Pengajian Kok Bikin Macet?

Mereka yang sering melewati daerah Pancoran, Kalibata dan sekitarnya, mungkin pernah terjebak kemacetan yang satu ini. Memang, daerah Pancoran dan sekitarnya merupakan salah satu daerah rawan macet di Jakarta. Namun, ternyata kemacetan di sana bukan hanya karena jumlah volume kendaraan yang melampaui daya tampungnya namun juga karena ada faktor sosio-kultural di daerah tersebut. Terkadang, saat diadakannya pengajian dalam rangka Maulid, Haul atau acara-acara lainnya, massa yang hadir jumlahnya luar biasa banyak. Bahkan, jalan-jalan umum sampai ada yang ditutup untuk umum. Belum lagi banyaknya anak-anak muda yang naik motor tanpa helm yang melaju dengan seenaknya tanpa memperdulikan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Akibatnya, tidak sedikit kendaraan yang terjebak kemacetan atau terhambat perjalanannya, sampai ada yang merasa kesal, marah dan ingin protes dengan fenomena tersebut. Namun tentu saja mereka tidak bisa berbuat apa-apa melainkan bersabar atas apa yang menimpa mereka tersebut.

Di luar pro dan kontra yang menyertai tradisi-tradisi seperti Maulid, Haul, Tahlil dan sebagainya, penutupan jalan dan ekses kemacetan yang ditimbulkan sungguh merupakan sebuah ironi yang menyedihkan. Kaum muslimin saat melaksanakan kegiatan mereka, terutama kegiatan keagamaan, sudah seharusnya menjaga hak-hak orang lain dan tidak menzalimi. Bagaimana jika ada orang sakit yang harus segera dibawa ke rumah sakit atau ada ibu hamil yang akan segera melahirkan? Hal-hal penting seperti itu sepertinya terlewatkan dari pikiran mereka.

Fenomena penutupan jalan seperti yang sering terjadi di daerah Pancoran dan sekitarnya dan di tempat-tempat lain juga mengindikasikan kurang terbinanya banyak anggota jamaah dari pengajian-pengajian tersebut. Mereka seringkali hanya sekedar datang ke acara-acara seperti ceramah pengajian, Maulid, Haul dan lain sebagainya namun sepertinya tidak berbekas dalam kehidupan mereka. Jika saat acara berlangsung saja banyak orang yang terzalimi, apalagi di luar acara tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Sungguh disayangkan apabila orang sudah meluangkan waktu untuk mengaji atau mengikuti acara keagamaan namun tidak ada perbaikan dalam sikap, karakter dan perilaku mereka. Terkadang, orang menganggap diri mereka sudah cukup berbuat kebaikan dalam ritual tanpa harus mengaktualisasikan nilai-nilai pendidikan dari ritual tersebut dalam kehidupan mereka sehari-hari. Ajaran Islam adalah ajaran yang seharusnya tidak hanya indah dalam bentuk ritual dan perayaan. Semua ibadah dalam Islam mengandung nilai-nilai pendidikan, bukan sekadar mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya atau sekedar menggugurkan kewajiban.

Nilai pendidikan dalam ritual ibadah itulah sebenarnya ruh tarbiyah dalam Islam agar umat pemeluknya menjadi khalifah yang berkarakter agung mewakili Rabbnya di muka bumi ini. Nilai pendidikan itulah yang menjaga jiwa kita dari segala macam kemungkaran dan kejahatan yang hawa nafsu manusia, tanpa kecuali, cenderung kepadanya. Termasuk merampas hak-hak para pengguna jalan umum yang macet akibat kegiatan keagamaan mereka (M Nahar/Wasathon.com)

Iklan

Posted on Mei 21, 2013, in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 14 Komentar.

  1. nice sharing mas.
    memang terkadang acara-acara, baik agama ataupun bukan, sering mengganggu jalan. kalau di rumah lama dulu, sering diadain acara kawinan yang mengharuskan jalanan ditutup. jadi semua harus muter (kebayang kalau sampai di jalan memutar itu juga ada acara kawinan – pernah ngalamin ini).
    Sebenarnya sih saya lebih mempertanyakan, untuk acara2 seperti itu, yang menggunakan jalan umum, apakah tidak meminta ijin kepada polisi/petinggi setempat ya? ini yang saya masih gak tahu.

  2. nah itu…sudah acaranya masuk kategori masalah, eh bikin masalah lagi dg jalanan umum…

  3. pernah ngeliat langsung…. dan emang macet 😀

  4. Prihatin dgn kasus seperti ini. Kalau merugikan pengguna jalan yg lain ya sdh pasti. Macet total, arus berlawanan maupun searah diterjang sana sini. Atau versi yg lain adalah bikin hajatan dgn menutup jalanan gang, tapi tdk memberi tanda sejak di mulut gangnya. Alhasil, setelah kendaraan berjibaku dgn bermepet-mepet, eh ternyata jalanan di depan ditutup total. Apa boleh buat, berjibaku lagi utk memutar mobil di jalanan ngepres! Kenapa gak bilang dari awal kalau di dalam ada hajatan tutyp jalan. Duuhhh…
    Versi yg lain lagi: jalan ngepres 2 mobil, berdesakan dgn motor berjibun. Trotoar tidak ada, seperti biasanya. Nah, di kondisi jalan seperti itu, bertenggerlah sebuh meja dan kursi, peminta sumbangan masjid! Membahayakan diri sendiri dan orang lain

  5. Memang memprihatinkan….
    Melarang.. Dianggap PKI.
    Ga dilarang… Bikin macet..
    Sering sekali melihat psertanya mentang2 rombongan bnyk, naik motor, uda ga pake helm, jln sperti punya sendiri, yg lainya numpang. Aduuuuu… Dpt apa slama mengaji, kok masih pd ugal2an. Dibilang oknum kok bnyk sekali.. MAU SIMPATI MALAH BIKIN BENCI. YA ALLOH..YA ALLOH….

  6. Pak yai, pak habib, pak haji,
    JNGN EGOIS..!!!! Yg lain butuh nyaman.

    Malu aku malu, pd semut merah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klinik Quantum Touch Indonesia

Terapi Pengobatan Alternatif Quantum Touch

Pelita Dzatiyah

IQRA, Membuka Cakrawala Membangun Peradaban

Zen Flash

The journey of a 1000 miles begins with a single step

Love Books A Lot Indonesia

Read A Lot, Share A Lot.

Iyut Syfa

Your Coffeemate | A Little Wanderer

Yanuardi Syukur

Dimanapun Kamu Ditanam, Berkembanglah!

Bimosaurus

I'm My Own Enemy..

Firsty Chrysant

The Blue Chrysant Park ~ 파란 크리산 공원

Rek ayo Rek

Evia Koos

duaBadai

The alter ego of Disgiovery.com

E.L.O.K.46

Cogito Ergo Sum

faziazen

a Journal of MomPreneur

SR For SalmanRafan

cintai takdirmu~

Rumah Mbakje

mengeja kata membaca makna

Fathia's little cave

I sail the world through the words.

misbakhuddinmuhammad

Just another WordPress.com site

lijiun

Smile Always

Inilah Dunia Mita

menikmati detik demi detik hidup nie, karena terlalu indah jika hidup nie terlewatkan begitu saja

Merangkai Inspirasi

Bulu pena akan membawamu terbang, dengan kata-kata yang kau tulis seperti halnya bulu menerbangkan burung menuju langit. (Leonardo Da Vinci)

Sarah's World

Come, sit down here, and please enjoy my treats.

F I T T O Reflexology

100% Pijat Keluarga Sehat TERPERCAYA

Terapi Yumeiho Original Jepang

Dahsyatnya Terapi Yumeiho Untuk Mengatasi Sakit Tulang Pinggul

INSPIRASI DANU

sebuah ruang untuk saling berbagi inspirasi dan motivasi

Nataya Rizani

Memberi itu Menambah Rezeki

santipanon

Flowers are yellow, some are orange, and others are vermillion, serenepeacefulcalm

Blog Tausiyah275

Mari Berlomba-lomba Bermanfaat Bagi Orang Lain :-)

Sofistika Carevy

Another Carevy Karya

Berbagi itu Indah

Kesehatan dan pendidikan untuk kaum dhuafa dan yatim piatu

Keluarga Kecil Zawawi

Luthfi - Cindy - Aisyah

~Cruising through my Life~

journey since 1989...

hujantanpapetir

"Menulis adalah proses mengonversi perjalanan menjadi pengalaman."

Blog Prita

Campuran kenangan, buah pikir, dan hari-hari

mybeautterfly

My metamorphosis in heading back to Allah...

The hary.j.mansur Blog

My Life Documentation

Me and My Life

a dreamer, writer wanna be, and general practitioner

DUST

LEARN IN THE DESERT

Febriyan Lukito

sharing, caring and enriching life

Pray for Nasywa

Blog dukungan untuk kesembuhan Nasywa

Arip Blog

Harimau berburu, burung terbang, dan protagonis kita ini terus menggerutu

Membaca Rindu

sebab menulis adalah kata kerja

waiting room

: dari senyap ruang tunggu, tempat aku menemukan-Mu

ANOTHER DAY

THE FICTION STORY

SAVING MY MEMORIES

another home of my mind

fluoresensi

Keinginan itu pasti terwujud, entah 1 tahun, 2 tahun hingga puluhan tahun kemudian. Bersabarlah #cumanmasalahwaktu

re-mark-a-blog

A Remarkable Blog by Justisia Nita

Majelis Ta'lim Basaudan

Tempat belajar Ilmu Agama Islam & Bahasa Arab

dewidyazhary

a silly-couple yarn

%d blogger menyukai ini: