[Sahabat] Persahabatan di atas Matras

Assalamualaikum, sudah lama tidak posting di Multiply nih, sekalian mau mengejar deadline menulis tentang sahabat, infonya di sini.

Zainal Alim Murtadho namanya, saya mengenalnya sejak kelas 5 SD. Saat itu saya baru saja pindah ke SD Negeri Menteng 03 pagi dari sekolah dasar saya yang pertama yaitu SD Kepodang yang terletak dekat masjid Agung sunda Kelapa. Kami cepat sekali akrab satu sama lain, mungkin karena kami punya minat dan hobby yang sama. Maklum namanya juga anak cowok, ya gak jauh-jauh deh dari Video Games.

Sejak masih jaman Sega Master System yang warnanya merah hitam itu, yang gambarnya masih sederhana banget, sampai yang mulai rada canggih seperti SEGA Genesis/Mega Drive atau Playstation. Permainan favorit kami ya itu, yang bertema tentang perkelahian, baik yang bekerja sama atau satu lawan satu. atau bermain dengan action figures GI Joe yang ternyat sama-sama merupakan mainan favorit kami. Setiap kali saya atau dia punya yang baru, .

Mungkin karena pengaruh permainan games atau film-film action yang beredar saat itu (yang ngetop taqhun 90-an kalau gak salah Van Damme ya)

Namun, momen-momen paling berkesan adalah saat kita sama-sama mengikuti olah raga beladiri Aikido. Waktu itu sekitar pertengahan dekade 90-an, kami semua sudah lulus SMA.

“Kenapa lo mau ikut Aikido, gara-gara nonton Steven Seagal ya?” tanya Mody, panggilan akrab saya pada dia. “enggak sih, kebetulan gw lihat di satu buku, ada orang bisa ngebanting orang lain dgn cuma megang tangan lawannya, gimana tuh” kata saya. Saat itu kami langsung praktek semampu kami di rumahnya, lumayan capek juga sih, kan saya belum siap mental tuk dibanting-banting, he he he.

tempat latihan waktu itu kami berada di suatu gedung departemen pemerintahan di daerah Lapangan Banteng. Sebleum berlatih, kami harus bekerja sama mengangkat matras yang lumayan banyak, tergantung pada jumlah peserta yang akan berlatih saat itu. Latihan dimulai dengan pemanasan, lalu peragaan teknik sejenak oleh pelatih. Lalu kami berpasangan melakukan teknik yang diperagakan itu, selama beberapa saat. Setelah itu, kami kembali ke tempat semula, sambil sebelumnya memberi penghormtan ala orang jepang kepada pasangan kami.

Lalu, setelah teknik yang lain diperagakan, kami berganti pasangan dan melakukan teknik yang lain tersebut. demikian berulang-ulang.

Terkadang latihan menjadi seru saat diadakan Jiyu Waza, alias sparing bebas. satu orang diserbu secara bergantian oleh para peserta yang lain. Tidak ada waktu untuk berpikir, hanya bisa bereaksi dan mengantisipasi serangan lawan secepat mungkin.

walaupun resminya kami mengikuti bela diri Aikido, namun di saat-saat matras yang sudah digelar belum digulung kembali, kami seringkali menjajal teknik-teknik beladiri yang lain. Terutama kalau para pelatih sedang tidak hadir, he he he.

Pada saat itu, Ultimate Fighting Championship (UFC) dan sejenisnya memang sedang booming di seluruh dunia. para penggemar bela diri tidak henti-hentinya memperbincangkan pertarungan gila-gilaan yang nyaris tanpa aturan tersebut. hampir segala cara bertarung dihalalkan, termasuk bergumul di matras/lantai, yang bahasa kerennya Grappling.

Saat masih ada matras yang tersisa, tentu merupakan suatu godaan besar untuk berguling-guling diatasnya sambil meniru para petarung UFC bergumul.

Pada suatu saat, saat sedang bergumul, saya mencoba menjebak dia dari posisi Guard (di bawah) sambil berusaha menyarangkan choke/cekikan, armbar atau apapun yang bisa saya lakukan untuk membuatnya menyerah. Namun karena posisi Guard saya sangat lemah, dia justru dengan mudah meng-counter dan membalikkan keadaan dengan teknik favorit para pegulat Smackdown, Scorpion Death Lock. tidak ada lagi pilihan, kecuali menepuk matras dengan keras tanda menyerah.

Namun, kemenangan dan kekalsahan tentu saja silih berganti datangnya. Suatu saat saya berhasil membanting dia ke matras dengan bantingan asal-asalan ala Judo. Saat di matras, saya berhasil membuatnya menyerah dengan teknik kuncian tangan/armbar. Namun, karena memang dari dasarnya belum terlatih grappling, maka yang dikunci malah pergelangan tangan lawan, dengan teknik yang lazim digunakan dalam Aikido.

Begitulah Grappling, pada saat lawan berada dalam posisi yang lebih superior atau bahkan sudah berhasil melakukan teknik submission (membuat lawan menyerah seperti kuncian atau cekikan) maka tidak ada lagi pilihan kecuali mengakui kekalahan.

Memaksakan diri untuk terus bertarung pada posisi seperti itu lebih merupakan kebodohan daripada keberanian

Grappling dan seni bela diri lainnya sesungguhnya mengajarkan kita untuk berjuang sampai batas kemampuan kita, sampai titik darah penghabisan. Namun, pada akhirnya, jika yang datang adalah kekalahan, maka saat itulah kebesaran jiwa kita dan kelapangan dada kita diuji, mampukah kita mengakui kekalahan kita sambil mengambil hikmah dan pelajaran sebanyak-banyaknya sebagai bekal kita menuju masa depan.

Sayang sekali, kenangan pergumulan di atas matras itu sulit untuk diulang kembali, mungkin karena kesibukan dan memang sudah lama gak ketemu.

Kepinginnya sih, nanti kalau film GI Joe: Rise of COBRA udah main, bisa nonton bareng sekalian mengenang masa lalu. Pingin tahu kalau film kartun jadi orang kaya apa

Iklan

Posted on April 17, 2009, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 27 Komentar.

  1. membaca seraya membayangkan WWC World wrestling championship .. dulu fav ku si scorpion… hallahhh ga nyambung….

  2. evanda2 said: membaca seraya membayangkan WWC World wrestling championship .. dulu fav ku si scorpion… hallahhh ga nyambung….

    sedikit banyak nyambung juga mbak, he he he. Scorpion death lock itu nama tekniknya, yang mempopulerkan kalau saya tidak salah nama pegulatnya Sting.

  3. kopiradix said: sedikit banyak nyambung juga mbak, he he he. Scorpion death lock itu nama tekniknya, yang mempopulerkan kalau saya tidak salah nama pegulatnya Sting.

    yup I know…. Sting-ers pan aye … with mask and blue pants …. hahahaha jaman dulu banget …Skrng kudu ati2 dong ama mas Nahar πŸ™‚

  4. evanda2 said: yup I know…. Sting-ers pan aye … with mask and blue pants …. hahahaha jaman dulu banget …Skrng kudu ati2 dong ama mas Nahar πŸ™‚

    he he he, hati-hati memang perlu mbak. bukan cuma sama saya tetapi sama siapa saja :Dbtw, don’t worry udah lama koq gak latihan.

  5. waaaa…..persahabatan yang seru dan menyenangkan

  6. itsmearni said: waaaa…..persahabatan yang seru dan menyenangkan

    iya mbak, sayang sekali sudah lama gak ketemu. Untung masih bisa kontak sama sahabatku itu di Facebook πŸ˜€

  7. kalo aku membaca ini teringat seorang yg juga dari sd menteng itu tuuh……… si bo itu sdnya disitu juga mas Nahar. yg bikin heboh Indonesia…….

  8. dewayanie said: kalo aku membaca ini teringat seorang yg juga dari sd menteng itu tuuh……… si bo itu sdnya disitu juga mas Nahar. yg bikin heboh Indonesia…….

    Kalau tidak salah, dia pernah di SD menteng 03 pagi yang di jalan Cilacap dan SD menteng 01 pagi yang di jalan Besuki mbak. yang ngetop yang di Besuki kalau tidak salah.

  9. Kapan nih kita bisa sparring?

  10. persahabatan yang penuh banting2an haha..salam kenal ya mas.. πŸ™‚

  11. andips said: Kapan nih kita bisa sparring?

    boleh kang, diatur aja waktunya, he he he. *mulai besok siap2 latihan lagi*

  12. mbaktyas said: persahabatan yang penuh banting2an haha..salam kenal ya mas.. πŸ™‚

    Iya mbak, he he he. karena memang hobby-nya sama, banting-bantingan. salam kenal juga ya πŸ™‚

  13. waaah.. jago bela diri rupanyaa..

  14. bundaelly said: waaah.. jago bela diri rupanyaa..

    He he he, enggak jago koq bunda, cuma hobby aja :D. dan kebetulan sahabat saya itu hobby-nya juga sama

  15. andips said: Kapan nih kita bisa sparring?

    Wah nantangin euy…latihan dulu Ndi..mas Nahar kan jagoan πŸ˜€

  16. itsmearni said: Wah nantangin euy…latihan dulu Ndi..mas Nahar kan jagoan πŸ˜€

    He he he, justru saya yang perlu latihan. jangan2 Andi malah yang lebih jago πŸ˜€

  17. saatnya penjuriaaaaaaaann

  18. bundaelly said: saatnya penjuriaaaaaaaann

    May the best writing and the best writer wins. terima kasih infonya bunda

  19. hehehe… persahabatan yang unik! Banting-bantingan di atas matras. Layaknya The Rock dan siapa ya? Hehehe… nggak ngeh ama SMACK DOWN.

  20. lafatah said: hehehe… persahabatan yang unik! Banting-bantingan di atas matras. Layaknya The Rock dan siapa ya? Hehehe… nggak ngeh ama SMACK DOWN.

    He he he, iya mas, walaupun sebenarnya tidak sampai seheboh Smackdown, sehingga kami semua Alhamdulillah masih utuh sampai sekarang. Lebih banyak grappling-nya

  21. salam aikidoka bro, udah kangen e lama ga ngebanting orang hehehe

  22. anotherorion said: salam aikidoka bro, udah kangen e lama ga ngebanting orang hehehe

    sama-sama, saya juga lama udah pingin banting-bantingan lagi, he he he. mudah-mudahan bakal ada kesempatan lagi

  23. kopiradix said: sama-sama, saya juga lama udah pingin banting-bantingan lagi, he he he. mudah-mudahan bakal ada kesempatan lagi

    jangan banting anak tetangga loh bang, bisa dimarahin bapaknya hehehe

  24. anotherorion said: jangan banting anak tetangga loh bang, bisa dimarahin bapaknya hehehe

    he he he, ilmu untuk diamalkan bukan untuk disalah gunakan atau untuk cari gara-gara .. πŸ˜€

  25. kopiradix said: he he he, ilmu untuk diamalkan bukan untuk disalah gunakan atau untuk cari gara-gara .. πŸ˜€

    iya lagian aikido sifatnya defensif klo kita ga diserang kita juga ga bisa ngamalin jurus2 kita heheheenak susahnya jadi aikidoka, be defender

  26. bundaelly said: saatnya penjuriaaaaaaaann

    aikido ndak pernah dipertandingkan bunda

  27. anotherorion said: iya lagian aikido sifatnya defensif klo kita ga diserang kita juga ga bisa ngamalin jurus2 kita heheheenak susahnya jadi aikidoka, be defender

    yup, tepat sekali. It’s the martial art of Peace, Love and harmony

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klinik Quantum Touch Indonesia

Terapi Pengobatan Alternatif Quantum Touch

Pelita Dzatiyah

IQRA, Membuka Cakrawala Membangun Peradaban

Zen Flash

The journey of a 1000 miles begins with a single step

Love Books A Lot Indonesia

Read A Lot, Share A Lot.

Iyut Syfa

Your Coffeemate | A Little Wanderer

Yanuardi Syukur

Dimanapun Kamu Ditanam, Berkembanglah!

Bimosaurus

I'm My Own Enemy..

Firsty Chrysant

The Blue Chrysant Park ~ νŒŒλž€ 크리산 곡원

Rek ayo Rek

Evia Koos

duaBadai

The alter ego of Disgiovery.com

E.L.O.K.46

Cogito Ergo Sum

faziazen

a Journal of MomPreneur

SR For SalmanRafan

cintai takdirmu~

Rumah Mbakje

mengeja kata membaca makna

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

misbakhuddinmuhammad

Just another WordPress.com site

lijiun

Smile Always

Inilah Dunia Mita

menikmati detik demi detik hidup nie, karena terlalu indah jika hidup nie terlewatkan begitu saja

Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Sarah's World

Come, sit down here, and please enjoy my treats.

F I T T O Reflexology

100% Pijat Keluarga Sehat TERPERCAYA

Terapi Yumeiho Original Jepang

Dahsyatnya Terapi Yumeiho Untuk Mengatasi Sakit Tulang Pinggul

INSPIRASI DANU

sebuah ruang untuk saling berbagi inspirasi dan motivasi

Nataya Rizani

Memberi itu Menambah Rezeki

santipanon

Flowers are yellow, some are orange, and others are vermillion, serenepeacefulcalm

Blog Tausiyah275

Mari Berlomba-lomba Bermanfaat Bagi Orang Lain :-)

Sofistika Carevy

Another Carevy Karya

Berbagi itu Indah

Kesehatan dan pendidikan untuk kaum dhuafa dan yatim piatu

Keluarga Kecil Zawawi

Luthfi - Cindy - Aisyah

~Cruising through my Life~

journey since 1989...

hujantanpapetir

"Menulis adalah proses mengonversi perjalanan menjadi pengalaman."

Blog Prita

Campuran kenangan, buah pikir, dan hari-hari

mybeautterfly

My metamorphosis in heading back to Allah...

The hary.j.mansur Blog

My Life Documentation

Me and My Life

a dreamer, writer wanna be, and general practitioner

DUST

LEARN IN THE DESERT

Febriyan Lukito

sharing, caring and enriching life

Pray for Nasywa

Blog dukungan untuk kesembuhan Nasywa

Arip Yeuh!

Harimau berburu, burung terbang, dan protagonis kita ini terus menggerutu

Membaca Rindu

sebab menulis adalah kata kerja

waiting room

: dari senyap ruang tunggu, tempat aku menemukan-Mu

ANOTHER DAY

THE FICTION STORY

SAVING MY MEMORIES

another home of my mind

fluoresensi

Keinginan itu pasti terwujud, entah 1 tahun, 2 tahun hingga puluhan tahun kemudian. Bersabarlah #cumanmasalahwaktu

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Majelis Ta'lim Basaudan

Tempat belajar Ilmu Agama Islam & Bahasa Arab

dewidyazhary

a silly-couple yarn

%d blogger menyukai ini: