Kebingungan dan kesedihan jelang 2009, ikutan gak ya?


Gambar dari sini

Berikan Pijar Matahari.mp3 – Iwan FalsTerhimpit gelak tertawa
Diselah meriah pesta
Seribu gembel ikut menari
Seribu gembel terus bernyanyi

Keras melebihi lagu tuk berdansa
Keras melebihi gelegar halilintar
Yang ganas menyambar

Kuyakin pasti terlihat
Dansa mereka begitu dekat
Kuyakin pasti terdengar
Nyanyi mereka yang hingar bingar

Seolah kita tidak mau mengerti
Seolah kita tidak mau perduli
Pura buta dan pura tuli

Mari kita hentikan
Dansa mereka
Dengan memberi pijar matahari
Dengan memberi pijar matahari

Terkurung gedung gedung tinggi
Wajah murung yang hampir mati
Biarkan mereka iri
Wajar bila mencaci maki

Napas terasa sesak bagai terkena asma
Nampak merangkak degup jantung keras berdetak
Setiap detik sepertinya hitam

Tak sanggup aku melihat
Lukamu kawan dicumbu lalat
Tak kuat aku mendengar
Jeritmu kawan melebihi dentum meriam

Sekarang pasti lagi banyak yang bingung, tahun depan bulan April nyoblos/nyontreng gak ya?

ada yang bilang Golput haram ada yang bilang Demokrasi haram 😦

nah, tulisan ini sih gak ingin bahas masalah halal-haramnya golput, saya bukan pakarnya πŸ˜€

pada posting sebelum tulisan ini, yang berisi transkrip acara Mutiara Pagi – The Power of life, ada ringkasan kisah nabi SAW.

Nabi melangkah dengan sabar sehingga beliau dijuluki Al Amin (orang yang benar-benar bisa dipercaya) oleh penduduk Makkah pada waktu itu. suatu akar yang sangat kuat dan dalam. Sehingga pada saat beliau melakukan lompatan besar, yaitu memulai dakwah kepada kaum kafir Quraisy secara terang-terangan, beliau sudah siap dengan tantangan yang akan diterima.

Tingginya angka Golput bisa jadi merupakan indikasi bahwa partai-partai yang ada sekarang di republik tercinta ini tidak mengakar kuat di masyarakat. Mereka bisa jadi tidak cukup memberikan setoran rekening bank emosional (istilahnya Steven Covey dalam the 7 Habits of Highly Effective People) kepada masyarakat yang akan memilih mereka.

Masyarakat kita sudah seperti tanah yang keras, yang sudah tidak lagi bisa menyerap air. Hati mereka sudah terlalu sakit dengan permainan politik yang tidak mereka mengerti namun dapat mereka rasakan akibatnya. Kemiskinan, kebodohan, penyakit dan sebagainya merajalela di berbagai tempat di negeri ini. Bahkan di tempat-tempat yang tidak jauh dari Ibu Kota seperti desa Jagabita, Parung Panjang.

Kerasnya hati tersebut pada gilirannya membuat mereka mencari pelarian sesaat seperti rokok dan sebagainya. Sehingga jadi mangsa empuk penebar money politic.

Memberi perhatian pada masyarakat menjelang pemilu saja sebenarnya sama dengan menyapu kotoran ke bawah karpet. Persoalan yang sehari-hari dihadapi rakyat seperti tingginya harga bahan pokok, pengobatan yang terjangkau dan sebagainya tidak juga terselesaikan.

Lingkaran setan yang akut sudah terbentuk dan akan semakin bertambah parah.

Masyarakat kita, apalagi yang tidak berpendidikan, banyak yang terjebak pada sikap mengasihani diri sendiri. Siapa aja yang ngasih duit paling banyak, itulah yang dipilih. Jadi pertimbangan memilih berdasarkan pemberian hal-hal yang bersifat material semata 😦

Coba bayangkan, apabila satu orang dikasih 50 ribu dan yang ikut kampanye dari suatu daerah ada 1000 orang, terus partai atau calon tersebut musti keluarin duit berapa? 50 ribu x 1000 = 50 juta! Itu baru dari satu daerah, belum lagi daerah-daerah lain. Terus, mengembalikan modalnya darimana, kalo bukan dari korupsi? Pengusaha kaya atau Leader MLM juga tidak punya uang sebanyak itu, apalagi partai politik yang merupakan non-profit organization (organisasi yang tidak mencari keuntungan). Saya dalam hal ini tidak memihak pada calon atau partai manapun, tapi kalo begini kapan korupsi bisa hilang dari negeri tercinta ini. Lalu, siapa yang sesungguhnya menciptakan koruptor? Siapa yang sesungguhnya melanggengkan korupsi di negeri ini?

(pengalaman pilkada 2007, ceritanya bisa dibaca di tulisan yang ini)

Sebenarnya bukan cuma masalah golput yang perlu simpanan rekening emosional. Kalau kita nonton infotainment, isu paling mendominasi adalah nikah cerai para artis. Padahal terkadang mereka pacaran sedemikian heboh dan lengketnya. Namun sayang pernikahan mereka seringkali tidak bertahan lama. Jadi selama pacaran ngapain aja???

maka, jangan pernah berharap melakukan lompatan besar (misal: menang pemilu 2009) bila tidak merakyat (mengakar pada rakyat) dengan kuat, kalau tidak mau “nyungsep” alias gagal total dalam jangka panjang.

Mungkin kita harus menunggu lebih lama lagi sampai kita bisa mendapati orang-orang yang bersedia dengan tulus mengukur tingkat kematangan karakter dan kompetensi mereka sebelum berkata:

PILIHLAH AKU

Semoga bermafaat dan mohon maaf bila ada yang tidak berkenan

Iklan

Posted on Desember 17, 2008, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 17 Komentar.

  1. tanah keras butuh disirami terus biar jadi lunak, gembur, agar bisa ditanami kembali dan menghasilkan sesuatu…..apa 2009 ada yg bisa melakukan hal semacam ini ? well see…;)

  2. spinsquad said: tanah keras butuh disirami terus biar jadi lunak, gembur, agar bisa ditanami kembali dan menghasilkan sesuatu…..apa 2009 ada yg bisa melakukan hal semacam ini ? well see…;)

    seharusnya menggemburkan tanahnya dari dulu mas, gak bisa hanya 5 tahun sekali. sekarang memang sudah terlambat :(kalaupun dari tahun 2004 udah dimulai, hasilnya juga kurang signifikan sepertinya

  3. hmmmmmm…..ngikutin kata hati ajah….puyengggggg kebanyakan janji….

  4. kopiradix said: seharusnya menggemburkan tanahnya dari dulu mas, gak bisa hanya 5 tahun sekali. sekarang memang sudah terlambat :(kalaupun dari tahun 2004 udah dimulai, hasilnya juga kurang signifikan sepertinya

    emang siy kalo’ gw liat-liat ditengah ‘kesibukan2x’ akibat pilkada, pilkot dan pil-pil lainnya apa masiy sempet ya ngurusi masyarakatnya sendiri….

  5. meanwhile gw mending support badan amal model DD atawa RZI gitu deh….padahal kalo’ ada partai mau deket sama masyarakatnya ya layanin aja masyarakat dgn sebaik-baiknya di semua lini kehidupan dalam program yg terus berjalan (maksudnya bukan program insidentil deket-deket pemilu)…gw yakin gak usah repot-repot buang uang buat stiker, poster, baliho, spanduk atau tetek bengek lainnya, pasti bakalan menang pemilu….;)

  6. spinsquad said: meanwhile gw mending support badan amal model DD atawa RZI gitu deh….padahal kalo’ ada partai mau deket sama masyarakatnya ya layanin aja masyarakat dgn sebaik-baiknya di semua lini kehidupan dalam program yg terus berjalan (maksudnya bukan program insidentil deket-deket pemilu)…gw yakin gak usah repot-repot buang uang buat stiker, poster, baliho, spanduk atau tetek bengek lainnya, pasti bakalan menang pemilu….;)

    Iya sih, gw juga mikir gitu. sekarang jadinya gabung di relawan pelangi http://pelangiers.multiply.com/yang bikin ngenes waktu pilkada 2007 kemarin ya itu, banyak uang dipakai utk buat stiker, poster, kaos dll. itu juga yang dicari masyarakat *he he he, jadi ikutan pakai kata gw

  7. itsmearni said: hmmmmmm…..ngikutin kata hati ajah….puyengggggg kebanyakan janji….

    Alhamdulillah, semoga kita semua diberi petunjuk ke jalan yang benar

  8. Istikhoroh…asal jangan sampe golput…Sayang kan kalo sampe suara kita sebagai WONG CILIK dimanfaatin ama WONG LICIK…TFS ya, Mas… πŸ™‚

  9. lulubasmah said: Istikhoroh…asal jangan sampe golput…Sayang kan kalo sampe suara kita sebagai WONG CILIK dimanfaatin ama WONG LICIK…TFS ya, Mas… πŸ™‚

    Sama-sama mbak, Insya Alloh berusaha deh utk Istikhoroh, lagipula gak tahu nih di kelurahan tercantum atau enggak namanyaTFR ya

  10. Mas Nahar, kemarin saya sms ke salah satu pengurus MUI pusat tentang golput beliau menjawab (memang fatwa belum keluar): “Golput adalah juga pilihan yang sah, karena tidak percaya pada partai2 yg ada dalam upaya mrk memperjuangkan Islam, yang wajib adalah berda’wah, amar ma’ruf nahyi munkar baik pada rakyat maupun kepada penguasa. Memperjuangkan Islam tidak harus lewat parlemen”. Ini pilihan-pilihan yang harus dihormati tentu, yang tidak boleh memaksakan kehendak agar orang memilih itu dan ini.

  11. ishacovic said: Mas Nahar, kemarin saya sms ke salah satu pengurus MUI pusat tentang golput beliau menjawab (memang fatwa belum keluar): “Golput adalah juga pilihan yang sah, karena tidak percaya pada partai2 yg ada dalam upaya mrk memperjuangkan Islam, yang wajib adalah berda’wah, amar ma’ruf nahyi munkar baik pada rakyat maupun kepada penguasa. Memperjuangkan Islam tidak harus lewat parlemen”. Ini pilihan-pilihan yang harus dihormati tentu, yang tidak boleh memaksakan kehendak agar orang memilih itu dan ini.

    Terima kasih pak atas masukannya, sebenarnya posting ini hanya keprihatinan saja atas keadaan masyarakat kita :(semoga antar para pejuang islam tidak saling menyalahkan ijtihad atau cara masing2 pihak

  12. sip, menulis blog juga bisa jadi sarana berjuang kok…

  13. ishacovic said: sip, menulis blog juga bisa jadi sarana berjuang kok…

    terima kasih dukungannya semoga makin semangat nge-blog, he he he

  14. kalau sikap saya sudah jelas πŸ™‚

  15. politik lagi? janji busuk lagi? cape deeeee…….keep nge-blog om juragan kopiradix……saya milih ente ajah…hehehehe…

  16. thetrueideas said: kalau sikap saya sudah jelas πŸ™‚

    Alhamdulillah, mas Syamsul sudah bisa bernafas lega, gak kaya saya masih bingung

  17. punyairul said: politik lagi? janji busuk lagi? cape deeeee…….keep nge-blog om juragan kopiradix……saya milih ente ajah…hehehehe…

    sama mas, saya juga cape, he he he. terima kasih dukungannya, doanya sekalian ya πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klinik Quantum Touch Indonesia

Terapi Pengobatan Alternatif Quantum Touch

Pelita Dzatiyah

IQRA, Membuka Cakrawala Membangun Peradaban

Zen Flash

The journey of a 1000 miles begins with a single step

Love Books A Lot Indonesia

Read A Lot, Share A Lot.

Iyut Syfa

Your Coffeemate

Yanuardi Syukur

Dimanapun Kamu Ditanam, Berkembanglah!

Bimosaurus

I'm My Own Enemy..

Firsty Chrysant

The Blue Chrysant Park ~ νŒŒλž€ 크리산 곡원

Rek ayo Rek

Evia Koos

duaBadai

The alter ego of Disgiovery.com

E.L.O.K.46

Cogito Ergo Sum

faziazen

a Journal of MomPreneur

SR For SalmanRafan

cintai takdirmu~

Rumah Mbakje

mengeja kata membaca makna

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

misbakhuddinmuhammad

Just another WordPress.com site

lijiun

Smile Always

Inilah Dunia Mita

menikmati detik demi detik hidup nie, karena terlalu indah jika hidup nie terlewatkan begitu saja

Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Sarah's World

Come, sit down here, and please enjoy my treats.

F I T T O Reflexology

100% Pijat Keluarga Sehat TERPERCAYA

Terapi Yumeiho Original Jepang

Dahsyatnya Terapi Yumeiho Untuk Mengatasi Sakit Tulang Pinggul

INSPIRASI DANU

sebuah ruang untuk saling berbagi inspirasi dan motivasi

Nataya Rizani

Memberi itu Menambah Rezeki

santipanon

Flowers are yellow, some are orange, and others are vermillion, serenepeacefulcalm

Blog Tausiyah275

Mari Berlomba-lomba Bermanfaat Bagi Orang Lain :-)

Sofistika Carevy

Another Carevy Karya

Berbagi itu Indah

Kesehatan dan pendidikan untuk kaum dhuafa dan yatim piatu

Keluarga Kecil Zawawi

Luthfi - Cindy - Aisyah

~Cruising through my Life~

journey since 1989...

hujantanpapetir

"Menulis adalah proses mengonversi perjalanan menjadi pengalaman."

Blog Prita

Campuran kenangan, buah pikir, dan hari-hari

mybeautterfly

My metamorphosis in heading back to Allah...

The hary.j.mansur Blog

My Life Documentation

Me and My Life

a dreamer, writer wanna be, and general practitioner

DUST

LEARN IN THE DESERT

Febriyan Lukito

sharing, caring and enriching life

Pray for Nasywa

Blog dukungan untuk kesembuhan Nasywa

Arip Blog

Harimau pergi berburu, burung harus terbang, dan protagonis kita ini terus menggerutu

waiting room

: dari senyap ruang tunggu, tempat aku menemukan-Mu

ANOTHER DAY

THE FICTION STORY

SAVING MY MEMORIES

another home of my mind

fluoresensi

Keinginan itu pasti terwujud, entah 1 tahun, 2 tahun hingga puluhan tahun kemudian. Bersabarlah #cumanmasalahwaktu

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Majelis Ta'lim Basaudan

Tempat belajar Ilmu Agama Islam & Bahasa Arab

dewidyazhary

a silly-couple yarn

%d blogger menyukai ini: