefulcalm

Blog Tausiyah275

Mari Berlomba-lomba Bermanfaat Bagi Orang Lain :-)

Sofistika Carevy

Another Carevy Karya

Berbagi itu Indah

Kesehatan dan pendidikan untuk kaum dhuafa dan yatim piatu

Keluarga Kecil Zawawi

Luthfi - Cindy - Aisyah

~Cruising through my Life~

journey since 1989...

hujantanpapetir

"Menulis adalah proses mengonversi perjalanan menjadi pengalaman."

Blog Prita

Campuran kenangan, buah pikir, dan hari-hari

mybeautterfly

My metamorphosis in heading back to Allah...

The hary.j.mansur Blog

My Life Documentation

Me and My Life

a dreamer, writer wanna be, and general practitioner

DUST

LEARN IN THE DESERT

Febriyan Lukito

sharing, caring and enriching life

Pray for Nasywa

Blog dukungan untuk kesembuhan Nasywa

Arip Yeuh!

Harimau berburu, burung terbang, dan protagonis kita ini terus menggerutu

Membaca Rindu

sebab menulis adalah kata kerja

waiting room

: dari senyap ruang tunggu, tempat aku menemukan-Mu

ANOTHER DAY

THE FICTION STORY

SAVING MY MEMORIES

another home of my mind

fluoresensi

Keinginan itu pasti terwujud, entah 1 tahun, 2 tahun hingga puluhan tahun kemudian. Bersabarlah #cumanmasalahwaktu

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Majelis Ta'lim Basaudan

Tempat belajar Ilmu Agama Islam & Bahasa Arab

dewidyazhary

a silly-couple yarn

%d blogger menyukai ini: