Sedikit transkrip dari pengajian Habib Rizieq Shihab tanggal 07 April 2013

DISCLAIMER:

Tulisan berikut ini BUKAN KARANGAN SAYA melainkan SEPENUHNYA merupakan TRANSKRIP dari ceramah Habib Rizieq Shihab yang disampaikan hari Ahad jam 10 pagi sampai dzuhur di markas FPI di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Ceramah tersebut disiarkan oleh beberapa radio antara lain Radio Silaturahim 720 AM.

Saya sendiri hanya menyalin yang saya dengar ke komputer semampu saya dan mengeditnya agar lebih mudah dibaca dan dipahami, tidak saya tambahkan pemikiran atau pendapat saya. Tulisan ini juga bukan berarti saya menyetujui sepenuhnya apa yang beliau katakan dalam ceramahnya pada tanggal 07 April 2013 itu. Isi ceramah beliau kali ini mungkin akan mengejutkan dan menyinggung banyak pihak, terutama jika tidak sesuai dengan apa yang kita pahami selama ini mengenai situasi terakhir di Suriah.

Selamat membaca, semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada yang kurang berkenan.

Note: Saat ceramah, Habib Rizieq banyak menggunakan rekaman-rekaman video, baik dari Syaikh Al Buthi, Syaikh Yusuf Qaradhawi dan ulama-ulama lainnya, yang berbahasa Arab dan diterjemahkan oleh beliau.


Fatwa al Qaradhawi yang memperbolehkan membunuh orang yang mendukung pemerintah zalim, tentara, sipil dan ulama dianggap aneh oleh Habib Rizieq. Habib Rizieq mengatakan bahwa ulama harus berhati-hati bila mengeluarkan fatwa. Fatwa ulama bisa mendorong orang yang ingin membunuh bisa nekat. Fatwa itu bisa jadi motivasi utk melakukan pembunuhan. Habib Rizieq juga mengomentari orang-orang yang bilang bahwa peristiwa yang menyebabkan terbunuhnya Al Buthi dan para peserta taklim beliau sebagai peristiwa penembakan adalah sesuatu yang janggal. “Mana ada tangan putus karena peluru” kata habib “gak ada itu”. (Habib Rizieq percaya bahwa yang terjadi di masjid saat Al Buthi mengajar adalah pengeboman bukan penembakan)

Syaikh al buthi menanggapi fatwa Al Qaradhawi dengan mengatakan bahwa persoalan Suriah adalah perosalan yang sangat rumit dan kompleks karena berkenaan dengan kebebasan, kezaliman dan sebagainya hingga jangan diselesaikan secara serampangan. Beliau mengatakan bahwa belaiu ingin mengajak semua pihak berdialog. Jika pihak pemberontak dan pemerintah bisa duduk bersama akan banyak manfaatnya. Jangan ada diantara kita yang mengatakan percuma menasihati pemerintah. Kita harus memberi masukan pada pemerintah tanpa ada pertumpahan darah.

Al Buthi menjawab kritik Yusuf Qaradhawi terhadap beliau. “SAya kenal beliau” kata  sahabat, rasa saling cinta, saya yakin Yusuf Qaradhawi dan ulama lain selalu punya prinsip mengedepankan islah dan perdamaian drpd peperangan. Saya merasa heran padahal Yusuf Qaradhawi tahu betul keadaan di suriah tapi mengapa fatwa beliau justru mengedepankan tindakan kekerasan yang tidak islah? Mengapa Yusuf Qaradhawi tidak datang ke Damasukus untuk menasihati pemerintah yang zalim dengan ilmu?

Tahun 2009 Al Buthi pernah Yusuf Qaradhawi mengajak ke Damaskus bertemu Presiden Bashar Al Assad. Al Buthi berharap agaar Yusuf Qaradhawi mengeritik dan menasihati presiden Assad. Saat itu permasalahan-permasalahan di Suriah berkenaan dengan kebebasan, kezaliman, represi dan sebagainya sudah terjadi. namun saat itu Yusuf Qaradhawi malah memberikan pujian-pujian kepada Suriah, mengatakan bahwa Suriah telah membantu para pejuang Palestina, membantu rakyat Gaza dan lain sebagainya.

Dalam wawancara terakhir dengan salah satu TV, Al Buthi mengajak para pemberontak damai dengan pemerintah menyatukan kekuatan menghadapi ancaman dari luar. Dengan kekuatan itu Insya Allah Suriah akan dimenangkan Allah SWT dan masalah-masalah yang ada bisa diselesaikan. Al Buthi menasihati kedua belah pihak. Al Buthi berfatwa bahwa tentara tidak boleh membunuh rakyat dan pihak pemberontak wajib berdialog dengan pemerintah.

“Banyak orang minta saya keluar dari Suriah” kata Al Buthi “tetapi saya seperti orang tua bagi rakyat Suriah”. “Mana mungkin saya meninggalkan anak-anak saya yagn sedang kebingungan” lanjut beliau “Saya berusaha menasihati kedua belah pihak”. Al Buthi memposisikan diri beliau sebagai jembatan yang berusaha menyampaikan aspirasi kedua belah pihak. Al Buthi tidak ingin ada pertikaian antar madzhab, baik antar ahlus sunnah maupun dengan madzhab-madzhab lain di luar Ahlus Sunnah (Syiah?). Al Buthi juga mengatakan bahwa saat ini Suriah sedang dalam gelombang fitnah sehingga semua orang kebingungan harus berbuat apa dan bersikap bagaimana.


Sesudah terbunuhnya Al Buthi, Yusuf Qaradhawi mengatakan bahwa beliau tidak memfatwakan membunuh orang sipil dan ulama. Al Buthi dianggap membela dan mengajak masyarakat memenangkan pemerintah, begitu menurut media-media yang ada yang mungkin digunakan Yusuf Qaradhawi untuk mengeluarkan fatwanya. Fatwa-fatwa Yusuf Qaradhawi ditayangkan oleh TV Al Jazeera dan direlay oleh banyak media lainnya sedangkan Al Buthi hanya ditayangkan oleh TV Suriah sehingga opini masyarakat lebih banyak dipengaruhi fatwa-fatwa Qaradhawi.


Mufti Suriah : Ahmad Badruddin Ahmad Badreddin Hassoun sejak July 2005.

Beliau bercerita hubungan baik dgn Al Buthi. Mufti Suriah: “Apa ada yg lebih besar dari mati syahid? Saydina Umar Bin Khattab juga meninggal di mihrab. Engkau sedang mengajar ilmu agama di hadapan murid2mu. Al Buthi sejak muda mengedpankan cinta dan kasih sayang, memang AB beda dgn sebagian ulama. Apakah itu alasan utk membunuhnya? Saya ingin sampaikan kepada mereka yang senang dengan pembunuhan Al Buthi. Sebelum al Buthi dibunuh, mufti kota Halaf dibunuh, kini Al Buthi. Kalian boleh berdusta kepada seluruh penduduk dunia bahwa yang membunuh Al Buthi adalah pemerintah dengan berita media yg kalian punya tapi apakah kalian bisa bedusta pada Allah? Kami tahu siapa yang membunuh. Besok dan antara kau dgn aku akan berhadapan di pengadilan Allah SWT. Orang yang terbunuh ini, orang yang sellau berkampanye utk keselamatan. Kepada para pejuang beliau berkata mungkin kalian salah tapi aku mendoakan agar kalian tetap menjadi syuhada.  

Al buthi tidak pernah mengafirkan kalian sedangkan anda mengatakan kafir pada orang yang berdiri di samping pemerintah. Pendapat kalian bisa benar bisa salah. Kami ingin tegaskan bahwa kami tidak membela pemerintah/rezim, tapi kepentingan umat dan negara. Kami tidak mau negara kami dirusak oleh siapapun. Bagaimana kami tidak boleh membela negara, karena negara-negara Barat beramai-ramai ingin menghancurkan Suriah, kenapa kalian berpelukan dgn pejabat AS dan inggris. Antum memeluk mereka. Kami sudah memberi fatwa pada tentara dan pemerintah hati-hati negara luar, jangan membunuh rakyat, kami minta pemberontak juga tidak membunuh rakyat, duduk dan dialog. Posisi kami jelas, kami megnajak mereka damai dan bersatu, bukan untuk peperangan.”

Habib Rizieq juga memberi contoh tentang akhlak dan pekerti dari Ali bin Abi Thalib. Saat terjadi konflik antara Ali bin Abi Thalib melawan Muawiyah, sejumlah sahabat memilih untuk bersikap netral dan tidak berpihak pada siapapun. Mereka, seperti Ibn Abbas dan Usama bin Zaid, memilih untuk tidak membela baik Ali maupun Muawiyah. Ali tidak pernah menghujat atau mengkafirkan para sahabat yang tidak membantunya melawan Muawiyah ataupun memfatwakan bahwa mereka kafir. Bahkan terhadap Muawiyah sekalipun yang saat itu membangkang kepadanya, Ali bin Abi Thalib tidak pernah mengatakan kafir kepada beliau.

Muawiyah sendiri, saat pasukannya terdesak dan hampir dikalahkan pasukan Ali, didatangi utusan kaisar Romawi. Para utusan itu menyampaikan pesan dari kaisar mereka untuk menawarkan bantuan logistik, tentara, persenjataan atau apapun yang diminta oleh Muawiyah dalam pertempuran beliau melawan Ali. Muawiayah langsung mengusir para utusan itu dan mengatakan “Aku lebih suka mati di tangan Ali daripada bekerja sama dengan tangan-tangan kafir seperti kalian. Ketahuilah, jika aku mati dalam pertempuran ini, maka saudara-saudaraku yang saat ini berperang melawanku akan berbalik melawan kalian”.

Imam di masjid al Aqsa, seorang ulama salafi, marah betul terhadap pembunuhan Al Buthi. Tidak benar semua salafi menyalahkan Al Buthi. Allah dan rasul menjelaskan bahwa darah umat Islam haram ditumpahkan tanpa alasan yang haq dan sesuai syariah. Saya melihat sendiri fatwa Yusuf Qaradhawi tidak benar, halalkan yg haram, bertentangab dengan Al Qur’an dan sunnah. Mengapa beliau bisa mengatakan bahwa Al Buthi saudara saya tanpa belasungkawa?

Satu hal lagi yang penting adalah klarifikasi Al Buthi atas tuduhan bahwa beliau memfatwakan bahwa rakyat Suriah harus bersujud kepada Basyar Al Assad. Sebenarnya, peristiwa yang terjadi adalah saat Basyar Al Assad lewat, ada sekelompok pemuda bersujud kepadanya. Para pemuda itu dipotret dan fotonya tersebar luas disertai kata-kata bahwa Al Buthi menyuruh mereka sujud pada Basyar. Al Buthi mengatakan bahwa beliau justru mendatangi Basyar dan mengatakan bahwa sujud kepada sesama manusia itu keliru besar dan sangat besar dosanya. Sayangnya, menurut Habib Rizieq, ada ulama dari Suriah yang datang ke Bekasi dan mengatakan bahwa Al Buthi memfatwakan rakyat untuk bersujud kepada Basyar.

15 hal tentang Syaikh Al Buthi menurut Habib Rizieq Shihab:

1. Syaikh Al Buthi figur ulama sepuh 1929 hingga usia 84 tahun.

2. Syaikh Al Buthi  berakhlak santun, lembut, Syaikh Al Buthi  fatwakan pada pemerintah tdk bunuh rakyat, utk duduk dialog dgn pemerintah

3. dalam setiap kesempatan Syaikh Al Buthi selalu serukan pemerintah dan pemberontak berdialog demi rakyat

4. Syaikh Al Buthi habiskan hidup beliau untuk belajar, mengajar, mengarang kitab, dan mendamaikan umat

5. Menurut semua media, nasional dan internasional, pihak pemberontak masih bergabung oposisi yagn juga diisi orang kafir liberal, dan mendapat pasokan senjata dari AS dan NATO. Syaikh Al Buthi  mengkhawatirkan konspirasi asing di balik konflik Suriah.

6. Syaikh Al Buthi bukan satu-satunya ulama Ahlussunnah wal jamaah yg tidak bergabung dengan pemerintah, bahkan kebanyakan ulama Ahlussunnah wal jamaah di Suriah tidak mau bergabung baik dengan pemerintah maupun pemberontak dan memilih berada di tengah untuk mendamaikan ummat.

7. Syaikh Al Buthi adalah seorang ulama berilmu yang mumpuni dan berhak ijtihad. Bila benar dapat 2 pahala dan jika salah dapat 1 pahala

8. Syaikh Al Buthi punya perjanjian politik dgn dinasti Al Assad sejak zaman Hafez Al Assad (ayah dari Basyar Al Assad) dan beliau tidak berkhianat dengan janjinya.

9. hasil perjanjian politik Syaikh Al Buthi dan para ulama lainnya dengan dinasti Al Assad berhasil menghidarkan pembantaian ulama Ahlussunah dari dibantai oleh dinasti Assad

10. perjanjian itu juga membebaskan ulama Ahlussunah yang tadinya dipenjara.

11. Syaikh Al Buthi dan para ulama berhasil membuat bangsa Kurdi diberi hak hidup di Suriah. Mereka bisa bekerja, beraktifitas dan tidak diganggu. Tadinya banyak dari mereka yang dibantai. Syaikh Al Buthi sendiri keturunan Kurdi.

12. Pemerintah mengizinkan ulama-ulama Suriah yang berada di luar negeri untuk kembali ke Suriah berkat pengaruh Syaikh Al Buthi

13. Pemerintah, berkat pengaruh Syaikh Al Buthi, juga memperkenankan ulama dari luar Suriah untuk berdakwah di Suriah termasuk Yusuf Qaradhawi tahun 2009. Tadinya mereka tidak diperkenankan memasuki wilayah Suriah.

14. (afwan kelewat)

15. Syaikh Al Buthi menjawab semua kritik dan fitanh kepada beliau dengan santun dan beliau tidak merasa benar sendiri.  

Semoga bermanfaat

Iklan

Posted on April 7, 2013, in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 9 Komentar.

  1. Memang masalahnya rumit, pak. Tapi tetap rakyat yg jadi korban. Fyi, tim kemanusiaan BSMI (dokter, perawat, logistik) saat ini masih di Suriah dan bergeser keluar dari Allepo. Mereka membantu di RS Al Zarzour yg dipenuhi korban bom, termasuk anak2, dan juga melakukan pelayanan kesehatan di kawasan pengungsian. Silakan kalau mau donasi utk Suriah lewat BSMI, di rek BNI Syariah cab. Cililitan no rek 0260 260 007 atau BCA Syariah cab. Jatinegara no rek 001 0806 001 atas nama Bulan Sabit Merah Indonesia

    • Betul bu dokter, memang rakyatlah yang menjadi korban atas semua konflik dan kekerasan yang terjadi padahal mungkin sebagian besar dari mereka tidak memahami apa yang sesungguhnya terjadi. Menyedihkan 😦

      Semoga para relawan BSMI yang sedang bertugas di Suriah mendapat kesabaran, kekuatan dan perlindungan dari Allah SWT dan selamat kembali ke tanah air. Terima kasih juga info donasinya, Insya Allah jika ada rezeki ikut menyumbang

  2. Memang, orang suka seenaknya keluarkan fatwa yang tidak bertanggung jawab.
    Maka itu kita harus hati-hati menilai suatu fatwa.

  3. Obatnya umat islam di seluruh dunia harus bersatu. Maslahnya kita ini takut hanya pada sebuah negara, yang sebenarnya membuat kekacauan dunia. Dajal betul itu negara(?!)

  4. Ada sebagian pendapat intelejen, bahwa Palestina memang harus berkala diperangi. Dengan begitu akan memdapat santunan dan bantuan dari negara2 lain. Karena memang katanya di sana tak ada mata pencarian. Mulut intelejen tsb harusnya disumbat biar gak sesumbar dg propesinya yg ngawur. Apa mungkin Palestina mau diperangi terus2an, kalau harus mengorbankan tanah negerinya terus menciut dirampas sejengkal demi sejengkal,….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klinik Quantum Touch Indonesia

Terapi Pengobatan Alternatif Quantum Touch

Pelita Dzatiyah

IQRA, Membuka Cakrawala Membangun Peradaban

Zen Flash

The journey of a 1000 miles begins with a single step

Love Books A Lot Indonesia

Read A Lot, Share A Lot.

Iyut Syfa

Your Coffeemate

Yanuardi Syukur

Dimanapun Kamu Ditanam, Berkembanglah!

Bimosaurus

I'm My Own Enemy..

Firsty Chrysant

The Blue Chrysant Park ~ 파란 크리산 공원

Rek ayo Rek

Evia Koos

duaBadai

The alter ego of Disgiovery.com

E.L.O.K.46

Cogito Ergo Sum

faziazen

a Journal of MomPreneur

SR For SalmanRafan

cintai takdirmu~

Rumah Mbakje

mengeja kata membaca makna

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

misbakhuddinmuhammad

Just another WordPress.com site

lijiun

Smile Always

Inilah Dunia Mita

menikmati detik demi detik hidup nie, karena terlalu indah jika hidup nie terlewatkan begitu saja

Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Sarah's World

Come, sit down here, and please enjoy my treats.

F I T T O Reflexology

100% Pijat Keluarga Sehat TERPERCAYA

Terapi Yumeiho Original Jepang

Dahsyatnya Terapi Yumeiho Untuk Mengatasi Sakit Tulang Pinggul

INSPIRASI DANU

sebuah ruang untuk saling berbagi inspirasi dan motivasi

Nataya Rizani

Memberi itu Menambah Rezeki

santipanon

Flowers are yellow, some are orange, and others are vermillion, serenepeacefulcalm

Blog Tausiyah275

Mari Berlomba-lomba Bermanfaat Bagi Orang Lain :-)

Sofistika Carevy

Another Carevy Karya

Berbagi itu Indah

Kesehatan dan pendidikan untuk kaum dhuafa dan yatim piatu

Keluarga Kecil Zawawi

Luthfi - Cindy - Aisyah

~Cruising through my Life~

journey since 1989...

hujantanpapetir

"Menulis adalah proses mengonversi perjalanan menjadi pengalaman."

Blog Prita

Campuran kenangan, buah pikir, dan hari-hari

mybeautterfly

My metamorphosis in heading back to Allah...

The hary.j.mansur Blog

My Life Documentation

Me and My Life

a dreamer, writer wanna be, and general practitioner

DUST

LEARN IN THE DESERT

Febriyan Lukito

sharing, caring and enriching life

Pray for Nasywa

Blog dukungan untuk kesembuhan Nasywa

Arip Blog

Harimau pergi berburu, burung harus terbang, dan protagonis kita ini terus menggerutu

waiting room

: dari senyap ruang tunggu, tempat aku menemukan-Mu

ANOTHER DAY

THE FICTION STORY

SAVING MY MEMORIES

another home of my mind

fluoresensi

Keinginan itu pasti terwujud, entah 1 tahun, 2 tahun hingga puluhan tahun kemudian. Bersabarlah #cumanmasalahwaktu

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Majelis Ta'lim Basaudan

Tempat belajar Ilmu Agama Islam & Bahasa Arab

dewidyazhary

a silly-couple yarn

%d blogger menyukai ini: