Isu Penggusuran dan Backup Konten MP

Jika di dunia nyata isu paling hangat saat ini adalah tentang pro kontra Lady Gaga dan Irshad Manji, maka di Multiply yang paling panas isunya adalah isu “penggusuran” para blogger yang selama ini menempatkan karya-karya mereka (foto, tulisan blog, curhat dan sebagainya) di situs Multiply masing-masing. “Wacana penggusuran” para bloggers itu cukup meresahkan karena mereka sudah sangat akrab satu sama lain walaupun yang namanya konflik wacana tetap saja ada. Semoga saja isu ini hanya salah paham, meskipun tetap meresahkan.

Entah apakah memang ada konflik antar para bloggers dengan para online sellers atau ada hal lain, tapi jika kompleks Multiply ini benar-bener berubah 100 persen jadi Multiply Trade Center sungguh disayangkan. Betapa tidak, setahu pada awalnya di Multiply ini orang malah gak boleh jualan (CMIIW ya). Bolehnya ya itu, nge-blog atau upload foto2, upload lagu (dan donlot juga dulunya bisa) dsb, gak jauh dari itu. Apakah ruangan server MP sudah gak cukup lagi buat menampung tulisan dan curhat serta foto2 para penggunanya? atau ada faktor lain? Jangan-jangan karena para bloggers-nya jarang atau gak pernah mampir ke Mall yang sekarang ada di depan kompleks Multiply itu? Coba kita tanya pada rumput yang bergoyang. Yang jelas, para bloggerlah, termasuk yang gratisan, yang telah membesarkan Multiply hingga saat ini.

Idealnya sih para blogger dan online sellers bisa berdampingan dengan harmonis di kompleks yang bernama Multiply ini. OS silakan aja promosi dengan etis tanpa harus mengganggu para bloggers. Jika si blogger ada perlu atau ada barang yang dicari, biar saja dia datang sendiri ke Mall di depan kompleks itu. Toh di inbox setiap MPer juga ada iklannya kan? paling tidak itulah yang saya lihat setiap kali nge-MP berhubung bukan pakai akun premium.

Namun semua itu tergantung pada manajemen Multiply itu sendiri, apakah bakal mau mengharmoniskan para bloggers dengan online sellers atau malah akan menggusur para bloggers dan memberikan seluruh ruang server untuk para online sellers? Pilihan ada pada mereka. If worst come to worst dan para bloggers musti boyongan ke kompleks virtual yang lain, maka apakah ada jaminan bahwa Mall di depan kompleks itu bakal ramai dan bertambah besar? Atau malah bangkrut karena gak ada yang beli dan ruangan server terpaksa disewakan untuk situs-situs orang lain? Tentu saja ini bukan ngedoain supaya bangkrut, tapi hanya sekedar mengingatkan bahwa tidak ada jaminan sukses dalam ikhtar mencari rezeki. Allah SWT sudah mengatur semua rezeki makhluknya mulai dari yang melata sampai manusia dan jin, baik yang shaleh maupun yang salah, baik yang taat maupun yang ingkar. Gak percaya? simak aja kisah-kisah inspiratif para pengamal sedekah. Banyak diantara mereka yang berhasil mendapatkan rezeki tak terduga yang luar biasa banyaknya. Jadi, kenapa gak menganggap ngasih tempat pada para blogger gratisan itu sebagai sedekah? Insya Allah gak ada ruginya

Bagaimanapun juga semua ada hikmahnya. Digusur gak digusur, saya akan tetap mem-backup konten2 yang penting dari situs Multiply saya. Saya sarankan teman2 yang lain juga melakukan hal yang sama. Siapa lagi yang akan menghargai karya-karya kita di internet kalau bukan kita sendiri?

Semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada yang kurang berkenan.

Iklan

Posted on Mei 16, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 24 Komentar.

  1. nah, itu, kao saya sih lebih butuh solusi dari pemilik MP soal back up data ini. kalo blogspot atau wordpress setau saya kan bisa import-eksport data dengan mudah. kalo urusan kenyamanan bersama penghuninya sih bisa dibangun di tempat lain. kan kita bisa bedol desa ke jejaring lain atau bikin MP tandingan, menjadi MP Perjuangan misalnya, wkwk..

  2. akuai said: nah, itu, kao saya sih lebih butuh solusi dari pemilik MP soal back up data ini. kalo blogspot atau wordpress setau saya kan bisa import-eksport data dengan mudah. kalo urusan kenyamanan bersama penghuninya sih bisa dibangun di tempat lain. kan kita bisa bedol desa ke jejaring lain atau bikin MP tandingan, menjadi MP Perjuangan misalnya, wkwk..

    untuk sementara saya sih manual aja mbak, pakai teknik copy paste ke komputer sendiri. Nanti mungkin ada yang diedit lalu tayang di blog lain. yang langsung donlot gak tahu sih :(kalau untuk bikin MP perjuangan, ada gak yang mau dan bisa bikin .. ntar pada pindah ke sana deh 😀

  3. masih rada2 bingung sih, yg digusur misal postingan kita bakal hilang yah? nggak fotonya doang? klo tulisan seringnya aku ngedraft di word baru posting. word aku simpen terus.

  4. Iyah bener mas, bek ap penting baik digusur ato engga, takut kek FS jadinya heuuuuuu

  5. backupna kumaha ? dah sekian banyak inih *binun*walaupun cm curhat2 geje tp sayang jg kebuang.

  6. MP tandingan…MP perjuangan^^…*backup gimana, banyak eeeuuyyy*

  7. iya, pertanyaan sama, gmn back upnya?

  8. Seperti halnya Toserba/ Mall, pastinya barang yg dijual bermacam-macam. Namun pastinya barang-barang konsumsi harian ( Sembako), baju, celana, dan barang-barang fashion & trend lah yg diutamakan. Buku ( blog ) tetap ada, tp ditaruhnya dipinggir, atau dipojok yg kurang strategis dilirik pembeli .. ^_^ .

  9. pertama, saya suka dengan perkawanan di Multiply yang belum pernah ketemu saja kadang sudah bisa sangat akrab seperti saudara. Hal ini tentu juga tidak diduga sebelumnya oleh para staff MulPid. tentunya mereka juga kaget bagaimana indonesia.multiply.com dengan pemilik donny verdian yang kita belum pada kenal, tiba tiba ditakeover.kedua, saya justru suka dengan isu di MP yang muncul, mengalahkan isu isu yang disebar oleh media massa. Isu seperti ini muncul beberapa kali. 2008 pernah terjadi penghilangan massal account account dengan alasan yang tidak jelas. 2011 terjadi masalah Blogger vs Staff yang menumbuhkan OS, sehingga terkesan konflik Blogger vs OS yang terjadiketiga, saya juga suka dengan teman-teman MP dimana perdebatan yang terjadi justru muncul secara sehat dan berargumentasi dengan baik. Tentang Isu ituhttp://multiply.multiply.com/journal/item/474/Another_Important_Message_from_Another_CEO dan http://multiply.multiply.com/journal/item/473/An_important_message_from_the_CEO menjelaskan secara tersirat, bahwa terjadi konflik internal di antara pada dewa Multiply. Pesan dari CEO baru memang tidak menutup kemungkinan bahwa kita diminta segera backup data kelak setelah disediakan fasilitasnya:Steffan bilang :So I promise this; if it ever turns out that such actions need to be taken: * We’ll give people plenty of warning. * We’ll provide means for people to export their content or migrate elsewhere. Yang pantas disayangkan adalah :1. Sejarah kita masing masing di Multiply, mungkin ini terlihat lebay saya bilang seperti ini. Namun percayalah suatu ketika akan berguna.2. pertemanan yang terikat dengan kontak. Ini yang sebenarnya sangat perlu kita jaga. Dulu memang ada fasilitas backup pertemanan yang bisa diexport ke dalam bentuk CSV Excel. Namun sejak Multiply kalah dengan Facebook, fasilitas itu tidak diadakan lagi—Padahal.. Multiply ini tidak ada duanya. Sebagai yang pertama kali model Inbox/Message Board, Fasilitas Lagu, Gambar dengan editing yang enak, Setting permission, Edit CSS, Viewing History, dan lain sebagainya, mana sih Situs Perkawanan sosial dan blog social media lain yang bisa seperti itu.. Jika Multiply memilih menjadi hero di bidang ecommerce di Indonesia, bersama bli-bli, tokobagus dan lain sebagainya, tentu Multiply telah mengurangi sebagian persen idealisme (yang semula berkomit untuk tidak komersial) untuk memberi ruang bagi realita kebutuhan akan uang. Dan semoga sih MP Staff masih ingat bahwa peran blogger selama ini mati-matian mempertahankan diri untuk tidak bersocmed lain selain multiply, turut meningkatkan popularitas di search engine dan internet pada umumnya..

  10. wah, harus segera mem-back-up isi blog …ayo, segera back up …

  11. semua tulisan saya sudah ada backupnya… soalnya saya buat di.notepad baru kemudian diposting

  12. tunggu warning dulu dah *dasarmahasiswidudul* :DBetewe, CSS nya bikin sendiri yah?? Mending image position untuk backgroundnya di bikin : no-repeat aja biar kerenan gitu 😀 *mendadakOOT*

  13. Ya ampuun… Saya padahl udh kadung cinta ama tampilan blog di Multiply… Jadi beneran ya harus dipindah? Kayaknya ke WordPress deh…

  14. jampang said: semua tulisan saya sudah ada backupnya… soalnya saya buat di.notepad baru kemudian diposting

    Saya juga bang, tapi back-up-nya ada di komputer yang lama .. moga2 masih ada sebab kemarin baru ganti komputer

  15. apradz said: Ya ampuun… Saya padahl udh kadung cinta ama tampilan blog di Multiply… Jadi beneran ya harus dipindah? Kayaknya ke WordPress deh…

    blogspot juga oke koq mas, yg penting ada backup-nya itu aja 🙂

  16. mahasiswidudul said: tunggu warning dulu dah *dasarmahasiswidudul* :DBetewe, CSS nya bikin sendiri yah?? Mending image position untuk backgroundnya di bikin : no-repeat aja biar kerenan gitu 😀 *mendadakOOT*

    hati hati loh, jgn terlambat :Dsayangnya saya belum paham CSS mbak

  17. hwwibntato said: wah, harus segera mem-back-up isi blog …ayo, segera back up …

    yuk 😀

  18. inacw said: masih rada2 bingung sih, yg digusur misal postingan kita bakal hilang yah? nggak fotonya doang? klo tulisan seringnya aku ngedraft di word baru posting. word aku simpen terus.

    Sama mbak, saya backupnya pakai file txt, buka pakai notepad atau EditPad Lite

  19. cinderellazty said: Iyah bener mas, bek ap penting baik digusur ato engga, takut kek FS jadinya heuuuuuu

    iya mbak, untung FS saya dulu hampir gak ada isinya, jadi ya udah relain aja 😀

  20. siantiek said: backupna kumaha ? dah sekian banyak inih *binun*walaupun cm curhat2 geje tp sayang jg kebuang.

    dicicil aja mbak, pelan2, sayang kan kalau hilang

  21. pianochenk said: MP tandingan…MP perjuangan^^…*backup gimana, banyak eeeuuyyy*

    gimana ya, dicicil aja pelan2 mumpng masih diberi waktu

  22. lembarkertas said: iya, pertanyaan sama, gmn back upnya?

    kalau saya masih manual, copy paste mbak ke pc sendiri atau blog lain

  23. azfiamandiri said: Seperti halnya Toserba/ Mall, pastinya barang yg dijual bermacam-macam. Namun pastinya barang-barang konsumsi harian ( Sembako), baju, celana, dan barang-barang fashion & trend lah yg diutamakan. Buku ( blog ) tetap ada, tp ditaruhnya dipinggir, atau dipojok yg kurang strategis dilirik pembeli .. ^_^ .

    kalau gitu blog-nya tetap ada dong ,semoga

  24. bimosaurus said: Yang pantas disayangkan adalah :1. Sejarah kita masing masing di Multiply, mungkin ini terlihat lebay saya bilang seperti ini. Namun percayalah suatu ketika akan berguna.2. pertemanan yang terikat dengan kontak. Ini yang sebenarnya sangat perlu kita jaga. Dulu memang ada fasilitas backup pertemanan yang bisa diexport ke dalam bentuk CSV Excel. Namun sejak Multiply kalah dengan Facebook, fasilitas itu tidak diadakan lagi—Padahal.. Multiply ini tidak ada duanya. Sebagai yang pertama kali model Inbox/Message Board, Fasilitas Lagu, Gambar dengan editing yang enak, Setting permission, Edit CSS, Viewing History, dan lain sebagainya, mana sih Situs Perkawanan sosial dan blog social media lain yang bisa seperti itu.. Jika Multiply memilih menjadi hero di bidang ecommerce di Indonesia, bersama bli-bli, tokobagus dan lain sebagainya, tentu Multiply telah mengurangi sebagian persen idealisme (yang semula berkomit untuk tidak komersial) untuk memberi ruang bagi realita kebutuhan akan uang. Dan semoga sih MP Staff masih ingat bahwa peran blogger selama ini mati-matian mempertahankan diri untuk tidak bersocmed lain selain multiply, turut meningkatkan popularitas di search engine dan internet pada umumnya..

    Semoga hal-hal penting spt di atas bisa menjadi pertimbangan pihak manajemen MP untuk tidak menggusur para blogger, term kasih sharing-nya mas Bimo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klinik Quantum Touch Indonesia

Terapi Pengobatan Alternatif Quantum Touch

Pelita Dzatiyah

IQRA, Membuka Cakrawala Membangun Peradaban

Zen Flash

The journey of a 1000 miles begins with a single step

Love Books A Lot Indonesia

Read A Lot, Share A Lot.

Iyut Syfa

Your Coffeemate

Yanuardi Syukur

Dimanapun Kamu Ditanam, Berkembanglah!

Bimosaurus

I'm My Own Enemy..

Firsty Chrysant

The Blue Chrysant Park ~ 파란 크리산 공원

Rek ayo Rek

Evia Koos

duaBadai

The alter ego of Disgiovery.com

E.L.O.K.46

Cogito Ergo Sum

faziazen

a Journal of MomPreneur

SR For SalmanRafan

cintai takdirmu~

Rumah Mbakje

mengeja kata membaca makna

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

misbakhuddinmuhammad

Just another WordPress.com site

lijiun

Smile Always

Inilah Dunia Mita

menikmati detik demi detik hidup nie, karena terlalu indah jika hidup nie terlewatkan begitu saja

Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Sarah's World

Come, sit down here, and please enjoy my treats.

F I T T O Reflexology

100% Pijat Keluarga Sehat TERPERCAYA

Terapi Yumeiho Original Jepang

Dahsyatnya Terapi Yumeiho Untuk Mengatasi Sakit Tulang Pinggul

INSPIRASI DANU

sebuah ruang untuk saling berbagi inspirasi dan motivasi

Nataya Rizani

Memberi itu Menambah Rezeki

santipanon

Flowers are yellow, some are orange, and others are vermillion, serenepeacefulcalm

Blog Tausiyah275

Mari Berlomba-lomba Bermanfaat Bagi Orang Lain :-)

Sofistika Carevy

Another Carevy Karya

Berbagi itu Indah

Kesehatan dan pendidikan untuk kaum dhuafa dan yatim piatu

Keluarga Kecil Zawawi

Luthfi - Cindy - Aisyah

~Cruising through my Life~

journey since 1989...

hujantanpapetir

"Menulis adalah proses mengonversi perjalanan menjadi pengalaman."

Blog Prita

Campuran kenangan, buah pikir, dan hari-hari

mybeautterfly

My metamorphosis in heading back to Allah...

The hary.j.mansur Blog

My Life Documentation

Me and My Life

a dreamer, writer wanna be, and general practitioner

DUST

LEARN IN THE DESERT

Febriyan Lukito

sharing, caring and enriching life

Pray for Nasywa

Blog dukungan untuk kesembuhan Nasywa

Arip Blog

Harimau pergi berburu, burung harus terbang, dan protagonis kita ini terus menggerutu

waiting room

: dari senyap ruang tunggu, tempat aku menemukan-Mu

ANOTHER DAY

THE FICTION STORY

SAVING MY MEMORIES

another home of my mind

fluoresensi

Keinginan itu pasti terwujud, entah 1 tahun, 2 tahun hingga puluhan tahun kemudian. Bersabarlah #cumanmasalahwaktu

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Majelis Ta'lim Basaudan

Tempat belajar Ilmu Agama Islam & Bahasa Arab

dewidyazhary

a silly-couple yarn

%d blogger menyukai ini: