Kung Fu Wing Chun dalam Film

Banyak orang mengetahui tentang kung fu Wing Chun dari film Yip Man dan Yip Man II yang dibintangi oleh Donny Yen serta Yip Man: The Legend is Born yang dibintangi Dennis To dan Sammo Hung. Namun demikian, sesungguhnya Kung Fu Wing Chun sudah ditampilkan dalam banyak film selain film-film tersebut di atas. Ada yang sudah cukup lama dibuat seperti Warrior Two dan The Prodigal Son yang dibuat sekitar dekade 70an dan 80an dan ada pula yang relatif baru.

Namun, berhubung fungsinya memang untuk hiburan, maka jangan terlalu berharap bisa mengerti sejarah Wing Chun atau Kung Fu pada umumnya hanya dengan menonton film-film ini. Banyak kisah dan jalan cerita dalam film-film ini yang tidak sesuai dengan sejarah. Dan tentu saja tidak untuk menggantikan latihan rutin dengan sifu yang baik dan kompeten bagi mereka yang ingin menguasai Wing Chun atau kung fu aliran apapun.

Berikut rangkuman dari beberap film Kung Fu yang menampilkan adegan dengan jurus-jurus Wing Chun:

Warrior Two, 1978

Film ini mengambil tempat di kota Foshan, kota kelahiran Yip Man. Namun, film ini tidak berkisah tentang Yip Man namun tentang masa muda gurunya, Cah Wah Sun (diperankan oleh Cassanova Wong) dan gurunya Leung Jan (diperankan oleh Bryan Leung). Cah Wah Sun adalah guru Wing Chun pertama dari Yip Man sebelum Yip Man berguru pada Leung Bik di Hong Kong. Leung Bik sendiri adalah anak dari Leung Jan, yang kisahnya diceritakan dalam film ini. Selain seorang ahli beladiri, Leung Jan adalah seorang tabib terkenal di Foshan.

Dalam film tersebut, Cah Wah Sun sedang dirawat dan bersembunyi di rumah Leung Jan sesudah telribat konflik dengan para penjahat. Sesudah sembuh, Cah Wah Sun meminta Leung Jan mengajarinya kung fu, namun Leung Jan menolak karena merasa Cah Wah Sun belum siap. Namun akhirnya, Leung Jan bersedia menerima Cah Wah Sun sebagai muridnya. Salah satu sebabnya adalah karena ulah murid Leung Jan yang kocak, Fatty (diperankan oleh Sammo Hung).

Salah satu adegan paling menarik adalah saat Leung Jan mengajari Cah Wah Sun tongkat panjang ala Wing Chun, Luk Dim Boon Kwun. Cah Wah Sun harus memukul biji-bijian yang ditebarkan Leung Jan sampai hancur. Jika tidak hancur, maka berarti teknik Luk Dim Boon Kwun belum benar. Orang yagn tidak sungguh-sungguh berlatih beladiri tidak akan mampu melakukan latihan seberat itu. Latihan yang tidak kalah beratnya dialkukan di dalam sebuah ruangan yang berisi beberapa buah Muk Yan Jong atau orang-orangan kayu. Dengan mekanisme tertentu, orang-orangan itu bisa bergerak dan berpindah tempat sehingga seakan-akan orang yang berlatih itu sedang berhadapan beberapa orang lawan.

The Prodigal Son, 1982

Film The Prodigal Son memberikan gambaran yang berbeda tentang Leung Jan (Yuen Biao). Jika film Warrior Two mengambil timing saat Leung Jan sudah tua dan telah menjadi master Wing Chun, dalam film ini beliau digambarkan saat masih muda. Saat itu, sebagaimana gambaran dalam film, Leung Jan adalah putera seorang kaya yang jago kung fu. Namun, di luar pengetahuannya, ayahnya menyogok lawan-lawan Leung Jan untuk mengalah dalam setiap pertarungan. Sehingga Leung Jan selalu menang. Namun, akhirnya dia kalah oleh Leung Yee-tai (Lam Ching-ying) yang akhirnya menjadi gurunya. Sebagaimana disebutkan dalam tradisi lisan aliran Yip Man, Leung Jan saat itu berguru pada Leung Yee-tai dan Wang Wah Bo (Sammo Hung).

Agak berbeda dengan tradisi yang diceritakan turun temurn dalam aliran Yip Man, di mana disebutkan bahwa Leung Yee-tai adalah seorang “poleman” atau pendorong perahu dengan tongkat panjang. Dia bertugas mendorong perahu dengan tongkat panjang di bagian sungai yang dangkal. Tongkat pendorong perahu itu sendiri konon merupakan cikal bakal dari Luk Dim Boon Kwun, tongkat panjang yang sering digunakan dalam latihan wing chun.

Kung Fu Wing Chun the Movie, 2010

Bisa dibilang, film ini adalah penggambaran paling baik dari dua orang perempuan yang berlatih teknik-teknik cikal bakal kung fu Wing Chun yang kita kenal sekarang. Mereka adalah sang biarawati / biksuni Ng Mui (diperankan Kara Hui) dan muridnya, Yim Wing Chun (diperankan Jing Bai). Yim Wing Chun adalah seorang gadis berbakat kung fu yang diintimidasi oleh seorang panglima perang yang ingin menikahinya. Yim Wing Chun pun berguru pada Ng Mui yang saat itu sedang dalam pengejaran tentara dinasti Qing. Saat dalam pelarian, Ng Mui menumpang di rumah orang tua Yim Wing Chun dan melatihnya ilmu beladiri. Saat berada di hutan, sebelum bertemu dengan Yim Wing Chun dan keluarganya, Ng Mui mendapatkan inspirasi dari pertarungan seekor ular melawan seekor burung bangau. Dari inspirasi itu, Ng Mui meramu teknik-teknik yang sekarang dikenal sebagai Wing Chun.

Wing Chun, 1994

Versi lain dari penggambaran Yim Wing Chun, kali ini diperankan oleh Michelle Yeoh. Dalam versi kali ini kita masih disuguhkan pertarungan antara Yim Wing Chun dengan panglima perang musuhnya. Namun, pertempurannya bukan hanya dengan tangan kosong melainkan juga dengan senjata. Si panglima perang menggunakna tombak panjang sementara Yim Wing Chun menggunakan pisau kembar Baat Jam Dao. Baat Jam Dao sendiri adalah salah satu dari dua senjata yang dipelajari dalam Wing Chun aliran Yip Man selain tongkat panjang Luk Dim Boon Kwun.

Note: sampai tulisan ini dibuat, film-film tersebut masih bisa disaksikan di Youtube.

Semoga bermanfaat

Iklan

Posted on Januari 8, 2013, in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 27 Komentar.

  1. kalo mau belajar Wing Chun materi ini termasuk yang diujikan ya Pak??

  2. Hai Mas, apa kabar? Numpang ngaso ya 🙂

  3. waooo penggemar kungfu tah… pasti aktip di salah satu olahraga itu. dulu pas saya aktif si

  4. lanjut. tadi keburu sent.
    dulu pas aktif silat saya juga suka pilm kungfu buat niru2 gerakannya .

  5. oya mas, kungfu wing chun dan shaolin bedanya apa? penasaran saya hehe..

    oya mas salam kenal

    • Menurut legendanya sih Wing Chun itu diciptakan oleh seorang biksuni Shaolin bernama Ng Mui untuk seorang perempuan bernama Yim Wing Chun. Beladiri itu terus disempurnakan hingga seperti yg kita kenal sekarang ini.

      Versi lainnya adalah cikal bakal Wing Chun adalah semacam beladiri praktis yang diciptakan agar orang-orang yang melawan pasukan dinasti Manchuria bisa menguasainya dengan cepat.

      Sedangkan kung Fu Shaolin sendiri konon adalah pengembangan dari latihan yang dikembangkan Bodhidharma (Tatmo Cao Su) untuk memperkuat fisik para biksu agar bisa bermeditasi dalam waktu lama.

      Kira-kira gitu mas, salam kenal juga ya 🙂

  6. oh, terima kasih mas, ternyata sejarahnya emang panjang dengan versi yang berbeda.. saya kira wing chun itu asli ciptaan ip man terus terkenal gara” bruce lee hahaha

    • Lebih tepatnya Yip Man itu salah satu Sifu yang mengajarkan kung fu Wing Chun secara terbuka kepada masyarakat luas mas 🙂

      Jadi beliau salah satu Grand Master Wing Chun yang paling terkenal dalam sejarah

  7. selain video, ada ebook cersil tentang wing chun tidak mas?

  8. kungfu wing chun 2010 udah download.. keren.
    yang 1994 belum berhasil 😀

  9. mohon link prodigal son dong.. thanks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klinik Quantum Touch Indonesia

Terapi Pengobatan Alternatif Quantum Touch

Pelita Dzatiyah

IQRA, Membuka Cakrawala Membangun Peradaban

Zen Flash

The journey of a 1000 miles begins with a single step

Love Books A Lot Indonesia

Read A Lot, Share A Lot.

Iyut Syfa

Your Coffeemate

Yanuardi Syukur

Dimanapun Kamu Ditanam, Berkembanglah!

Bimosaurus

I'm My Own Enemy..

Firsty Chrysant

The Blue Chrysant Park ~ 파란 큎ëĶŽė‚° ęģĩė›

Rek ayo Rek

Evia Koos

duaBadai

The alter ego of Disgiovery.com

E.L.O.K.46

Cogito Ergo Sum

faziazen

a Journal of MomPreneur

SR For SalmanRafan

cintai takdirmu~

Rumah Mbakje

mengeja kata membaca makna

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

misbakhuddinmuhammad

Just another WordPress.com site

lijiun

Smile Always

Inilah Dunia Mita

menikmati detik demi detik hidup nie, karena terlalu indah jika hidup nie terlewatkan begitu saja

Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Sarah's World

Come, sit down here, and please enjoy my treats.

F I T T O Reflexology

100% Pijat Keluarga Sehat TERPERCAYA

Terapi Yumeiho Original Jepang

Dahsyatnya Terapi Yumeiho Untuk Mengatasi Sakit Tulang Pinggul

INSPIRASI DANU

sebuah ruang untuk saling berbagi inspirasi dan motivasi

Nataya Rizani

Memberi itu Menambah Rezeki

santipanon

Flowers are yellow, some are orange, and others are vermillion, serenepeacefulcalm

Blog Tausiyah275

Mari Berlomba-lomba Bermanfaat Bagi Orang Lain :-)

Sofistika Carevy

Another Carevy Karya

Berbagi itu Indah

Kesehatan dan pendidikan untuk kaum dhuafa dan yatim piatu

Keluarga Kecil Zawawi

Luthfi - Cindy - Aisyah

~Cruising through my Life~

journey since 1989...

hujantanpapetir

"Menulis adalah proses mengonversi perjalanan menjadi pengalaman."

Blog Prita

Campuran kenangan, buah pikir, dan hari-hari

mybeautterfly

My metamorphosis in heading back to Allah...

The hary.j.mansur Blog

My Life Documentation

Me and My Life

a dreamer, writer wanna be, and general practitioner

DUST

LEARN IN THE DESERT

Febriyan Lukito

sharing, caring and enriching life

Pray for Nasywa

Blog dukungan untuk kesembuhan Nasywa

Arip Blog

Harimau berburu, burung terbang, dan protagonis kita ini terus menggerutu

waiting room

: dari senyap ruang tunggu, tempat aku menemukan-Mu

ANOTHER DAY

THE FICTION STORY

SAVING MY MEMORIES

another home of my mind

fluoresensi

Keinginan itu pasti terwujud, entah 1 tahun, 2 tahun hingga puluhan tahun kemudian. Bersabarlah #cumanmasalahwaktu

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Majelis Ta'lim Basaudan

Tempat belajar Ilmu Agama Islam & Bahasa Arab

dewidyazhary

a silly-couple yarn

%d blogger menyukai ini: