[Kisah dan Hikmah] Saudagar kurang ajar, punya 4 istri masih selingkuh juga

Zaman dahulu kala ada saat raja-raja masih berkuasa dan para panglima perang menguasai medan laga, tersebutlah seorang saudagar yang sangat ulung berniaga. Kekayaan sang saudagar jauh melebihi para pesaing bisnisnya.

Namun sayang disayang, saudagar ini punya akhlaq yang tercela. walaupun sudah punya 4 orang istri, dia masih saja berselingkuh dengan orang-orang yang hanya berparas menawan tetapi berakhlaq durjana.

Akhirnya, sang saudagar harus berurusan dengan pengadilan sementara hartanya terkuras habis diambil oleh sang selingkuhan. Selingkuhan jahanam itu malah pergi dengan laki-laki lain yang berparas tampan namun tidak kalah edan.

Pada saat akan menghadapi persidangan, dia minta dukungan kepada keempat istrinya.

Mula-mula dia datang kepada istrinya yang paling muda (baik dalam hal urutan ataupun usia), namun apa jawaban si istri termuda:

“mas, siapa suruh berselingkuh sama perempuan lain, kan mas sudah punya istri, 4 orang lagi! kalau tahu bakalan begini, mending saya nikah aja sama pacar saya yang dulu aja.”

lalu sang istri keempat itu dengan kesal meninggalkan lelaki tua yang malang tersebut. kedua istrinya yang lain juga enggan membantu sang saudagar walaupun tidak seketus istri yang keempat itu.

tinggallah istri pertama yang setia mendampingi sang saudagar dan membelanya mati-matian di pengadilan. Namun sayang seribu sayang, karena sang istri pertama ini bukan ahli hukum, dia tidak mampu berargumentasi untuk membela suaminya yang memang salah. ditambah lagi kesehatan sang istri pertama ini sangat buruk. Dia sangat kurang mendapat perawatan kesehatan dan asupan makanan bergizi semenjak sang saudagar menghambur-hamburkan hartanya untuk berbagai macam perbuatan maksiat.

Akibatnya sungguh sangat fatal, suasana persidangan yang tegang dan penuh hiruk pikuk itu menyebabkan kondisi kesehatan sang istri pertama semakin menurun dan menurun. sepulang dari persidangan, sang istri sakit keras. sebelum menghembuskan nafas yang penghabisan, dia berkata lirih “Mas, maaf saya tidak bisa membelamu”.

Sang saudagar hanya bisa menyesali dirinya sendiri saat para prajurit kerajaan datang dan membawanya ke penjara bawah tanah yang gelap dan mengerikan.

Rekan-rekan sekalian, cerita di atas bukanlah cerita nyata. Cerita itu hanyalah cerita rekaan yang sudah beredar sejak saya kecil, mungkin juga jauh sebelum saya lahir ke dunia fana ini. Saya hanya membumbuinya saja,

Cerita di atas juga bukan untuk masuk ke polemik poligami yang beberapa lalu sempat menghebohkan kehdupan kita. sama sekali tidak

4 Istri diatas adalah perumpaamaan pada apa yang ada pada diri kita:

Istri keempat adalah perumpaan untuk harta kita. Berapa banyak orang yang menghabiskan sebagian besar umurnya untuk mencari harta kekayaan yang diusahakan bisa diwariskan sebanyak 7 turunan bahkan lebih. Banyak yang mengorbankan waktu, tenaga dan bahkan ada yang mengorbankan akidahnya untuk memperoleh banyak harta. Banyak juga yang menghalalkan segala cara untuk memperoleh harta dunia tersebut.

Istri ketiga adalah perumpamaan untuk jasad kita. banyak orang menilai orang lain dari penampilan fisik semata sehingga jaman sekarang ini orang2 berlomba untuk memperindah dan memperhebat fisik dengan melupakan hal-hal yang lain.

Istri kedua adalah perumpamaan untuk orang-orang terdekat kita, keluarga atau saudara. Banyak manusia yang menghabiskan banyak waktu dengan keluarganya, makan atau tidka yang penting kumpul kata mereka.

Istri pertama adalah jiwa kita sendiri, inilah yang akan kita bawa ke alam yang abadi setelah kita meninggal dunia. Namun, betapa banyak diantara kita yang hampir tidak pnya waktu mengurus hal yang paling penting ini.

Namun, yang lebih mengerikan lagi adalah apabila semua itu sudah tidak terlihat lagi saat kita mulai berselingkuh seperti kisah saudagar di atas. Selingkuhan itu tidak lain adalah Hawa Nafsu kita sendiri. hawa nafsu yang menuntut untuk dipuaskan dalam kehidupan dunia ini, yang tidak pernah mau mengerti betapa sulitnya mencari sumber daya untuk memuaskan hawa nafsu tersebut.

Contoh kecil:

berapa banyak diantara kita yang rela tidak tidur semalaman suntuk karena berdugem ria di tempat-tempat yang sesak, pengap dan penuh kepulan asap rokok. Harta terkuras, kondisi fisik semakin menurun, organ2 tubuh semakin berkurang fungsinya.

Padahal anak istri menunggu di rumah, berharap bisa merasakan sedikit hasil jerih payah ayahnya demi mengganjal perut yang sudah berbunyi dengan keras saking laparnya

Satu contoh kecil di atas sudah cukup membuat bulu kuduk kita meremang dan bergidik ngeri. belum lagi contoh yang sama namun dalam sekala yang lebih besar. buat yang ingin tahu, silahkan buku-buku tentang petualangan maksiat di negeri ini (Jakarta Undercover 1, 2 dan 3 dan yang sejenisnya).

Benarlah apa yang difirmankan Allah SWT dalam Al Qur’an:

Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya dan Allah
membiarkannya sesat berdasarkan ilmuNya. (Surat Al-Jaatsiyah 45 : Ayat 23)

Sic transit gloria mundi, betapa cepatnya kehidupan yang nikmat ini berlalu

Semoga bermanfaat,

Insiprasi dari Bang Jay PHD di tulisan yang ini

Iklan

Posted on Februari 27, 2009, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 22 Komentar.

  1. hmmmmm….aku jadi istri pertama (dan terakhir) aja dah…..

  2. kalau kita tak ingat mati, mungkin semua hal sudah kita lakukan…dengan mengingat mati, semua bisa dikembalikan ke koridornya..

  3. itsmearni said: hmmmmm….aku jadi istri pertama (dan terakhir) aja dah…..

    he he he, itu kan perumpamaan aja mbak bukan beneran. semoga ya 🙂

  4. nisanajma said: kalau kita tak ingat mati, mungkin semua hal sudah kita lakukan…dengan mengingat mati, semua bisa dikembalikan ke koridornya..

    betul mbak, Rasulullah mengatakan bahwa orang seperti itu adalah orang yang cerdas dalam arti yang sesungguhnya. tentu ditambah dengan mempersiapkan diri menghadapi kematian tersebut.

  5. nah dijaga tetap satu ya..

  6. tintin1868 said: nah dijaga tetap satu ya..

    semoga mbak, itu perumpaan saja koq bukan beneran

  7. dah 4 masih selingkuh??ini mah namanya kurang kerjaan..:D

  8. yudimuslim said: dah 4 masih selingkuh??ini mah namanya kurang kerjaan..:D

    He he he, betul mas, benar2 kurang kerjaan. btw, jangan2 saudagar ini rekanan bisnisnya Si Jendral Lupa

  9. bener gak mas, kalo saya bilang:LAKI-LAKI ITU KODRATNYA POLIGAMISsedangkanPEREMPUAN ITU KODRATNYAMONOGAMIS

  10. aniadami said: say no to poligami

    bener nih? he he he hebtw, artikel ini bukan maksud promosi poligami mbak, tenang aja 😀

  11. yankoer said: bener gak mas, kalo saya bilang:LAKI-LAKI ITU KODRATNYA POLIGAMISsedangkanPEREMPUAN ITU KODRATNYAMONOGAMIS

    he he he, kalau itu saya kurang tahu mas. Mungkin juga ya

  12. wah, parah yah kalo udah 4 aja masih kurang

  13. munama said: wah, parah yah kalo udah 4 aja masih kurang

    yup betul mas, sama parahnya dengan hawa nafsu manusia yang selalu minta dipuaskan at all cost

  14. ooooh….kirain tentang poligami nih….tapi hati-hati kalau mau poligami dipertimbangkan dulu masak-masak jangan sampai isteri jadi masuk poliklinik ya? he he he

  15. ishacovic said: ooooh….kirain tentang poligami nih….tapi hati-hati kalau mau poligami dipertimbangkan dulu masak-masak jangan sampai isteri jadi masuk poliklinik ya? he he he

    Iya mas betul sekali, he he he. artikel (pantas gak ya disebut artikel?) ini memang bukan bahas poligami tetapi tentang keadaan diri atau jiwa manusia. Kayaknya banyak yang salah paham tuh 😀

  16. semangatindonesia said: jangan ditiru ya, Nahar

    Iya mas, Insya Allah saya akan tetap istiqomah, terima kasih sudah mengingatkan

  17. munama said: wah, parah yah kalo udah 4 aja masih kurang

    rasanya banyak yang masih merasa kurang dgn 4 ‘istri’…misalnya, tapi masih pengen popularitas (5), kekuasaan (6), pangkat (7), dst…tfs…

  18. ahmuzaki said: rasanya banyak yang masih merasa kurang dgn 4 ‘istri’…misalnya, tapi masih pengen popularitas (5), kekuasaan (6), pangkat (7), dst…tfs…

    Iya mas, itu kan bagian dari hawa nafsu, mungkin selingkuhan2 si saudagar ini. Sekali lagi ini adalah perumpamaan, bukan cerita nyata 🙂

  19. Baca ‘Jakarta Undercover’ ?? oh….No.Aku pernah baca reviewnya di kompas. Utk baca bukunya aku gak punya nyali,ngeriiiii…..

  20. delingya said: Baca ‘Jakarta Undercover’ ?? oh….No.Aku pernah baca reviewnya di kompas. Utk baca bukunya aku gak punya nyali,ngeriiiii…..

    sedikit mbak, gak sampai habis, itu juga bukan punya saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klinik Quantum Touch Indonesia

Terapi Pengobatan Alternatif Quantum Touch

Pelita Dzatiyah

IQRA, Membuka Cakrawala Membangun Peradaban

Zen Flash

The journey of a 1000 miles begins with a single step

Love Books A Lot Indonesia

Read A Lot, Share A Lot.

Iyut Syfa

Your Coffeemate | A Little Wanderer

Yanuardi Syukur

Dimanapun Kamu Ditanam, Berkembanglah!

Bimosaurus

I'm My Own Enemy..

Firsty Chrysant

The Blue Chrysant Park ~ 파란 크리산 공원

Rek ayo Rek

Evia Koos

duaBadai

The alter ego of Disgiovery.com

E.L.O.K.46

Cogito Ergo Sum

faziazen

a Journal of MomPreneur

SR For SalmanRafan

cintai takdirmu~

Rumah Mbakje

mengeja kata membaca makna

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

misbakhuddinmuhammad

Just another WordPress.com site

lijiun

Smile Always

Inilah Dunia Mita

menikmati detik demi detik hidup nie, karena terlalu indah jika hidup nie terlewatkan begitu saja

Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Sarah's World

Come, sit down here, and please enjoy my treats.

F I T T O Reflexology

100% Pijat Keluarga Sehat TERPERCAYA

Terapi Yumeiho Original Jepang

Dahsyatnya Terapi Yumeiho Untuk Mengatasi Sakit Tulang Pinggul

INSPIRASI DANU

sebuah ruang untuk saling berbagi inspirasi dan motivasi

Nataya Rizani

Memberi itu Menambah Rezeki

santipanon

Flowers are yellow, some are orange, and others are vermillion, serenepeacefulcalm

Blog Tausiyah275

Mari Berlomba-lomba Bermanfaat Bagi Orang Lain :-)

Sofistika Carevy

Another Carevy Karya

Berbagi itu Indah

Kesehatan dan pendidikan untuk kaum dhuafa dan yatim piatu

Keluarga Kecil Zawawi

Luthfi - Cindy - Aisyah

~Cruising through my Life~

journey since 1989...

hujantanpapetir

"Menulis adalah proses mengonversi perjalanan menjadi pengalaman."

Blog Prita

Campuran kenangan, buah pikir, dan hari-hari

mybeautterfly

My metamorphosis in heading back to Allah...

The hary.j.mansur Blog

My Life Documentation

Me and My Life

a dreamer, writer wanna be, and general practitioner

DUST

LEARN IN THE DESERT

Febriyan Lukito

sharing, caring and enriching life

Pray for Nasywa

Blog dukungan untuk kesembuhan Nasywa

Arip Yeuh!

Harimau berburu, burung terbang, dan protagonis kita ini terus menggerutu

Membaca Rindu

sebab menulis adalah kata kerja

waiting room

: dari senyap ruang tunggu, tempat aku menemukan-Mu

ANOTHER DAY

THE FICTION STORY

SAVING MY MEMORIES

another home of my mind

fluoresensi

Keinginan itu pasti terwujud, entah 1 tahun, 2 tahun hingga puluhan tahun kemudian. Bersabarlah #cumanmasalahwaktu

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Majelis Ta'lim Basaudan

Tempat belajar Ilmu Agama Islam & Bahasa Arab

dewidyazhary

a silly-couple yarn

%d blogger menyukai ini: