Mobil Xenia maut dan Pencabutan Perda Miras

Tabrakan maut kembali terjadi, tidak tanggung-tanggung 9 orang kehilangan nyawa. Mobil bermerek Xenia yang dikemudikan seorang perempuan yang sedang mabuk menabrak orang-orang yang sedang berada di halte bis dekat Tugu Petani di daearah Jakarta Pusat. Menurut beberapa sumber berita, pengemudi mobil dan ketiga kawannya mengonsumsi minuman keras dan obat-obat terlarang. Hasil test di kepolisian menunjukkan bahwa tubuh mereka positif mengandung metamphetamine . Malam sebelum kejadian, mereka berpesta minuman keras dan obat-obat terlarang dan saat menyetir mobil, si pengemudi dan ketiga temannya belum tidur. Bahkan, menurut situs kompas.com, mobil tersebut bahkan dilarikan dengan kecepatan 100 km per jam .

Beberapa waktu sebelum kejadian tragis tersebut, perhatian masyarakat tertuju pada pro dan kontra Pencabutan Perda Miras. Beberapa lembaga Negara pun saling tuding satu sama lain karena kerasnya reaksi sebagian masyarakat beserta tokoh-tokoh dan ormas-ormasnya. Ormas Islam yang memprotes pencabutan perda Miras itu pun dituding beberapa pihak sebagai orang-orang yang anarkis dan mau menang sendiri serta memakasakan kehendak. Para anggota Ormas-Ormas Islam itu dianggap sering melakukan pengerusakan dan pelanggaran HAM karena sering menuntut penutupan kafe atau tempat-tempat hiburan yang menjual minuman keras.

Mungkinkah kejadian tabrakan maut itu adalah peringatan dari Allah SWT atas arogansi manusia menghalalkan miras / khamar? Sebagian orang mungkin akan mengatakan bahwa kejadian tabrakan maut itu hanya kebetulan belaka. Apa hubungannya pencabutan peraturan-peraturan yang melarang miras dan sejenisnya dengan tabrakan? Pakai bawa-bawa nama Tuhan lagi. Apalagi menurut mereka yang sudah terlanjur menganggap Tuhan sebagai sosok khayalan, atau jikapun ada, tidak terlalu banyak berperan dalam kehidupan manusia. Bukankah manusia punya akal yang dapat dia pergunakan untuk menyelesaikan masalah-masalahnya. Untuk apa Tuhan dan agama dibawa-bawa. Bukankah agama hanya urusan spiritual dan pribadi masing-masing orang yang tidak seharusnya dibawa-bawa ke ruang public? Mereka belum paham bahwa Islam memiliki aturan-aturan yang jelas dan tegas mengenai zat-zat yang memabukkan, yang dalam terminology syariat disebut Khamr.

Dalam Islam, definisi khamr adalah segala sesuatu yang memabukkan, baik mengandung alkohol atau tidak. Saat Rasulullah SAW masih berada di tengah-tengah ummat, untuk mengetahui apakah suatu minuman atau apapun bersifat khamar atau tidak, yang dipakai metode langsung . Yaitu jika minuman itu diminum oleh orang yang tidak pernah mabuk (bukan pemabuk) apakah dia akan mabuk atau tidak. Jika mabuk, maka itulah khamar yang haram untuk dikonsumsi, didistribusikan dan diperjual belikan kepada siapapun. Suatu definisi yang jelas, sederhana dan mudah untuk dipahami manusia selugu dan sebodoh apapun. Asalkan akalnya masih waras dan hati nuraninya masih hidup.

Ajaran Islam mencegah segala pintu kerusakan agar tidak terbuka. Islam pun memberikan solusi untuk mengatasi kejahatan dan memperbaiki kerusakan yang sudah terjadi baik di tingkat personal, inter-personal ataupun social kemasayarakatan. Solusi perbaikan personal terletak pada taubatan nasuha atau taubat yang sunggu-sungguh. Solusi perbaikan inter-personal terletak pada permintaan maaf dan pemberian maaf serta penghalalan dari mereka yang pernah dizalimi hingga silaturahim yang terputus bisa terjalin kembali. Namun, jika solusi tersebut belum bisa menyelesaikan masalah dan memperbaiki kerusakan yang ada, maka huddud atau hukum syariat seperti hukum cambuk, qisash, rajam dan sejenisnya pun harus ditegakkan seadil-adilnya. Sayangnya, karena kurangnya pengetahuan tentang ilmu syariah, hukum yang tegas dan keras namun efektif untuk membuat jera para pemabuk itu enggan diterapkan di negeri Indoensia ini. Padahal, Indonesia adalah engera dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Sungguh merupakan suatu ironi yang menyedihkan sekaligus memalukan.

Selain itu, system ekonomi yang bersifat kapitalistik serta cenderung memihak pada pemilik modal pun ikut berperan. Ekonomi kapitalisme dengan segala keserakahannya hanya peduli pada pengerukan keuntungan sebanyak-banyaknya. Mereka tidak peduli berkah atau tidak, halal atau haram, manfaat atau mudharat. Yang penting, barang yang dijual laku dan uang pun masuk sebanyak banyaknya. Walaupun yang dijual minuman keras dan bahan-bahan yang mengandung zat-zat yang memabukkan dan mengancam kesehatan dan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Tragedi tabrakan maut mobil Xenia yang menewaskan 9 orang itu seakan mengingatkan kita akan besarnya bahaya zat-zat memabukkan yang dalam Islam disebut khamar tersebut. Entah sudah berapa kali terjadi dan entah sudah berapa banyak korban yang jatuh, baik yang meninggal dunia atau terluka dan trauma. Tidak tahu pula, berapa banyak lagi korban yang harus jatuh sebelum akhirnya manusia sadar akan kesalahan, kesombongan dan keserakahannya selama ini. Saya, anda, mereka dan kita semua bisa jadi korban kecelakaan-kecelakaan maut seperti itu. Orang-orang yang sangat kita cintai bisa jadi terluka atau terbunuh karena para pengemudi mabuk yang tidak bertanggung jawab itu. Namun, apakah mereka yang berkepentingan akan bisnis haram tersbut juga akan merasaakn perignatan itu, entahlah. Coba kita bertanya pada rumput yang bergoyang.

Semoga bermanfaat

Iklan

Posted on Januari 23, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 12 Komentar.

  1. miras benar-benar berbahaya …

  2. miras sekarang dijual di minimarket dan letaknya kelihatan banget

  3. Orang yg sengaja minum minuman keras hingga mabuk, menggunakan obat obatan terlarang dan ganja …sengaja menghilangkan fungsi kesadaran otaknya agar tidak lagi mengontrol apa yang dilakukannya. Sehingga dia merasa tidak terbebani oleh rasa tanggung jawab yg diemban oleh kesadarannya. Disinilah awal dari akibat mengerikan yg diakibatkan oleh minuman keras dan obat2an terlarang.Alhamdulillah, Islam memberikan batasan agar umatnya berusaha selalu bertindak dalam kondisi otak dapat mengontrol kesadaran penuh. Sebab semua tindakan ada tanggung jawab di dalamnya.

  4. Very inspriring mas nahar

  5. Gimana perda miras kagak dicabut?Lha wong yang jualan miras punya banyak duit.Di negri ini orang kagak mampu berpikir dengan akal sehat, tapi bertindak berdasarkan bisikan duit yang diselipin ke dalam kantong.Jelas kan?Maka itu mushibah demi mushibah melanda negri ini.

  6. thetrueideas said: good point mas

    terima kasih apresiasinya mas, semoga bermanfaat

  7. hwwibntato said: miras benar-benar berbahaya …

    sudah diingatakn dalam al quran dan hadits2 shahih dan dibuktikan dalam kenyataan

  8. jampang said: miras sekarang dijual di minimarket dan letaknya kelihatan banget

    tidak sembunyi2 lagi ya 😦

  9. wayanlessy said: Alhamdulillah, Islam memberikan batasan agar umatnya berusaha selalu bertindak dalam kondisi otak dapat mengontrol kesadaran penuh. Sebab semua tindakan ada tanggung jawab di dalamnya.

    semoga makin banyak ummat Islam yang melek dan sadar syariah agar miras dan sejenisnya lebih bisa dikendalikan dan dicgah peredarannnya. Sayang byk yang tidak sadar akan tanggung jawab atas tindakan2nya

  10. intan0812 said: Very inspriring mas nahar

    semoga bermanfaat mbak, terima kasih apresiasinya

  11. mmamir38 said: Gimana perda miras kagak dicabut?Lha wong yang jualan miras punya banyak duit.Di negri ini orang kagak mampu berpikir dengan akal sehat, tapi bertindak berdasarkan bisikan duit yang diselipin ke dalam kantong.Jelas kan?Maka itu mushibah demi mushibah melanda negri ini.

    iya pak, memperihatinkan sekali, definisi miras itu mudah dipahami asalkan akal sehatnya waras dan tidak terjajah ego dan hawa nafsu. Namun, kalau udah kena duit biasanya kelepek2 kaya ikan keluar dari air 😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klinik Quantum Touch Indonesia

Terapi Pengobatan Alternatif Quantum Touch

Pelita Dzatiyah

IQRA, Membuka Cakrawala Membangun Peradaban

Zen Flash

The journey of a 1000 miles begins with a single step

Love Books A Lot Indonesia

Read A Lot, Share A Lot.

Iyut Syfa

Your Coffeemate

Yanuardi Syukur

Dimanapun Kamu Ditanam, Berkembanglah!

Bimosaurus

I'm My Own Enemy..

Firsty Chrysant

The Blue Chrysant Park ~ 파란 크리산 공원

Rek ayo Rek

Evia Koos

duaBadai

The alter ego of Disgiovery.com

E.L.O.K.46

Cogito Ergo Sum

faziazen

a Journal of MomPreneur

SR For SalmanRafan

cintai takdirmu~

Rumah Mbakje

mengeja kata membaca makna

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

misbakhuddinmuhammad

Just another WordPress.com site

lijiun

Smile Always

Inilah Dunia Mita

menikmati detik demi detik hidup nie, karena terlalu indah jika hidup nie terlewatkan begitu saja

Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Sarah's World

Come, sit down here, and please enjoy my treats.

F I T T O Reflexology

100% Pijat Keluarga Sehat TERPERCAYA

Terapi Yumeiho Original Jepang

Dahsyatnya Terapi Yumeiho Untuk Mengatasi Sakit Tulang Pinggul

INSPIRASI DANU

sebuah ruang untuk saling berbagi inspirasi dan motivasi

Nataya Rizani

Memberi itu Menambah Rezeki

santipanon

Flowers are yellow, some are orange, and others are vermillion, serenepeacefulcalm

Blog Tausiyah275

Mari Berlomba-lomba Bermanfaat Bagi Orang Lain :-)

Sofistika Carevy

Another Carevy Karya

Berbagi itu Indah

Kesehatan dan pendidikan untuk kaum dhuafa dan yatim piatu

Keluarga Kecil Zawawi

Luthfi - Cindy - Aisyah

~Cruising through my Life~

journey since 1989...

hujantanpapetir

"Menulis adalah proses mengonversi perjalanan menjadi pengalaman."

Blog Prita

Campuran kenangan, buah pikir, dan hari-hari

mybeautterfly

My metamorphosis in heading back to Allah...

The hary.j.mansur Blog

My Life Documentation

Me and My Life

a dreamer, writer wanna be, and general practitioner

DUST

LEARN IN THE DESERT

Febriyan Lukito

sharing, caring and enriching life

Pray for Nasywa

Blog dukungan untuk kesembuhan Nasywa

Arip Blog

Harimau berburu, burung terbang, dan protagonis kita ini terus menggerutu

Membaca Rindu

sebab menulis adalah kata kerja

waiting room

: dari senyap ruang tunggu, tempat aku menemukan-Mu

ANOTHER DAY

THE FICTION STORY

SAVING MY MEMORIES

another home of my mind

fluoresensi

Keinginan itu pasti terwujud, entah 1 tahun, 2 tahun hingga puluhan tahun kemudian. Bersabarlah #cumanmasalahwaktu

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Majelis Ta'lim Basaudan

Tempat belajar Ilmu Agama Islam & Bahasa Arab

dewidyazhary

a silly-couple yarn

%d blogger menyukai ini: