[TRANSKRIP] Menyongsong perubahan

Menyongsong perubahan

Narasumber: Bapak Hikmawan Abdul Hasan

Dunia selalu berubah, dan sekarang ini kita sedang menyongsong suatu perubahan yang besar

tahun hiriah, hirjah perubahan tempat sistem diri kualitas hidup momentum perubahan diri

Apabila kita ingin masuk ke dunia yang kompetitif, seperti bisnis, bukan cuma kemauan yang diperlukan. banyak orang yang mau sukses tetapi tidak bisa bertahan selama proses menuju sukses itu berlangsung.

Kemauan ini harus ditingkatkan menjadi tekad. Tekad bulat yang membaja itu disebut determination, suatu keadaan kritis dimana apabila kita tidak mendapatkan tujuan itu, kita akan mengalami kesengsaraan yang sangat luar biasa besar.

sangat penting ketika dalam kondisi kritis menghadapi perubahan2 yang belum cukup kita ketahui ilmunya. bhs arabnya AZZAM

tekad bulat baru setelah itu tawakal

tawakal bentuk konkrit dari azzam, atau tekad bulat yang sangat kuat

1. sebelum melakukan tindakan, perlu ada setting yang tepat di dalam pikiran kita. Kita harus menjadi orang memiliki yang ambisi yang positif. kita selalu ingin agar kualitas kita semakin baik dari hari ke hari. Kita sendiri harus punya ambisi yang baik ,selalu ingin maju, selalu ingin memperbaiki diri. lebih baik dari hari kemarin, esok lebih baik lagi.

2. Kita harus memiliki kejelasan apa yang kita inginkan, apa yg ktia tuju, apa yang kita harapkan dalam perubahan ini. Kita harus mampu memvisualisasikan dan terus membuat bayangan itu makin jelas. Kejelasan visualisasi tadi akan memantapkan langkah-langkah dalam perubahan.

3. Kita juga perlu memiliki kemampuan adaptasi yang memadai dalam mengarungi arus perubahan yang terjadi di dunia ini. Kemampuan adaptasi ini diperoleh dari kejelasan visi dan visualisasi kita akan tujuan kita. Kita tidak lagi menjadi bagian yang hanyut dalam arus tapi jadi bahagian yang mampu beradaptasi dengan perubahan2 tersebut. Bahkan bukan tidak mungkin kita akan mampu mengendalikan arus perubahan tersbut.

4. Kita harus berani mengambil tanggung jawab. Kita ini adalah orang yang akan diberi bekal, berupa pengetahun dan kemampuan, di balik bekal-bekal itu ada tanggung jawab. Seringkali, apabila kita mengalami perubahan yang tidak enak, kita sering menyalahkan pihak lain, kambing hitam. Seharusnya, kita sebagai orang bertanggung jawab bisa bersikap.

“ini saatnya saya utk melakukan sesuatu, apapun yng terjdi ini tg jawab saya”

5. tindakan yang konsisten, yaitu tindakan-tindakan yang berhbungan dengan kejelasan hal-hal yg kita inginkan. Ketika ada peluang utk melakukan suatu yang bisa mendekatkan kita pada apa yang kita harapkan, lakukan.

Tujuan adalah sesuatu yang tergambar jelas di dalam benak kita walaupun belum tercapai di dunia ini. dalam bahasa Arab disebut Ghayyah.

Mengatasi hambatan dalam menyongsong perubahan

Faktor terbesar penghambat perubahan ada di dalam diri kita sendiri Alloh SWT mengubah keadaan suatu kaum bila mereka mengubah apa yang ada di dalam dirinya. Apapun yang terjadi di dunia ini terjadi atas izin Alloh SWT, tetapi perubahan itu seolah2 dilakukan atau dipengaruhi keputusan2/tindakan2 si makhluk/si manusia.

Hambatan terbesar ada di benak kita berupa keyakinan

1. Keyakinan dibentuk seperti meja ada kaki-kaki, kaki-kaki tersebut memperkuat meja (Note: analogi ini dipakai Gary Craig, pendiri EFT)

a. ungkapan, kata2 dari lingkungan, orang tua, guru, teman dll, dianggap kebenaran sehingga menjadi keyakinan
b. pikiran mengolah informasi, ide dan sebagainya diterima sebagai keyakinan

2. pilihan, memilih sesuatu sebagai keyakinan, memilih utk yakin, agak berat krn memilih benar2 sadar dan benar2 tenang agar pilihan ini lansung ditangkap pikiran bawah sadar bergerak secara otomatis mengikuti keyakinan kita

pernyataan yang kita terima kebenarannya dan ter-install dalam bawah sadar kita sebagai keyakinan. bila tubuh kita diikat talinya terlihat. Tetapi, bila pikiran yang diikat, talinya tidak terlihat. Inilah mental block membatasi kita utk berubah, maju dan berkembang.

Sesungguhnya, setiap manusia memiliki potensi luar biasa. Namun dalam perjalanan hidup mereka ada yang sengaja atau tidak terinstall mental blok yang menghambat dirinya berkembang.

Apabila penerimaan akan suatu pengertian atau pemahaman baru tidak bisa masuk ke pikiran yang paling dalam dari diri seseorang, maka keyakina baru tidak akan tertanam dalam dirinya. Dia mungkin paham tetapi tidak mau berubah karena yang bekerja adalah keyakinan dirinya yang lama.

Perubahan individu, lingkungan, masyarakat dan negara

ada perubahan secara individu, lingkungan, masyarakat dan negara. Perubahan individu masih bisa dikendalikan orang yang bersangkutan, namun apabila perubahan itu dalam bentuk yang lebih besar seperti lingkungan, masyarakat atau negara, maka
perubahan itu makin tdk bisa dikendalikan secara langsung.

kunci bagaimana menempatkan diri dalam perubahan2 tersebut adalah bersabar. Apabila kita tidak punya pengaruh besar, power utk mempengaruhi perubahan tersbut, misalnya hanya sebagai warga biasa dan tidak punya kendali, maka langkah terbaik adalah bersabar.

sabar adalah memiliki kemampuan adapatasi yang tinggi dgn tetap mempertahankan hidup yang berkualitas. bentuk konkirt kesabaran adalah tetap maju mesikipun dlam pikiran kita blm menemukan jalan keluar. Kita tetap melakukan upaya mejalani perubahan tadi sambil tetap mengarhapkan hasil yang terbaiik.

Fenomena ini mirip pintu otomatis yang bandara atau pusat perbelanjaan. Kita belum tahu apakah pintu itu akan terbuka atau tidak, namun kita terus maju hingga posisi terdekat. Pintu itu pun terbuka sendiri.

Hal ini dicontohkan seorang pengusaha dari Australia, pada saat itu agent property ternyata dimulai saat para pengamat properti mengatakan bisnis properti sedang lesu. Pengusaha tersebut berkata di dalam bisnis ada peluang.

memang pada awal2 babak belur, namun dia terus maju walau tidak tahu terbuka atau tidak. Pada akhirnya nanti ada jln keluar, ada solusi. Negara dibangun oleh individu-individu. Jika suatu negara ingin berubah, maka individu-individu yang ada di dalamnya harus berubah.

Dalam surat Ar RAad ayat 11, Alloh SWT menyatakan bahwa Alloh hanya akan mengubah kondisi suatu kaum apabila masing2 indvidu dalam kaum tersebut mau mengubah kondisi yang ada diri mereka masing.

kita menyongsong perubahan dengan tetap mengingat Alloh SWT tanpa melupakan tindakan-tidnakan yang perlu dilakukan sesuai sunnatullah

Semoga bermanfaat

Acara The Power of Life adalah hasil kerjasama Radio Trijaya 104,6 FM dengan Institut Kemandirian, suatu lembaga jejaring Dompet Dhuafa Republika yang mengajarkan ketrampilan Wirausaha dan Teknis secara gratis. Alamat Institut Kemandirian: Kompleks PT Panasonic/Yayasan Matsushita Gobel, Gedung Techno School Lt. 3, Jl. Raya Bogor, Km 29, Jakarta Timur. Telp: 021-88710408, 91261823

Iklan

Posted on Desember 26, 2008, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 15 Komentar.

  1. orang yang tak mau berubah mengikuti perubahan kaya menyia2kan waktunya ya.. hilang peluang..kog gambarnya rel kereta tuh mas..

  2. tintin1868 said: orang yang tak mau berubah mengikuti perubahan kaya menyia2kan waktunya ya.. hilang peluang..kog gambarnya rel kereta tuh mas..

    betul sekali mbak, semoga kita tidak lagi menyia-nyiakan peluang yang ada hanya karena ada keengganan untuk berubahgambar rel kereta sebagai simbol jalan yang panjang dalam meniti kehidupan *kayaknya gak nyambung, he he he

  3. boleh juga tuh konsepnya bersimbol jalan panjang meniti hidup hehehe melewati rel..ku suka inget surat demi waktu kalu menyia2kan peluang deh.. jadi inspiratif baca tulisan bapak hikmawan..met taon baru ya masnahar.. ayo rebut peluang..

  4. tintin1868 said: boleh juga tuh konsepnya bersimbol jalan panjang meniti hidup hehehe melewati rel..ku suka inget surat demi waktu kalu menyia2kan peluang deh.. jadi inspiratif baca tulisan bapak hikmawan..met taon baru ya masnahar.. ayo rebut peluang..

    Iya mbak, pak Hikmawan itu satu group sama teroris yang kemarin (pak Zainal Abidin alias Bang Jay) selamat tahun baru juga ya, kita rebut peluang-peluang yang ada 😀

  5. males pak bacanya, karena udah tauuu…hick hick…tapi teuteup ajah gak berubah berubah..susah bener ngidupin azzam…malah tertarik ama gambar rel keretanya…bagus pak, suer…he he he..doain ya pak, saya bisa berubah…

  6. nisanajma said: males pak bacanya, karena udah tauuu…hick hick…tapi teuteup ajah gak berubah berubah..susah bener ngidupin azzam…malah tertarik ama gambar rel keretanya…bagus pak, suer…he he he..doain ya pak, saya bisa berubah…

    Amiiin, mari kita saling mendoakan mbak agar kita bisa sama-sama sukses. btw, gambar rel keretanya dari Wikipedia, sebab saya cari yang copyright free 😀

  7. thetrueideas said: terkait dengan tahun baru Islam, barangkali ini bisa dibaca jugak: http://thetrueideas.multiply.com/journal/item/1685/Doa_Awal_Tahun_Muharram_Tidak_Ada_Asalnya

    terima kasih tambahannya, semoga bermanfaat buat yang lainnya 🙂

  8. harus punya azzam…klise, tapi susaaaaah banget dilakukan…gimana ya?BTW, gambarnya rel kereta jurusan mana?

  9. kheriaziz said: harus punya azzam…klise, tapi susaaaaah banget dilakukan…gimana ya?BTW, gambarnya rel kereta jurusan mana?

    Insya Alloh bisa kalau ada kemauan mas gambarnya dari Wikipedia mas, jadi gak tahu rel kereta jurusan mana 😀

  10. surelove said: langkah konkretnya apa?

    Insya Alloh nanti menyusul 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klinik Quantum Touch Indonesia

Terapi Pengobatan Alternatif Quantum Touch

Pelita Dzatiyah

IQRA, Membuka Cakrawala Membangun Peradaban

Zen Flash

The journey of a 1000 miles begins with a single step

Love Books A Lot Indonesia

Read A Lot, Share A Lot.

Iyut Syfa

Your Coffeemate | A Little Wanderer

Yanuardi Syukur

Dimanapun Kamu Ditanam, Berkembanglah!

Bimosaurus

I'm My Own Enemy..

Firsty Chrysant

The Blue Chrysant Park ~ 파란 크리산 공원

Rek ayo Rek

Evia Koos

duaBadai

The alter ego of Disgiovery.com

E.L.O.K.46

Cogito Ergo Sum

faziazen

a Journal of MomPreneur

SR For SalmanRafan

cintai takdirmu~

Rumah Mbakje

mengeja kata membaca makna

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

misbakhuddinmuhammad

Just another WordPress.com site

lijiun

Smile Always

Inilah Dunia Mita

menikmati detik demi detik hidup nie, karena terlalu indah jika hidup nie terlewatkan begitu saja

Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Sarah's World

Come, sit down here, and please enjoy my treats.

F I T T O Reflexology

100% Pijat Keluarga Sehat TERPERCAYA

Terapi Yumeiho Original Jepang

Dahsyatnya Terapi Yumeiho Untuk Mengatasi Sakit Tulang Pinggul

INSPIRASI DANU

sebuah ruang untuk saling berbagi inspirasi dan motivasi

Nataya Rizani

Memberi itu Menambah Rezeki

santipanon

Flowers are yellow, some are orange, and others are vermillion, serenepeacefulcalm

Blog Tausiyah275

Mari Berlomba-lomba Bermanfaat Bagi Orang Lain :-)

Sofistika Carevy

Another Carevy Karya

Berbagi itu Indah

Kesehatan dan pendidikan untuk kaum dhuafa dan yatim piatu

Keluarga Kecil Zawawi

Luthfi - Cindy - Aisyah

~Cruising through my Life~

journey since 1989...

hujantanpapetir

"Menulis adalah proses mengonversi perjalanan menjadi pengalaman."

Blog Prita

Campuran kenangan, buah pikir, dan hari-hari

mybeautterfly

My metamorphosis in heading back to Allah...

The hary.j.mansur Blog

My Life Documentation

Me and My Life

a dreamer, writer wanna be, and general practitioner

DUST

LEARN IN THE DESERT

Febriyan Lukito

sharing, caring and enriching life

Pray for Nasywa

Blog dukungan untuk kesembuhan Nasywa

Arip Yeuh!

Harimau berburu, burung terbang, dan protagonis kita ini terus menggerutu

Membaca Rindu

sebab menulis adalah kata kerja

waiting room

: dari senyap ruang tunggu, tempat aku menemukan-Mu

ANOTHER DAY

THE FICTION STORY

SAVING MY MEMORIES

another home of my mind

fluoresensi

Keinginan itu pasti terwujud, entah 1 tahun, 2 tahun hingga puluhan tahun kemudian. Bersabarlah #cumanmasalahwaktu

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Majelis Ta'lim Basaudan

Tempat belajar Ilmu Agama Islam & Bahasa Arab

dewidyazhary

a silly-couple yarn

%d blogger menyukai ini: