[Renungan Cinta] Hikmah Patah Hati

Ya Tuhanku yang Maha Pengasih
Engkau sahaja pemeliharaku
Dengarkan rintahan hambaMu ini
jangan Kau biarkan ku sendiri
Agar ku dapat bahagia walau tanpa bersamanya
gantikanlah yang hilang tumbuhkan yang telah patah
kuinginkan bahagia di dunia dan akhirat
padaMu Tuhan kumohon segala

InTeam, Doa Seorang kekasih

Sahabat,

Sungguh, di dunia ini tidak ada kata terindah selain cinta. Namun, sudah tidak terhitung berapa banyak yang menderita karena kata tersebut. Bahkan ada yang memilih sakit gigi daripada sakit hati karena putus cinta alias patah hati.

Patah hati bisa jadi adalah anugerah tersembunyi yang diberikan olehNya agar hati kita yang telah mengeras dan membeku menjadi lembut dan peka pada tanda-tanda kekuasaanNya. Musim dingin tersebut adalah kesempatan bagi kita “berhibernasi” dan berkontemplasi dengan relaks sebagai bekal menghadapi kehidupan yang akan datang.

Bukan tidak mungkin, orang yang menyebabkan kita patah hati sehingga menderita, nelangsa dan sebagainya adalah “utusan”Nya yang bertugas memaksa kita kembali ke jalan yang benar, jalan yang Dia kehendaki. setelah tugasnya selesai, biarlah sang “utusan” pergi meninggalkan kita, tidak perlu kita mengejarnya. Kita tinggal meneruskan perjalanan di jalan yang Dia kehendaki, di mana kebahagiaan yang dijanjikan untuk kita menanti jika kita sabar meniti jalan lurus tersebut.

Mungkin yang perlu diperbaiki adalah pemahaman kita tentang kesenangan dan ksedihan, yang bagaikan musim semi dan musim dingin. Sehingga kita menerima datangnya musim dingin kesedihan di hati kita sebagaimana kita menerima kedatangan musim dingin di ladang pertanian kita. Saat kita tidak bisa menanam apapun di ladang tersebut.

Jika suatu saat kita menemukan cinta yang lain, mudah-mudahan saat itu kita telah menjadi pribadi yang lebih matang dan dewasa. Suatu pribadi yang lebih siap untuk mencintai dengan Cinta yang lebih banyak mendengarkan, memahami, menghargai dan memberi. Cinta yang jauh lebih sabar dan penuh kasih sayang. Cinta yang menghasilkan tabungan emosi positif yang jumlahnya tak terkira. Cinta yang terpatrikan integritas di dalamnya, yang akan menjadi benteng yang kukuh dan rumah yang nyaman bagi jiwa orang yang dicintai. Cinta yang benar-benar bisa dipercaya, tidak akan memanipulasi atau berbohong.

Jikapun kita menuntut sesuatu dari yang kita cintai, yang kita tuntut tersebut bukanlah demi kepentingan atau kesenangan pribadi namun sesungguhnya untuk kebaikan yang dicintai juga. Tuntutan yang lebih merupakan dorongan rasa tanggung jawab sebagai seorang pencinta yang menjaga kekasihnya dari segala mara bahaya. Tuntutan yang tidak disertai paksaan, yang tetap dalam koridor penghormatan kepada yang dicintai.

“The deeper that sorrow carves into your being, the more joy you can contain” demikian kata Kahlil Gibran. Kepedihan yang kita alami sesungguhnya merupakan petunjuk akan datangnya bahagia.

When God wants to give you His Wisdom and His Guidance and He finds the door of your heart locked, then He sends you an angel to break your heart so the wisdom and guidance can enter. The problem is that you chase the angel and you forget and ignore the wisdom and guidance God has given.

Sungguh, cinta adalah hal teragung yang ada di muka bumi ini dan hanya pantas untuk diberikan kepada Dia yang Kekal Abadi, yang tidak akan pernah mengecewakan para pencintaNya, disertai rasa takut dan harapan padaNya.

Sebuah nasihat untuk diri sendiri yang sedang patah hati.

Semoga bermanfaat bagi siapapun yang membaca

Inspired by: The Art of Loving, Erich Fromm dan The Prophet, Kahlil Gibran

Muhammad Nahar, SEFTer angkatan 49

Iklan

Posted on Juli 14, 2009, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 31 Komentar.

  1. peduli said: πŸ™‚

    πŸ™‚ juga deh, semoga bermanfaat ya mbak

  2. hmm.. memang cinta yang diselimuti dengan hawa nafsu akan membuat kita merasa merana disaat cinta itu tidak bisa dimiliki lagi. karena kita selalu menyangka bahwa cinta itu akan abadi dan milik kita.

  3. ryanthiemungil said: hmm.. memang cinta yang diselimuti dengan hawa nafsu akan membuat kita merasa merana disaat cinta itu tidak bisa dimiliki lagi. karena kita selalu menyangka bahwa cinta itu akan abadi dan milik kita.

    Iya mbak, memang masalahnya adalah hawa nafsu kita yang selalu menginginkan sensasi kenikmataan sesaat yang tidak akan dibawa ke masa depan. kesadaran bahwa tiada ada yang abadi di dunia ini memang penting bagi hidup seorang muslim

  4. yup mas. juga pemahaman terhadap apa yang kita alami baik itu baik ataupun buruk semuanya adalah ujian buat kita. Orang yang beriman akan menganggap hal yang buruk menimpa dia merupakan ujian dari Allah dalam peningkatan imannya, tapi bagi orang yang lemah imannya menganggap hal yang buruk itu merupakan musibah dan ketidak adilan Allah padanya.

  5. ryanthiemungil said: yup mas. juga pemahaman terhadap apa yang kita alami baik itu baik ataupun buruk semuanya adalah ujian buat kita. Orang yang beriman akan menganggap hal yang buruk menimpa dia merupakan ujian dari Allah dalam peningkatan imannya, tapi bagi orang yang lemah imannya menganggap hal yang buruk itu merupakan musibah dan ketidak adilan Allah padanya.

    terkadang memang orang menganggap sesuatu yang buruk itu ujian dan yang baik bukan, padahal yang baik juga ujian, karena ada amanah yang terkandung di dalamnya. semoga kita termasuk orang2 yang kuat imannya ya

  6. segala sesuatu yang melintas dalam hidup kita pasti punya hikmahsegala yang luput dari kita belum tentu itu musibah, mungkin memang bukan yang terbaik untuk kita.atau memang kiriman dari NYA, karena cara Allah menyapa banyak cara… πŸ™‚

  7. patah hati ??? jangan ah ……

  8. Bang Nahar… ngena banget nih sy.. Makasih ya… πŸ™‚

  9. aql1nd4 said: segala sesuatu yang melintas dalam hidup kita pasti punya hikmahsegala yang luput dari kita belum tentu itu musibah, mungkin memang bukan yang terbaik untuk kita.atau memang kiriman dari NYA, karena cara Allah menyapa banyak cara… πŸ™‚

    Iya mbak, sayang banyak diantara kita yang kurang bersyukur, entah karena kurang ilmu atau masih kurang dewasa karakternya. semoga kita termasuk orang-orang yang bisa mengambil hikmah-hikmah yang bertebaran itu. memang banyak cara-caraNya yang kita belum tahu hikmahnya, namun tidak seharusnya kita mengurangi perasangka baik kita padaNya

  10. meythree said: patah hati ??? jangan ah ……

    he he he, udah terlanjur mbak, btw untung ada hikmahnya πŸ™‚

  11. aneshusen said: Bang Nahar… ngena banget nih sy.. Makasih ya… πŸ™‚

    sama-sama bang, semoga bermanfaat ya. jangan2 pengalaman kita hampir sama, he3x

  12. waduh dari judul Journalnyaci, sangat sangat mentyedihkan, tapi itulah sebuah cinta kalau tidak begitu tidak akan pernah belajar…

  13. pratiwisuwoto said: waduh dari judul Journalnyaci, sangat sangat mentyedihkan, tapi itulah sebuah cinta kalau tidak begitu tidak akan pernah belajar…

    Iya mbak, terkadang walau sakit dan pedih namun kita bisa belajar banyak dari hal-hal tersebut

  14. huhuhu bermanfaat banget deh kalau ada sharing dari yang pernah mengalami….

  15. nanazh said: huhuhu bermanfaat banget deh kalau ada sharing dari yang pernah mengalami….

    he he he, semoga bermanfaat ya mas

  16. tetep optimis meski patah hati yo mas

  17. anotherorion said: tetep optimis meski patah hati yo mas

    iyao mas, ada hikmahnya di balik semua yg kita alami termasuk patah hati. Antara lain sy tulis di tulisan yang ini mas

  18. everybody could feel it in so many ways, termasuk pura-pura baik-baik saja.Life keeps going ya, om…energinya lebih manfaat kalo dipake ke nulis πŸ˜€

  19. kopiradix said: seorang pencinta yang menjaga kekasihnya dari segala mara bahaya.

    serasa baca cerita silat :Dtapi memang begitu kenyataannya..

  20. kopiradix said: When God wants to give you His Wisdom and His Guidance and He finds the door of your heart locked, then He sends you an angel to break your heart so the wisdom and guidance can enter.

    suka bagian ini..

  21. puritama said: everybody could feel it in so many ways, termasuk pura-pura baik-baik saja.Life keeps going ya, om…energinya lebih manfaat kalo dipake ke nulis πŸ˜€

    Alhamdulillah iya mbak, larinya ke tulisan sehingga energinya bisa tersalurkan dengan baik. Insya Allah bermanfaat untuk yang baca dan yang nulis

  22. puritama said: serasa baca cerita silat :Dtapi memang begitu kenyataannya..

    he he he, hidup kan rimba persilatan mbak

  23. puritama said: suka bagian ini..

    sama, tiba tiba kepikiran aja

  24. bambangpriantono said: JDUKKK!!!!!

    Waduh, kenapa cak?

  25. bambangpriantono said: Nancep

    Maklum, pengalaman nyata yg dirasakan sendiri cak

  26. znrock said: So sweet πŸ˜€

    Uhuuyyy πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klinik Quantum Touch Indonesia

Terapi Pengobatan Alternatif Quantum Touch

Pelita Dzatiyah

IQRA, Membuka Cakrawala Membangun Peradaban

Zen Flash

The journey of a 1000 miles begins with a single step

Love Books A Lot Indonesia

Read A Lot, Share A Lot.

Iyut Syfa

Your Coffeemate

Yanuardi Syukur

Dimanapun Kamu Ditanam, Berkembanglah!

Bimosaurus

I'm My Own Enemy..

Firsty Chrysant

The Blue Chrysant Park ~ νŒŒλž€ 크리산 곡원

Rek ayo Rek

Evia Koos

duaBadai

The alter ego of Disgiovery.com

E.L.O.K.46

Cogito Ergo Sum

faziazen

a Journal of MomPreneur

SR For SalmanRafan

cintai takdirmu~

Rumah Mbakje

mengeja kata membaca makna

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

misbakhuddinmuhammad

Just another WordPress.com site

lijiun

Smile Always

Inilah Dunia Mita

menikmati detik demi detik hidup nie, karena terlalu indah jika hidup nie terlewatkan begitu saja

Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Sarah's World

Come, sit down here, and please enjoy my treats.

F I T T O Reflexology

100% Pijat Keluarga Sehat TERPERCAYA

Terapi Yumeiho Original Jepang

Dahsyatnya Terapi Yumeiho Untuk Mengatasi Sakit Tulang Pinggul

INSPIRASI DANU

sebuah ruang untuk saling berbagi inspirasi dan motivasi

Nataya Rizani

Memberi itu Menambah Rezeki

santipanon

Flowers are yellow, some are orange, and others are vermillion, serenepeacefulcalm

Blog Tausiyah275

Mari Berlomba-lomba Bermanfaat Bagi Orang Lain :-)

Sofistika Carevy

Another Carevy Karya

Berbagi itu Indah

Kesehatan dan pendidikan untuk kaum dhuafa dan yatim piatu

Keluarga Kecil Zawawi

Luthfi - Cindy - Aisyah

~Cruising through my Life~

journey since 1989...

hujantanpapetir

"Menulis adalah proses mengonversi perjalanan menjadi pengalaman."

Blog Prita

Campuran kenangan, buah pikir, dan hari-hari

mybeautterfly

My metamorphosis in heading back to Allah...

The hary.j.mansur Blog

My Life Documentation

Me and My Life

a dreamer, writer wanna be, and general practitioner

DUST

LEARN IN THE DESERT

Febriyan Lukito

sharing, caring and enriching life

Pray for Nasywa

Blog dukungan untuk kesembuhan Nasywa

Arip Blog

Harimau berburu, burung terbang, dan protagonis kita ini terus menggerutu

waiting room

: dari senyap ruang tunggu, tempat aku menemukan-Mu

ANOTHER DAY

THE FICTION STORY

SAVING MY MEMORIES

another home of my mind

fluoresensi

Keinginan itu pasti terwujud, entah 1 tahun, 2 tahun hingga puluhan tahun kemudian. Bersabarlah #cumanmasalahwaktu

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Majelis Ta'lim Basaudan

Tempat belajar Ilmu Agama Islam & Bahasa Arab

dewidyazhary

a silly-couple yarn

%d blogger menyukai ini: