[Bedah Film] Simbologi Yahudi dalam film Waterworld

Sudah nonton film Waterworld, yang dibintangi Om Kevin Costner? Film itu mengisahkan saat dunia tenggelam oleh lautan karena lapisan es di Kutub Utara dan Kutub Selatan mencair. Sekelompok orang bertahan hidup di sebuah Atol atau pulau karang buatan dalam bayang-bayang teror sekelompok gangster. Mereka menguburkan yang meninggal dari masyarakat itu ke sebuah genangan lumpur agar diserap sebuah pohon buah. Mereka bertahan hidup dengna makan buah dari pohon itu. Sebagian dari mereka mempercayai mitos “Dry Land” atau Tanah yang kering, tanah di mana tidak ada air menggenangi. Namun yang lain tidak percaya, bahkan putus asa dan percaya mereka akan tinggal seumur hidup di tengah lautan maha luas tersebut.

Seorang pengembara datang untuk menukar barang pada mereka. Namun, karena ada hal-hal yagn tidak bisa disetujui dan adanya salah paham, si pengembara sempat hendak dieksekusi penghuni Atol. Saat itulah, sekelompok gangster, yang dalam film itu disebut Smokers menyerang mereka. Para Smokers hendak menculik seorang anak kecil yang memiliki tatoo di punggungnya. Tatoo tersebut bukan sembarang tatoo tapi merupakan peta petunjuk menuju Dryland. Selebihnya, ya seperti film-film action Holywood pada umumnya. Yang jelas sih jagoannya menang dan mereka berhasil menemukan teka-teki Dryland itu tadi.

Simbologi Yahudi

Tanah yang kering atau Dryland dapat diparalelkan dengan simbologi Yahudi tentang Tanah yang dijanjikan. Tanah ini sering disebut juga dengan “a land flowing with milk and honey” atau The Promised Land. Bangsa Yahudi, yang merupakan bagian dari Bani Israil, merindukan tanah yang dijanjikan Tuhan tersebut. Namun, sebagian dari mereka merasa putus asa dan menyerah pada nasib menjadi budak Firaun dan kaum Mesir Kuno. Kita bisa menyaksikan karakter Bani Israil yang sedang putus asa tersebut di film Ten Commandments, baik yang versi tahun 1956 atau yang lebih baru.

Tokoh Deacon sebagai personifikasi Dajjal

Pemimpin kaum Smokers, Deacon, adalah sesosok figur juru selamat palsu. Dia menjanjikan Dryland atau Tanah Kering pada para pengikutnya. Enola, si anak perempuan bertato peta, dia tunjukkan pada para pengikutnya agar mereka percaya. Para Smokers pun mendayung kapal tanker bekas yang menjadi markas mereka dengan penuh semangat. Padahal, misteri peta di punggung Enola belum terpecahkan dan Deacon sendiri berbohong pada para pengikutnya.

Deacon sendiri kehilangan sebelah mata karena sebuah ledakan dalam pertempuran dengan sang Pengembara. Mirip dengan Dajjal yang disebutkan dalam suatu hadits ang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Hudzaifah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Artinya: “Dajjal itu buta matanya sebelah kiri, berambut keriting, mempunyai surga dan neraka. Maka nerakanya adalah surga dan surganya adalah neraka” [Shahih Muslim, Kitabul Fitan wa Asyrothis Sa ‘ah, Bab Dzikir Ad-Dajjal 18: 60-61]

sumber: almanhaj

Tentang Bani Israil

Karena membangkang terhadap perintah Allah SWT yang diturunkan lewat Nabi Musa, Bani Israil pun ter-diaspora selama puluhan tahun sebelum mencapai kejayaan di zaman Nabi Daud dan Nabi Sulaiman. Namun, kejayaan mereka pun hanya berlangsung sebentar dan kerajaan mereka terbelah dua. Kerajaan Israil di Utara dan Kerajaan Yehuda di Selatan. Kedua kerajaan itu pun terbelit konflik internal dan perseteruan antar keduanya. Bangsa pagan pun ikut berperan dalam keruntuhan kejayaan Bani Israil. Bahkan kerajaan Israil di Utara pun sampai hancur dan kesepuluh suku yang mendukungnya lenyap sehingga disebut The Lost Tribe of Israel.

Kembali bangsa Israil yang tersisa, suku Yehuda dan Bunyamin, tercerai berai. Mereka pun jatuh berulang kali ke dalam cengkeraman bangsa pagan seperti Babylonia, Assyiria, Persia dan Romawi. Penderitaan dan penjajahan yang mereka alami menyebabkan mereka merindukan seorang juru selamat yang akan mengulangi kembali kejayaan mereka di zaman dahulu. Si pengembara, yang diperankan oleh Kevin Costner, merupakan personifikasi dari juru selamat kaum Yahudi.

Bani Israil disebut berulang kali dalam Al Quran sehingga para sahabat pun merasa heran. Mereka bertanya apakah Al Quran ini diturunkan untuk nabi Musa. Al Quran menerangkan begitu banyak tentang Bani Israil agar umat Islam mengambil pelajaran dan sejarah kehidupan mereka. Jonru, seorang trainer kepenulisan, pernah bilang bahwa kita bisa belajar dari tulisan yang bagus tapi kita bisa belajar lebih banyak dari tulisan yang jelek. Bisa jadi hal yang sama terjadi pada sejarah Bani Israil. Kita bisa belajar banyak dari orang baik, namun kita bisa belajar lebih banyak dari orang jahat. Jadi, sejelek-jelek film Holywood, masih ada hal-hal yang bisa kita pelajari dari sana. Namun, pikiran harus tetap kritis dan hati selalu wasapda. Bukankah kita tahu siapa yang ada di balik film-film tersebut?

Semoga bermanfaat by Muhammad Nahar

Referensi

Buku:
Zionisme: Gerakan Menaklukkan Dunia, ZA Maulani

Film:

Waterworld: 1995
Ten Commandments: 1956

Situs:

http://www.imdb.com/title/tt0114898/

http://en.wikipedia.org/wiki/Kingdom_of_Israel_%28united_monarchy%29

http://en.wikipedia.org/wiki/Israelites

http://www.tragedipalestina.com/sejarah.html

http://www.almanhaj.or.id/content/2105/slash/0

Iklan

Posted on November 18, 2010, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 14 Komentar.

  1. waah, padahal aku dah nontong pilmnya 2 kali..tp kok ga ngeh yah 😀

  2. jejak2mimpi said: waah, padahal aku dah nontong pilmnya 2 kali..tp kok ga ngeh yah 😀

    saya juga baru ngeh sesudah nonton yang kesekian kali mbak, ketiga kali kalau tidak salah. Tiba-tiba aja kepikiran begitu. apalagi Boss Penjahatnya banyak kemiripan sama deskripsi hadits ttg Dajjal.

  3. mytruelife said: wah2….baru tau aku…

    saya juga baru kepikiran mas … banyak miripnya

  4. Belom nonton Har, jadi nggak bisa komentar. Tapi thx review-nya, segera berburu film ini. Film baru kah?

  5. Nggak heranlah. Wong Hollywood memang dikuasai keturunan Yahudi. Kalau film yg diproduseri Mizan ya pasti ada warna Islamnya.Sekarang pakai no harm principle saja, apa warna yg dibawa itu merugikan nilai-nilai kemanusiaan?Film dan serial TV produksi Golan-Globus kalau menggambarkan teroris sering memang orang Arab, biasanya pakai simbol/nama yg berkesan Islam. Bikinan keturunan Yahudi atau tidak, yang penting apakah dia membawa nilai universal kemanusiaan atau tidak. Raam Punjabi secara default bikin film yg selera pasar & dewakan konsumtivisme. Tapi suatu saat dia bisa bikin film yg berkualitas, seperti Kala, atau yg berpesan moral, seperti Sang Pencerah.Nilai apa yg bisa dipetik dari film Ketika Cinta Bertasbih? Bolehlah ada yg bilang: itu adab bergaul menurut Islam. Tapi kalau aku lihat, ini tipikal film yg melepas kita, umat Islam, dari persoalan mendasar umat: kebodohan, keterbelakangan ekonomi, tidak melawan penguasa korup, dsb. Film semacam Alangkah Lucunya Negeri ini, juga Laskar Pelangi-Pemimpi, adalah contoh kongkret film yg bawa nilai universal dan memperjuangkan beberapa hal di atas, tanpa genit pake akhwat berjilbab.Kalau sekarang aku sih sudah males nonton film Hollywood, TV sudah tidak pernah nonton. Aku meluangkan waktu nonton film berkualitas dalam negeri, apalagi yg membawa pesan kemanusiaan

  6. film lama mas, tapi lumayan menarik kok

  7. anotherorion said: film lama mas, tapi lumayan menarik kok

    iya mas, dulu kepingin nonton karena banyak airnya .. apalagi kalau simbologinya dikaji

  8. yudimuslim said: menarik mas

    terima kasih mas, semoga bermanfaat

  9. luqmanhakim said: Belom nonton Har, jadi nggak bisa komentar. Tapi thx review-nya, segera berburu film ini. Film baru kah?

    udah lama mas, tahun 1995, tapi makna dari simbol yg ada di dalamnya baru tahu sekarang

  10. agamfat said: Nggak heranlah. Wong Hollywood memang dikuasai keturunan Yahudi. Kalau film yg diproduseri Mizan ya pasti ada warna Islamnya.Sekarang pakai no harm principle saja, apa warna yg dibawa itu merugikan nilai-nilai kemanusiaan?Film dan serial TV produksi Golan-Globus kalau menggambarkan teroris sering memang orang Arab, biasanya pakai simbol/nama yg berkesan Islam. Bikinan keturunan Yahudi atau tidak, yang penting apakah dia membawa nilai universal kemanusiaan atau tidak. Raam Punjabi secara default bikin film yg selera pasar & dewakan konsumtivisme. Tapi suatu saat dia bisa bikin film yg berkualitas, seperti Kala, atau yg berpesan moral, seperti Sang Pencerah.Nilai apa yg bisa dipetik dari film Ketika Cinta Bertasbih? Bolehlah ada yg bilang: itu adab bergaul menurut Islam. Tapi kalau aku lihat, ini tipikal film yg melepas kita, umat Islam, dari persoalan mendasar umat: kebodohan, keterbelakangan ekonomi, tidak melawan penguasa korup, dsb. Film semacam Alangkah Lucunya Negeri ini, juga Laskar Pelangi-Pemimpi, adalah contoh kongkret film yg bawa nilai universal dan memperjuangkan beberapa hal di atas, tanpa genit pake akhwat berjilbab.Kalau sekarang aku sih sudah males nonton film Hollywood, TV sudah tidak pernah nonton. Aku meluangkan waktu nonton film berkualitas dalam negeri, apalagi yg membawa pesan kemanusiaan

    iya mas, memang apapun keturunan atau agamanya, bisa saja seseorang bikin filmbagus. Namun, petning bagi kita utk tetap kritis dan berpikiran terbuka dan jgn sampai terbawa arus yang tidak baik. Apalagi sampai melalaikan kewajiban

  11. jangan2 itu bkn simbolisasi dajjal & kaum yahudi. Tp bisa jd simbolisasi dr org2 yg brharap mndptkn tanah trjanji d amerika tp tnp sdr hny mndptkn pepesan kosong dgn bayang2 mimpi yg dieksploitasi kaum kapitalis. Smntr si mata buta itu gambaran dr presiden amerika yg kerap digempur kongres & lobi yahudi, shg hny bisa mnggunakan sebelah matanya…hehehe…

  12. nunuzmulkan said: jangan2 itu bkn simbolisasi dajjal & kaum yahudi. Tp bisa jd simbolisasi dr org2 yg brharap mndptkn tanah trjanji d amerika tp tnp sdr hny mndptkn pepesan kosong dgn bayang2 mimpi yg dieksploitasi kaum kapitalis. Smntr si mata buta itu gambaran dr presiden amerika yg kerap digempur kongres & lobi yahudi, shg hny bisa mnggunakan sebelah matanya…hehehe…

    Bisa jadi begitu pak, terutama bagi mereka yang gagal mendapatkan American Dreams … lagipula memang banyak pemerintahan yang buta sebelah mata sekarang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klinik Quantum Touch Indonesia

Terapi Pengobatan Alternatif Quantum Touch

Pelita Dzatiyah

IQRA, Membuka Cakrawala Membangun Peradaban

Zen Flash

The journey of a 1000 miles begins with a single step

Love Books A Lot Indonesia

Read A Lot, Share A Lot.

Iyut Syfa

Your Coffeemate

Yanuardi Syukur

Dimanapun Kamu Ditanam, Berkembanglah!

Bimosaurus

I'm My Own Enemy..

Firsty Chrysant

The Blue Chrysant Park ~ 파란 크리산 공원

Rek ayo Rek

Evia Koos

duaBadai

The alter ego of Disgiovery.com

E.L.O.K.46

Cogito Ergo Sum

faziazen

a Journal of MomPreneur

SR For SalmanRafan

cintai takdirmu~

Rumah Mbakje

mengeja kata membaca makna

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

misbakhuddinmuhammad

Just another WordPress.com site

lijiun

Smile Always

Inilah Dunia Mita

menikmati detik demi detik hidup nie, karena terlalu indah jika hidup nie terlewatkan begitu saja

Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Sarah's World

Come, sit down here, and please enjoy my treats.

F I T T O Reflexology

100% Pijat Keluarga Sehat TERPERCAYA

Terapi Yumeiho Original Jepang

Dahsyatnya Terapi Yumeiho Untuk Mengatasi Sakit Tulang Pinggul

INSPIRASI DANU

sebuah ruang untuk saling berbagi inspirasi dan motivasi

Nataya Rizani

Memberi itu Menambah Rezeki

santipanon

Flowers are yellow, some are orange, and others are vermillion, serenepeacefulcalm

Blog Tausiyah275

Mari Berlomba-lomba Bermanfaat Bagi Orang Lain :-)

Sofistika Carevy

Another Carevy Karya

Berbagi itu Indah

Kesehatan dan pendidikan untuk kaum dhuafa dan yatim piatu

Keluarga Kecil Zawawi

Luthfi - Cindy - Aisyah

~Cruising through my Life~

journey since 1989...

hujantanpapetir

"Menulis adalah proses mengonversi perjalanan menjadi pengalaman."

Blog Prita

Campuran kenangan, buah pikir, dan hari-hari

mybeautterfly

My metamorphosis in heading back to Allah...

The hary.j.mansur Blog

My Life Documentation

Me and My Life

a dreamer, writer wanna be, and general practitioner

DUST

LEARN IN THE DESERT

Febriyan Lukito

sharing, caring and enriching life

Pray for Nasywa

Blog dukungan untuk kesembuhan Nasywa

Arip Blog

Harimau pergi berburu, burung harus terbang, dan protagonis kita ini terus menggerutu

waiting room

: dari senyap ruang tunggu, tempat aku menemukan-Mu

ANOTHER DAY

THE FICTION STORY

SAVING MY MEMORIES

another home of my mind

fluoresensi

Keinginan itu pasti terwujud, entah 1 tahun, 2 tahun hingga puluhan tahun kemudian. Bersabarlah #cumanmasalahwaktu

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Majelis Ta'lim Basaudan

Tempat belajar Ilmu Agama Islam & Bahasa Arab

dewidyazhary

a silly-couple yarn

%d blogger menyukai ini: